Pucuk Merah, Tanaman Hias Segudang Manfaat

Siapa sih yang masih asing dengan tanaman yang satu ini. Yap, pucuk merah. Tanaman ini memang sering sekali muncul di setiap sudut perumahan, pinggiran jalan, taman-taman kota dan di beberapa daerah lain. Pucuk merah adalah spesies tumbuhan yang dikenal sebagai tanaman hias yang berasal dari genus Syzygium. Pucuk merah sendiri memiliki nama latin Syzygium Myrtifolium. Apa manfaat dari pucuk merah?

blank
Tanaman Pucuk Merah, salah satu tumbuhan penangkal radikal bebas.

Tumbuhan ini merupakan tanaman asli dari Bangladesh, Borneo, Jawa, semenanjung Myanmar dan diberbagai wilayah lainnya.

Pucuk merah merupakan suatu tanaman perdu yang berdaun selalu hijau. Tanaman ini memiliki beberapa nama lokal yaitu Pokok Kelat Paya (Malaysia), Ubah Laut (Malaysia Timur), Chinese Red-Wood (Chinese), Wild Cinnamon, Red-lip, Australian Brush Cherry dan Kelat Oil. Pucuk merah saat ini tengah popular di Indonesia.

Mengapa Tanaman ini sangat disukai?

Pucuk Merah memang sangat digemari masyarakat karena memiliki warna yang unik, kenapa? Karena kalau masih muda, daunnya akan berwarna merah, semakin lama akan berubah menjadi hijau. Perbedaan warna daun itu karena adanya perbedaan kandungan pigmen pada daun, termasuk pigmen klorofil dan antosianin. Kombinasi 2 warna ini menjadikan tanaman ini terlihat indah jika dipandang. Bunga dari tanaman pucuk merah ini merupakan bunga yang majemuk dengan tersusun dalam malai berkarang terbatas.

Ketika bunga mulai mekar, bunga dari pucuk merah akan tampak kepala putik berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek jika dibanding benang sari dari bunganya. Letak putik tepat ditengah sedangkan tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya dan memiliki jumlah yang banyak.

Pucuk merah memiliki buah yang berbentuk bulat agak pipih. Dibagian tengah dari permukaan atas buah terdapat cekungan. Ukuran dari buah pucuk merah berdiameter kira-kira 0,7 cm. Untuk warna dari buah ini berwarna hitam mengkilat ketika sudah masak.

Apa Saja Sih Manfaat Pucuk Merah Itu?

blank
Tanaman Hias Pucuk Merah

Berdasarkan penelitian Haryati tahun 2015, bahwa adanya senyawa metabolit sekunder pada beberapa bagian tanaman pucuk merah. Tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai antioksidan, pewarna alami, antitumor, antiangeodenesis, dan sitotoksik. Selain itu, ternyata pucuk merah banyak manfaat lain juga lho. Apa sajakah itu?

1. Menjadi Pewarna Alami

Nah, Buah pada tanaman pucuk merah ternyata mengandung senyawa Antosianin. Senyawa itu banyak digunakan sebagai pewarna alami pada berbagai produk makanan dan minuman sehingga dapat menggantikan penggunaan pewarna sintetis pada produk pangan.

2. Sebagai Pengharum Ruangan

Ternyata Pucuk Merah bisa dijadikan pengharum ruangan lho. Kok bisa sih ? Hal ini disebabkan karena pucuk merah mengandung minyak Astiri. Ekstrak dari daunnya pun memiliki aroma yang khas sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Lalu bagaimana caranya? Yaitu dengan cara ditumbuk hingga halus maupun dijadikan minyak esensial.

3. Dapat Membersihkan Udara

Kok bisa jadi pembersih udara? Karena kemampuannya menyerap karbon dioksida (CO2) lebih besar dibandingkan jenis tumbuhan yang lain. Hal ini dilihat dari laju fotosintesis dan kandungan timbal (PB) daun pucuk merah. Dan daun pada pohon pucuk merah itu berfungsi sebagai organ utama fotosintesis pada tumbuhan tingkat tinggi. Dengan demikian, jika kita menanam pucuk merah dirumah maka akan menjadi air purifier alami yang sangat hemat biaya. Dan tumbuhan ini banyak juga loh ditanam dipinggir jalan untuk mengurangi polusi udara.

4. Sebagai Pagar Tanaman Hidup

Tanaman Pucuk merah juga bisa loh dijadikan pagar tanaman hidup. Jika dirawat dengan tepat, Pucuk Merah dapat tumbuh hingga tujuh meter dengan diameter 30 cm. Dengan ini, tanaman tersebut sangat cocok dijadikan pagar tanaman hidup. Tanamlah dengan berdekatan antara satu pohon dengan yang lainnya agar pagar tumbuh rapat dan memberi privasi. Namun, hal ini tetap beri jarak dengan mempertimbangkan aspek pertumbuhannya.

Ternyata Pucuk Merah Bermanfaat Loh Ditanam Diperbukitan. Kenapa?

5. Dapat Menangkal Longsor

Didaerah perbukitan ternyata cukup banyak loh tanaman pucuk merahnya. Ternyata ada manfaatnya lho, salah satunya karena tanaman ini dapat mencegah longsor akibat struktur akar tunggang yang kokoh. Sehingga sangat disarankan untuk menanam pohon pucuk merah secara masif khususnya jika berdomisili diperbukitan.

6. Juga Dapat Menyerap Air

Ternyata pucuk merah tidak hanya mampu mencegah longsor saat musim hujan. Pucuk Merah juga mampu menyerap air hujan dan menjadikannya cadangan air untuk musim kemarau lho. Hal ini disebabkan karena struktur akar tunggangnya yang besar. Akar tersebut mampu menyerap dan menyimpan air dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga tidak perlu khawatir longsor.

Tak Hanya Itu, Ada Juga Manfaat Untuk Kesehatan Lho, Apa Sajakah Itu ?

7. Dibuat Teh Herbal

Teh herbal juga bisa memakai pucuk merah loh, kok bisa? Tentunya bisa dong, bagaimana caranya? Nah Untuk mengolahnya, pilihlah daun berwarna merah dan jemur hingga kering. Kemudian rebus daun yang sudah mengering, atau bisa juga diseduh dengan air panas.

Teh dari tanaman pucuk merah ini mengandung flavonoid yang bertindak sebagai pewarna alami maupun zat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

8. Dapat Mengobati Kanker

Senyawa Antosianin pada daun Pucuk Merah ternyata berperan penting loh sebagai penangkal radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh. Ketika radikal bebas dari luar masuk ke dalam tubuh, sel dalam tubuh akan terganggu sehingga terjadi mutasi sel yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Untuk mencegah hal itu, anda bisa mengonsumsi teh pucuk merah secara rutin.

9. Diare dan Kram Perut Dapat Diobati Dengan Pucuk Merah

Asam betulinat pada ekstrak pucuk merah juga diketahui memiliki aktivitas antidiare dan antispasmodik yang baik dengan membantu merelaksasikan otot di dinding usus. Ini sangat berguna untuk meredakan keluhan kram perut dan diare.

10. Sebagai Obat Diabetes

Nah, penderita diabetes juga bisa menikmati teh pucuk merah sebagai alternatif pengontrol dan penurun kadar gula darah. Hal ini dikarenakan pucuk merah memiliki senyawa aktif steroid dan terpenoid.

blank
Tanaman Pucuk Merah

Analisis Lingkungan Daun Pucuk Merah

Perlu diketahui bahwa daun pada pohon pucuk merah tersebut berfungsi sebagai organ utama fotosintesis pada tumbuhan tingkat tinggi. Fotosintesis melibatkan konversi energi cahaya, karbondioksida dan air menjadi mekanisme yang paling penting untuk menghasilkan oksigen. Oksigen tersebut dibutuhkan untuk tahap akhir respirasi seluler. Respirasi seluler melibatkan konversi glukosa dan gula lain menjadi senyawa fosfat berenergi tinggi, karbondioksida dan air. Dengan Fotosintesis, hal ini dapat mencegah okumulasi karbondioksida mencapai toksinya di atmosfer.

Fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari. Fotosintesis yaitu proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya.

Daun merupakan tempat utama berlangsungnya fotosintesis pada sebagian besar tumbuhan. Bagian yang berwarna hijau dan buah yang belum matang memiliki kloroplas. Kloroplas itu apa sih ? Kloroplas merupakan tempat fotosintesis pada tumbuhan. Warna daun yang selama ini dilihat berasal dari klorofil, pigmen warna hijau yang terdapat dalam kloroplas.

Energi cahaya yang diserap klorofil inilah yang menggerakan sintesis molekul makanan dalam kloroplas. Ini biasa ditemukan terutama dalam sel mesofil. Hal ini merupakan jaringan yang terdapat dibagian dalam daun. Karbon dioksida masuk kedalam daun dan oksigen keluar melalui pori mikroskopik yang disebut stomata. Air yang diserap oleh akar dialirkan ke daun melalui berkas pembuluh. Daun menggunakan berkar pembuluh untuk mengirimkan gula ke akar dan bagian-bagian dari tumbuhan yang tidak berfotosintesis.

Akhir Kata

Mungkin segitu saja yang bisa kami berikan. Banyak juga ya manfaat dari tanaman daun pucuk merah, jadi tidak salah kok bila kita menanam tanaman pucuk merah disekitar rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Sumber Website :

Sumber Jurnal :

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *