Asal-usul Bunga Tulip, Benarkah dari Belanda?

blank
Print Friendly, PDF & Email

Selama ini, orang menganggap bunga tulip berasal dari Negeri Oranye. Belanda. Namun ternyata, bunga tulip pertama kali ditanam di tanah Turki, pada awalnya bunga tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat. Karena terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga tulip Dinasti Ottoman Turki mulai membudidayakan bunga tulip. Baru kemudian di abad 16 M, Belanda mengenal tulip setelah salah seorang perwakilan Turki membawa bibit bunga indah ini ke sana.

Kata “tulip” berasal dari Bahasa Turki yang artinya “serban”, semacam kain yang dililit untuk menutupi kepala. Sedangkan orang Eropa menyebut Tulip sebagai dulband bahasa Persia untuk serban. Tidak diketahui kapan persisnya negara Kincir Agin itu mulai membudidayakan bunga tulip, tapi disebut-sebut bunga tulip mulai dibawa ke Belanda pada sekitar tahun 1550-an oleh kapal-kapal dari Istanbul.

Dokumentasi pertama tentang penamaan bunga tulip terdapat di Kebun Raya  Universitas Leiden pada tahun 1954. Menurut dokumentasi tersebut, bunga tulip yang ditanam di Kebun Raya Universitas Leiden ini, dibawa Carolus Clusius, penanggung jawab taman istana di Austria, dari Wina.

Ketika itu, pengaruh budaya Turki sangat kuat di Austria terutama pada gaya berpakaian oriental dan tradisi minum kopi.

Bunga tulip berjaya pada masa kekuasaan Sultan Ahmed III (1703-1730). Saat itu tanaman tersebut berperan penting, sehingga masa itu kerap disebut sebagai “Era Bunga Tulip”. Kala itu, istana Sultan bahkan dilaporkan memiliki sebuah dewan khusus untuk membudidayakan bunga-bunga tulip.

Riwayat dan Jejak Tulip dari Kesultanan Utsmaniyah
Sumber : https://s.republika.co.id/uploads/images/headline_slide/ilustrasi-bunga-tulip-di-era-kesultanan_200503105235-142.jpg

Bunga tulip lebih terkenal di Belanda karena orang-orang di Negeri Kincir Angin itu mengkomersialkannya. Tak demikian dengan Turki. Orang-orang Belanda mendapatkan banyak pendapatan dari bunga tulip.

Sekitar 400 tahun lalu, Turki merayakan festival tulip. Bunga-bunga itu secara natural tumbuh di dekat pegunungan. Beberapa tahun setelahnya, ada orang-orang Belanda yang mendapatkan tulip dan jatuh cinta dengan tanaman tersebut.

Referensi :

  1. Muhammad Khalil. 2018. Wonderful Islam, Penemuan dan Fakta-fakta Mengagumkan Tentang Dunia Islam. QultumMedia
  2. Wikipedia Bahasa Indonesia. Tulip. (https://id.wikipedia.org/wiki/Tulip). Diakses 03 Mei 2020.
  3. Liputan6.com. Ternyata Tulip Bukan dari Belanda, tapi…(https://www.liputan6.com/global/read/2616108/ternyata-tulip-bukan-dari-belanda-tapi). Diakses 03 Mei 2020.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Era Jumiati M. Saleh
Follow me
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *