Bahaya Artificial Inteligence Yang Perlu Diketahui

Halo semua, semoga diberikan kesehatan selalu, aamiin. Pasti kita semua sudah mengenal apa itu Artificial Intelegence itu? Memang, semenjak beberapa […]

blank

Halo semua, semoga diberikan kesehatan selalu, aamiin. Pasti kita semua sudah mengenal apa itu Artificial Intelegence itu? Memang, semenjak beberapa tahun ini kita dapat merasakan banyak manfaat dari Artificial Intelegence ini mulai dari kesehatan, pendidikan, transportasi dan lain sebagainya. Meskipun memiliki segudang manfaat, Artificial Intelegence juga memiliki kekurangan dan dampak buruk. Apa sajakah itu?

Mengenal Artificial Intelegence

Sebelum kita melanjutkan, alangkah baiknya kita harus tahu dulu nih apa itu Artificial Intelegence? Artificial Intelegence atau kecerdasan buatan merupakan suatu bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia. Contohnya seperti pembelajaran, penciptaan, dan pengenalan gambar dengan tujuan untuk menciptakan sistem belajar mandiri yang memperoleh makna dari data.

Menurut Rich dan Knight, 1991:3, Kecerdasan buatan merupakan studi tentang bagaimana membuat komputer dapat melakukan hal yang pada saat itu lebih baik dilakukan oleh manusia. Pada Artificial Intelligence, komputer dirancang untuk menjadi pintar dan cerdas sehinggga dapat melakukan berbagai pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia dengan menirukan beberapa fungsi otak manusia, seperti pengertian bahasa, pengetahuan, pemikiran, penalaran, pemecahan masalah, bahkan bisa melakukan pengambilan keputusan.

blank
Aws.amazon.com

Secara umum, definisi tentang kecerdasan buatan dapat dikelompokkan menjadi 4 kategori utama, yaitu:

  1. Sistem yang dapat berpikir seperti manusia (Thinking Humanly).
  2. Sistem yang dapat bertingkah laku seperti manusia (Acting Humanly).
  3. Sistem yang dapat berpikir secara rasional (Thinking Rationally).
  4. Sistem yang dapat bertingkah laku secara rasional (Acting Rationally)

Kecerdasan Buatan memungkinkan komputer bisa menerima berbagai pengetahuan melalui input manusia dan dapat menggunakan pengetahuannya melalui simulasi proses penalaran dan berpikir manusia untuk memecahkan berbagai masalah. Meskipun ini sangat tidak mungkin mendapatkan pengetahuan, pengalaman dan meneliti seperti layaknya manusia. Namun komputer bisa saja memperoleh pengetahuan yang dibutuhkannya melalui upaya yang di berikan oleh seorang pakar manusia.

Dampak Buruk Artificial Intelegence

Setelah mengetahui apa itu Artificial Intelegence, kita akan membahas tentang dampak buruk atau bahayanya. Nah, berikut ini merupakan beberapa bahaya Artificial Intelegence yang perlu kita ketahui:

  • Membuat Pengguna Ketergantungan Dan Malas

Dibalik kemajuan teknologi AI, ternyata dapat menimbulkan ketergantungan pada penggunanya. Salah satu contohnya adalah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau dosen dengan AI. Hal itu dapat membuat kita menjadi malas untuk mengerjakannya sendiri. 

  • Kehilangan Pekerjaan

AI bisa menggantikan posisi pekerjaan manusia dalam berbagai sektor. Contohnya seperti sektor Administratif, Keuangan, Layanan Pelanggan, dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuat banyak manusia menjadi pengangguran karena tergantikan oleh Artificial Intelegence

  • Pencurian Identitas

Bahaya yang perlu dihindari berikutnya adalah pencurian identitas kita. Adapun yang paling sering adalah menirukan wajah kita, lebih parahnya suara kita juga bisa ditiru. Ini bisa berakibat buruk bagi kita, karena dengan suara saja bisa mengetahui informasi pribadi kita yang bisa saja di gunakan pelaku melancarkan aksinya yang mengatas namakan kita.

  • Membuat Konten Bohong

Bebasnya penggunaan AI ini dapat digunakan untuk membuat konten palsu yang di buat seolah itu benar. Bisa juga memproduksi lebih banyak konten palsu, atau bahkan mengubahnya menjadi konten “klasifikasi” yang tidak dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

  • Tidak Bisa Meniru Manusia Sepenuhnya

Walaupun Artificial Inteligence bisa memproses data dalam jumlah yang besar dan melakukan perhitungan yang terbilang rumit, AI tidak memiliki kemampuan penilaian, intuisi, dan kreativitas sebagaimana yang ada pada manusia. Proses pengambilan keputusan tertentu dapat membutuhkan pemahaman kontekstual, kecerdasan emosional, dan pertimbangan etika yang sulit di tiru oleh AI. 

Dalam hal ini, sentuhan manusia begitu penting dalam berbagai bidang seperti seni, inovasi, dan pengasuhan. Dalam konteks ini empati dan penilaian subjektif memainkan peran yang sangat penting di berbagai sektor.

Penutup

Dampak atau Bahaya Artificial Intelegence memang tidak main-main apabila tidak digunakan dengan baik. Untuk itu kita harus bisa menggunakannya dengan bijak agar bisa bermanfaat bagi kita sebagai penggunanya. Mungkin segitu saja yang dapat disampaikan. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan penulisan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber:

Jurnal:

Ririen Kusumawati, “KECERDASAN BUATAN MANUSIA (ARTIFICIAL INTELLIGENCE): TEKNOLOGI IMPIAN MASA DEPAN”, Ulul Albab, Vol. 9 No. 2, 2008, hal. 265-266

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *