Menuju Layar Elektronik Lebih Terang dan Hemat Energi: Penelitian Terbaru dari Universitas St Andrews

Sebuah penelitian baru dari University of St Andrews mengungkap potensi untuk meningkatkan efisiensi perangkat-perangkat elektronik seperti televisi, layar komputer, dan pencahayaan.

blank

Sebuah penelitian baru dari University of St Andrews mengungkap potensi untuk meningkatkan efisiensi perangkat-perangkat elektronik seperti televisi, layar komputer, dan pencahayaan.

Para peneliti di University of St Andrews telah menemukan pendekatan baru dalam merancang bahan-bahan yang mampu menghasilkan cahaya dengan lebih efisien. Bahan-bahan ini penting karena digunakan dalam teknologi seperti layar ponsel dan televisi yang kita gunakan setiap hari.

Kita sering melihat layar ponsel atau televisi yang terang dan berwarna-warni. Cahaya ini dihasilkan oleh bahan-bahan yang disebut dioda pencahayaan organik, organic light-emitting diodes (OLED). Namun, para peneliti menemukan bahwa ketika kecerahan layar ditingkatkan, efisiensi cahaya yang dihasilkan oleh bahan-bahan ini menjadi berkurang. Ini merupakan tantangan utama yang dikenal sebagai ‘penurunan efisiensi’.

blank
Contoh-contoh dari penurunan efisiensi

Namun, berkat penelitian mereka, para ilmuwan telah mengidentifikasi kombinasi fitur khusus dari bahan-bahan ini yang dapat mengatasi masalah tersebut. Hal ini membantu pengembangan teknologi layar yang lebih cerah dan hemat energi untuk digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari layar hingga pencahayaan ruangan dan bahkan dalam bidang kedokteran.

Para peneliti berharap bahwa penemuan mereka akan membawa kita ke arah perangkat-perangkat elektronik yang lebih efisien dan berwarna-warni, tanpa mengorbankan daya.

Referensi:

[1] https://news.st-andrews.ac.uk/archive/lighting-up-the-future-2/ diakses pada 30 Maret 2024

[2] S. Diesing, L. Zhang, E. Zysman-Colman, I. D. W. Samuel. A figure of merit for efficiency roll-off in TADF-based organic LEDsNature, 2024; 627 (8005): 747 DOI: 10.1038/s41586-024-07149-x

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *