Benarkah Makanan Pedas Membuat Kita Ketagihan Makan Lagi?

Print Friendly, PDF & Email

blank

https://hellosehat.com

Hallo Sahabat Warstek, Kalian suka makan pedes ? atau ada yang mau mulai mencoba makan pedes eits. Sebelum mencoba pedes yuk baca dulu artikel ini.

Kalau kita liat orang yang suka makan pedes justru dia kepengen lagi dan lagi, atau ada yang mungkin sesekali minum, tapi tau gak nih Sahabat Warstek kalau makanan pedes yang kita makan justru malah membuat kita ketagihan, kok bisa yah ?

Kenapa ada anggapan makan pedas bikin kita makan lebih banyak?

Tampaknya, belum ada penelitian yang telah membuktikan hal ini. Bagi Anda yang suka makan pedas, Anda mungkin selalu ingin memakannya lagi dan lagi, sehingga Anda akan makan lebih banyak. Hal ini mungkin terjadi karena makanan pedas tersebut membuat selera makan Anda meningkat.

Memang kalau itu adalah makanan yang Anda sukai, ini normal terjadi. Nafsu makan Anda akan meningkat jika Anda dihadapkan dengan makanan yang Anda sukai. Sama halnya dengan orang yang makanan kesukaannya adalah daging, ia akan makan lebih banyak jika makan dengan lauk daging.

Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat Anda merasa puas setelah makan. Hal ini membuat Anda senang saat makan makanan pedas dan menjadi ingin selalu makan makanan pedas.

Makanan pedas justru dapat menekan nafsu makanan anda

Penelitian justru membuktikan bahwa makanan pedas dapat menurunkan nafsu makan Anda. Tak heran, jika ada teori yang mengatakan bahwa makanan pedas dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Chemical Senses tahun 2012, cabai merah dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan makanan yang berlemak, manis, dan makanan asin.

Makanan pedas juga dapat membantu Anda merasa kenyang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite tahun 2014 menunjukkan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga kemungkinan Anda untuk makan berlebih menjadi berkurang.

Makanan pedas membakar lebih banyak kalori

Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses pada tahun 2012 menunjukkan bahwa makanan pedas yang kaya akan bumbu rempah-rempah dapat meningkatkan suhu tubuh Anda. Hal ini kemudian dapat meningkatkan jumlah energi yang Anda pakai. Namun, tampaknya peningkatan pembakaran kalori ini tidak bekerja pada semua orang dan mungkin tidak berlangsung lama karena tubuh dapat menoleransi panas.

Kandungan capsaicin dalam cabai dan lada mungkin bertanggung jawab pada semua hal ini. Capsaicin dalam cabai dan lada dapat meningkatkan metabolisme [2] dan dapat menghasilkan panas dalam tubuh setelah Anda makan makanan ini. Sehingga, kalori dan juga lemak yang dibakar saat tubuh mencerna makanan pedas dapat lebih banyak dibandingkan saat Anda makan makanan yang tidak pedas.

blank

Struktur Capsaicin. Sumber : www.cayennediane.com

Peningkatan metabolisme saat Anda makan makanan pedas juga dapat menekan keinginan Anda untuk makan. Hal ini membuat makanan pedas dapat membantu Anda dalam menurunkan makanan anda [3]. Semakin banyak kandungan capsaicin dalam cabai, maka rasanya akan semakin pedas. Bagian cabai yang mengandung senyawa capsaicin paling banyak adalah pada biji dan tulangnya.

Bagaimana penjelasan tentang ketagihan pedas? Dilansir dari Helix, otak kita secara otomatis memberikan reaksi dalam bentuk neurotransmitter tergantung sinyal yang diberikan. Dalam konteks rasa pedas ini, zat capsaicinoid akan menyampaikan sinyal rasa sakit ke otak. Sebagai reaksinya, otak akan mengeluarkan neurotransmitter berupa endorphin. Endorphin yang nantinya akan berfungsi meredakan rasa sakit dengan menutup reseptor terhadap rasa sakit yang berada di saraf.

Jadi kesimpulannya, Benarkah Makanan Pedas Membuat Kita Ketagihan Makan Lagi? Jawaban untuk pertanyaan tersebut dapat ditemukan dengan cara bagaimana otak memberikan feedback.

Penjelasan secara sains tersebut cukup masuk akal karena dari berbagai pengalaman, Anda yang hobi makan pedas justru tertantang untuk segera menghabiskan makanan dan tidak pernah kapok untuk mencoba lagi di lain waktu. Jadi, tidak mengherankan jika mengonsumsi makanan pedas membuat kecanduan.

Referensi:

[1] Penjelasan kalori juga terbakar https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/18/191900020/kalori-juga-terbakar-saat-tidur-percaya diakses pada 4 Februari 2019
[2] Fakto-faktor metabolisme https://dosenbiologi.com/manusia/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-metabolisme-tubuh diakses pada 5 Februari 2019
[3] Perbedaan olahraga dengan diet https://hellosehat.com/olahraga-vs-diet-mana-yang-lebih-efektif-untuk-menurunkan-berat-badan/ diakses pada 5 Februari 2019

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Yoga Pratama Hidayat
Cari artikel lain: Baca artikel lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.