5 Alasan Kenapa Kekuatan Koneksi WiFi Menurun

Print Friendly, PDF & Email

Di era serba digital ini keberadaan sinyal sangatlah penting bagi sebagian masarakat. Bagaimana tidak, banyak aktivitas yang mengharuskan kita menggunakan internet. Mau tidak mau, banyak aktivitas yang beralih ke teknologi dan lebih memanfaatkan internet. Hal ini sudah terjadi di berbagai aspek aktivitas, seperti pekerjaan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Namun dalam penggunaannya, sering terjadi penurunan koneksi internet. Sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan apa penyebab WiFi bisa menjadi sangat lemot dan menurun. Walaupun begitu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa penyebabnya sampai saat ini. Karena memang ada banyak penyebab yang mungkin terjadi hingga WiFi lemot.

WiFi lemot sendiri sebenarnya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan akan sangat menjengkelkan jika tiba tiba menurun di saat yang penting. Untuk itu, anda harus tahu alasan koneksi menurun. Dan juga bagaimana solusinya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pada dasarnya, anda bisa mengecek penyebab WiFi lemot sendiri. Namun tidak ada salahnya jika anda meminta bantuan kepada yang lebih ahli agar bisa diberikan solusi juga. Karena penyebab dengan solusi WiFi lemot bisa diatasi jika permasalahan dan solusi sinkron. Namun anda juga bisa menyelesaikannya sendiri, inilah penyebab kenapa kekuatan koneksi WiFi menurun.

  1. Area Tidak Mendukung

Area yang tidak mendukung juga bisa menjadi alasan kenapa koneksi WiFi anda buruk. Misalnya anda berada di daerah yang dikelilingi oleh bangunan tinggi, maka koneksi tentu akan terhalang. Adapun jika anda berada di daerah yang pedesaan, yang notabene masih kurangnya akses serta koneksi internet. Atau jika anda berada di daerah yang masih terpencil sekalipun.

Sebagai solusinya, anda bisa memindahkan atau memposisikan WiFi anda ke tempat yang lebih tinggi. Atau anda juga bisa menambahkan kapasitas dan kemampuan WiFi anda. Namun jika anda berada di daerah yang terpencil, maka masih sulit untuk menggunakan WiFi karena memang masih sulit masuknya akses internet. Itulah berbagai solusi untuk mengatasinya.

  1. Banyaknya Pengguna Dalam Satu Lokasi

Jika anda berada di suatu tempat yang hanya memiliki satu WiFi namun banyak sekali yang menggunakan, seperti perkantoran ataupun kafe, tentu koneksi bisa saja down. Pemakaian yang berlebih bisa menyebabkan koneksi turun. Apalagi jika hanya ada satu WiFi dan dipakai bersama. Belum lagi jika WiFi tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas yang berat.

Sebagai solusinya, anda bisa menambahkan kapasitas pada WiFi. Misalnya jika rata rata penggunanya banyak, anda bisa menggunakan WiFi dengan kapasitas besar. Sebaliknya jika anda hanya menggunakannya di rumah, anda bisa menggunakan kapasitas yang sedikit. Semua bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan banyak penggunanya.

  1. Terhalang Oleh Benda-Benda Elektronik

Tahukah anda bahwa benda elektronik dapat menghambat kerja sinyal? Jika anda meletakkan WiFi di sebelah benda elektronik seperti TV, Microwave, ataupun gadget lain, maka koneksi akan terganggu. Sehingga hal ini menimbulkan perlambatan koneksi. Karena benda benda tersebut nyatanya dapat menghalangi frekuensi sinyal yang ada pada WiFi.

Sebagai solusinya, anda bisa memposisikan WiFi anda ke tempat yang jauh dari benda elektronik tersebut. Anda bisa meletakkannya di tempat kosong seperti ditempelkan di dinding atau diletakkan di ruang tamu yang berada di tengah. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan koneksi stabil dan juga kuat. Anda bisa terapkan ini jika permasalahannya serupa.

  1. Posisi Router Terhalang

Koneksi WiFi menurun secara tiba-tiba bisa saja terjadi karena salah memposisikan router. Masih banyak masyarakat yang salah memposisikan router. Misalnya diletakkan di kabinet. Pada dasarnya, sinyal WiFi tidak akan bisa menembus dinding atau lemari yang tinggi, maka dari itu, perhatikanlah posisi router anda agar tidak lemot.

Anda bisa memindahkan router ke tempat yang lebih luas. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan koneksi internet yang lebih kuat dan stabil. Anda bisa memindahkan ulang posisi router anda di meja yang tidak berpenghalang ataupun di ruangan yang bisa dijangkau oleh siapapun. Dengan begitu, koneksi internet pastinya akan lebih kencang dari pada sebelumnya. Jika belum membaik, mungkin Anda butuh merk WiFi repeater terbaik untuk memperluas pancaran sinyal WiFi.

  1. Gangguan Provider

Alasan koneksi internet WiFi bisa menurun, tentunya bisa jadi karena adanya gangguan provider. Gangguan pada provider bisa saja tejadi karena adanya sebuah perbaikan jaringan. Atau sedang ada perbaikan lainnya. Tentunya provider tersebut akan memberi anda kabar terkait gangguan provider melewati aplikasi WiFi yang anda unduh.

Tentu anda hanya bisa menunggu sampai gangguan pada provider tersebut rampung. Karena gangguan provider adalah sebuah gangguan yang tidak dapat kita kendalikan. Namun anda bisa menggunakan alternatif lain untuk mencari sinyal atau koneksi internet selagi menunggu. Jika permasalahan sudah selesai, anda akan dikabarkan kembali oleh provider tersebut.

Itulah 5 alasan kenapa kekuatan koneksi WiFi menurun. Kelimanya sangat umum terjadi. Dan tentunya anda bisa mengecek kondisi WiFi anda sendiri terlebih dahulu lalu anda bisa menggunakan solusi yang ada di petunjuk di atas. Dan solusi di atas merupakan solusi yang pastinya bisa anda lakukan sendiri.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Warung Sains Teknologi
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *