Frustasi dengan Lag saat Main Game di Laptop? Coba 5 Tips Ini!

Lag adalah keadaan di mana program atau aplikasi, seperti game, berjalan dengan lambat. Jika masalah lag tidak diatasi, maka game […]

Ilustrasi Bermain Game di Laptop.

Lag adalah keadaan di mana program atau aplikasi, seperti game, berjalan dengan lambat. Jika masalah lag tidak diatasi, maka game yang sedang dimainkan dapat berakhir dengan kekalahan.

Berikut adalah panduan untuk mengatasi masalah lag pada game di laptop, yang dapat membantu kamu mengatasi masalah nge-lag, patah-patah, atau lemot saat bermain game.

.

1.Pilih pengaturan high peformance

Mengatur laptop agar berperforma tinggi bertujuan untuk meningkatkan kecepatan perangkat saat digunakan untuk bermain game.

Untuk melakukannya, kamu bisa menekan tombol Windows dan R secara bersamaan, lalu mengetik “Control Panel” dan menekan tombol OK. Selanjutnya, pilih “Hardware and Sound” > “Power Options” > klik “High Performance” > pilih “Change Plan Setting”.

Selanjutnya, klik opsi Change Advanced Power Settings dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi Processor Power Management. Klik opsi tersebut dan ubah nilai dari beberapa pengaturan seperti berikut:

 Maximum processor frequency: On Battery 100 MHz dan Plugged in 100 MHz.
 Minimum processor state: On Battery 100 persen dan Plugged in 100 persen.
 System cooling policy: On Battery Active dan Plugged in Active.
 Maximum processor state: On Battery 100 persen dan Plugged in 100 persen.
 Terakhir klik OK dan performa laptop Kamu sudah diperbarui agar kinerjanya semakin maksimal.

.

2.Melakukan update Windows laptop

Salah satu cara untuk mengatasi lag pada game di laptop adalah dengan melakukan update software. Terkadang masalah lag pada game bisa disebabkan oleh perangkat lunak Windows yang sudah kadaluarsa atau belum diperbarui.

Software Windows yang belum diperbarui tidak hanya mempengaruhi kinerja game, tetapi juga dapat mengurangi fungsionalitas fitur lain di laptop.

Cara untuk melakukan update software yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Pertama, klik menu Start pada laptop. Kedua, pilih Control Panel dan klik pada Security and System. Ketiga, temukan dan klik Windows Update di Pusat Keamanan Windows. Kemudian, sistem akan melakukan pembaruan secara otomatis.

.

.

3.Atur Booting Windows

Mengatur booting pada Windows adalah cara yang mudah untuk memaksimalkan kinerja perangkat lunak dan perangkat keras di laptop.

Untuk melakukan booting Windows, kamu dapat melakukan beberapa langkah seperti membantu software dan hardware pada laptop bekerja secara optimal. Salah satu caranya adalah dengan membuka Start Windows dan mengetik kode “msconfig” pada kolom Run, lalu klik “Service” pada menu System Configuration dan hilangkan tanda centang di opsi “Windows Event Log”, terakhir klik “Apply” dan “OK”.

Setelah melakukan pengaturan pada booting Windows, Kamu dapat memilih antara opsi Restart untuk merefresh sistem laptop atau Exit without Restart. Selanjutnya, Kamu dapat mengecek performa laptop dengan mencoba memainkan game dan mengevaluasi apakah performa laptop telah meningkat atau tidak.

Jika game di laptop masih mengalami lag, itu berarti RAM laptop kamu perlu di-upgrade supaya kapasitasnya bertambah.

.

4.Mengaktifkan mode game di Windows

Windows 10 menyediakan fitur mode game yang dapat diaktifkan oleh pengguna. Mode ini berguna untuk mengurangi kualitas game agar sesuai dengan kemampuan laptop.

Untuk meningkatkan pengalaman bermain game di Windows 10, terdapat fitur mode game yang dapat diaktifkan. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi kualitas grafik pada game berat agar dapat berjalan dengan lebih lancar. Untuk mengaktifkan fitur mode game, pengguna dapat mengetikkan kata kunci ‘game’ di kolom pencarian Windows dan memilih opsi “Game Mode Settings”.

Sebelum menggunakan mode game tersebut untuk bermain game, disarankan untuk melakukan Restart pada laptop terlebih dahulu. Parafrasekan: “Sebaiknya Restart laptop sebelum menggunakan mode game untuk bermain game.”

.

5.Pilih game sesuai kemampuan laptop kamu

Untuk menghindari kendala game lag, penting untuk memilih game yang sesuai dengan spesifikasi RAM pada laptop. Game lama dapat dimainkan pada laptop dengan RAM 2-4 GB, sementara game tingkat menengah dapat dimainkan pada laptop dengan RAM 8 GB.

Jika ingin memainkan game sambil menjalankan aplikasi lain, laptop dengan RAM 16 GB dapat menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk multifungsi seperti main game, streaming, dan rendering, laptop dengan RAM 32 GB akan lebih ideal.

.

Referensi

Nvidia, https://www.nvidia.com/en-us/geforce/news/how-to-get-rid-of-lag-guide/#1 Diakses pada 21 Maret, 2023.

Kaspersky, https://www.kaspersky.com/blog/windows-10-gaming-tips/34136/ Diakses pada 21 Maret, 2023.

Teknoreview, https://www.teknoreview.net/2020/04/7-tips-atasi-lag-saat-bermain-game-di.html Diakses pada 21 Maret, 2023.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *