Upaya Warstek.com Dalam Mengungkap Sumber Post @unexplnd yang Berujung Dihapus 2x

blank

Pada 10 Mei 2021, akun instagram @unexplnd memposting mengenai virus SARS-CoV-2 yang merupakan senjata biologis buatan China dan dikembangkan sejak tahun 2015. Berikut adalah post lengkapnya.

blank
Post @unexplnd pada 10 Mei 2021

Warstek.com berupaya melakukan penelusuran sumber yang digunakan oleh post tersebut, dan dipostinglah informasi-informasi berikut pada tanggal yang sama yakni 10 Mei 2021, namun di malam harinya.

blank
Slide 1
blank
Slide 2
blank
Slide 3
blank
Slide 4
blank
Slide 5

Demikian 5 slide yang dipost Warstek dalam 1 postingan. Jika dibaca dengan saksama, apakah isinya mengandung konten sadis, bullying, atau aktivitas seksual? Tentu saja tidak kan?

Post tersebut nyatanya dihapus oleh Instagram pada tanggal 11 Mei 2021 (1 hari setelah dipost). Warstek tidak mencurigai hal tersebut karena bisa jadi Instagram telah menganggap post tersebut informasi palsu (karena menampilkan post asli dari akun @unexplnd), alhasil detail-detail penghapusannya tidak begitu Warstek perhatikan. Warstek berharap post di @unexplnd juga dihapus, karena jika post yang mencantumkan informasi palsu saja dihapus apalagi post asli yang mengandung informasi palsu tersebut. Namun apa yang terjadi? Post dari @unexplnd masih aman-aman saja dan tidak dihapus oleh Instagram.

blank
Post tentang senjata biologis China di akun @unexplnd

Dari sini terungkaplah bahwa post Warstek dihapus disebabkan oleh banyaknya akun yang mereport post Warstek tersebut. Pada 11 Mei 2021, kembali dilakukan repost konten yang sama persis.

Ternyata pada 12 Mei 2021, post Warstek tersebut kembali dihapus. Dengan pemberitahuan penghapusan sebagai berikut:

blank
Pemeritahuan bahwa post dihapus
blank
Alasan post dihapus
blank
Dua kali post Warstek yang sama dihapus

Keterangan penghapusannya adalah karena postingan mengandung konten sadis, bullying, dan aktivitas seksual. Coba diperhatikan 5 slide yang Warstek unggah, adakah yang mengandung konten sadis, bullying, dan aktivitas seksual?

Hal ini juga merupakan suatu kekurangan dari Instagram, dimana pihak Instagram tidak memeriksa terlebih dahulu konten yang direport dan langsung menghapusnya berdasarkan banyaknya jumlah report.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 4 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Warung Sains Teknologi
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *