Lompat ke konten

Astronom Amatir Dan Astronom Profesional Apa Sih Perbedaannya?

Print Friendly, PDF & Email
blank
Ilustrasi Astronom

Banyak sih sebenarnya diantara kita yang menyukai astronomi dan bercita-cita sebagai seorang astronom. Perlu di ketahui juga astronom di bagi menjadi 2 yaitu astronom amatir dan professional. Apa saja sih tugas-tugas mereka? Nah, sebelum kita lanjut, perlu diketahui juga nih apa itu astronom?

Astronom merupakan seseorang yang mencurahkan waktunya dalam kegiatan astronomi, dan memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu astronomi. Tugas astronom adalah mengolah dan menafsirkan berbagai informasi yang di bawa oleh pancaran energi dari objek-objek astronomis. Pada dasarnya sih baik astronom amatir dan profesional itu sama-sama mengamati langit. Tapi perlu di ketahui bahwa ada perbedaan di antara mereka yang cukup mencolok. Apa sajakah itu?

Astronom Amatir

blank
Galileo Galilei yang dianggap menjadi bapak astronomi modern

Astronom amatir ini yaitu sebutan untuk seorang yang di dasari dengan rasa cinta dan semangat untuk belajar terus-menerus apapun yang berkaitan dengan astronomi, baik melalui buku, video dan artikel yang terkait dengannya. Jangan remehkan arti kata Amatir dalam sebutan astronom amatir, bukan berarti mereka asal-asalan atau sejenisnya ya. Sebutan ini dikarenakan sebagai pembeda dengan kata Profesional yang merupakan sesuatu yang di jadikan pekerjaan.

Untuk menjadi seorang astronom amatir, anda tidak perlu memahami astronomi secara detail. Contoh kecilnya sih seperti memantau adanya gerhana bulan atau matahari, atau adanya penampakan planet Venus. Ini sudah cukup kok untuk menyebut anda sebagai astronom amatir.

Banyak juga forum-forum astronomi yang dapat anda gabung baik di Indonesia maupun di dunia. Salah satu contohnya adalah Astronomical Society of the Pacific yang merupakan perkumpulan astronomi umum terbesar di dunia. Forum ini terdiri dari astronom profesional dan amatir serta pendidik dari 70 negara berbeda.

Astronom amatir pun bisa membantu astronom profesional lho! Banyak sekali astronom amatir yang dapat menemukan hal baru di dalam dunia astronomi. Mulai dari penemuan asteroid, komet dan supernova, bahkan ada juga yang mampu menemukan planet.

Astronom Profesional

Berbeda dengan astronom amatir, astronom profesional yaitu seseorang yang menjadikan ini sebagai pekerjaan atau profesi utamanya. Umumnya sih jalur pendidikan para astronom profesional tersebut tidak terpaku pada perguruan tinggi saja, walaupun ini dapat membantu mereka.

Intinya mah yang membedakan mereka berdua yaitu astronom amatir itu sebagai hobi. Sedangkan astronom professional itu lebih lekat dengan studi alam semesta yang mendalam. Yaitu mereka yang mempelajari benda-benda langit, lubang hitam dan yang lainnya.

Banyak sekali hal atau profesi yang dilakukan oleh astronom profesional, yaitu :

  1. Bekerja di kantor yang di mana biasanya, astronom mengerjakan proyek penelitian bersama dengan timnya untuk lembaga antariksa tempat dia bekerja. Mereka mengolah data-data astronomi dengan menggunakan komputer canggih.
  2. Bisa pergi ke seluruh dunia dengan tujuan mengikuti konferensi pertemuan astronomi.
  3. Menjadi seorang dosen dan mengajar di perguruan tinggi atau universitas.
  4. Astronom pun menulis karya ilmiah dan hasil penelitiannya pun menjadi bahan pelajaran bagi para astronom yang lain.
  5. Mereka juga membaca banyak buku seputar astronomi atau yang mereka teliti, supaya mereka pun tetap mengikuti perkembangan dunia astronomi.

Astronomi profesional sendiri dibagi lagi menjadi dua cabang yaitu : 

  1. Astronomi observasional itu melibatkan pengumpulan data dari pengamatan atas benda-benda langit, yang setelahnya bakal di analisis menggunakan prinsip-prinsip dasar fisika.
  2. Berbeda dengan astronomi teoritis yang terpusat pada upaya pengembangan model-model komputer atau analisis. Tujuan mereka itu menjelaskan berbagai sifat benda-benda langit dan fenomena-fenomena alam lainnya.

Lalu Bagaimana Perbedaan Dengan Astronot?

Astronom dan astronot itu adalah 2 sebutan yang berbeda ya. Nah astronot atau antariksawan merupakan sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Para astronot tersebut pergi ke luar angkasa untuk menjalankan misi-misi tertentu. Di ketahui ada sekitar 38 astronot saja yang berstatus aktif di tahun 2019, berbeda dengan astronom yang memiliki banyak sekali karyawannya.

Astronot ternyata memiliki berbagai sebutan diberbagai negara, di Malaysia astronot itu disebut degan angkasawan. Sedangkan di Rusia di kenal dengan sebutan Cosmonaut atau Kosmonot. Jika di Tiongkok di sebut dengan Taikonaut. Lain lagi dengan Spationaut yang merujuk pada penjelajah antariksa asal Prancis.

Adapun peran seorang astronot yaitu :

  1. Mengatur satelit untuk kebutuhan teknologi dan komunikasi diseluruh negara di dunia.
  2. Melakukan kegiatan yang berkaitan dengan eksplorasi ruang angkasa seperti eksprorasi Bulan.
  3. Mengamati dan mendokumentasi lingkungan tempat tujuan eksplorasi di luar angkasa.
  4. Mengambil beberapa sampel atau benda penting dari tempat eksplorasi. Tujuannya untuk dibawa pulang ke bumi yang kemudian dipelajari kembali.
  5. Membuat laporan mengenai semua kejadian yang terjadi di ruang angkasa.
  6. Melakukan berbagai misi uji coba di luar angkasa. Dan masih banyak lagi peran mereka.

Penutup

Pada dasarnya sih astronom amatir itu sebutan orang yang hanya sebagai hobi saja, sedangkan astronom profesional itu yang menjadikan hal ini sebagai pekerjaan baginya. Mungkin segini saja yang dapat penulis sampaikan, mohon koreksinya ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 2

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Rachmat Arief Murditanto
Cari artikel lain: Baca artikel lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.