Badan Antariksa China Sukses Mendaratkan Rover Zhurong di Permukaan Mars

blank

Rover Zhurong China telah berhasil mendarat di permukaan Mars pada pukul 07.18 waktu Beijing, Sabtu (15/5/2021). Hal ini sebagaimana dilaporkan oleh akun instagram Badan Antariksa China yakni China National Space Agency (CNSA). Di kepercayaan tradisional China, Zhurong adalah dewa api perlambang cahaya yang menyinari dunia. Wahana penjelajah seukuran mobil kecil ini memiliki radar penembus tanah, laser, serta sensor untuk mengukur atmosfer dan medan magnet.

Kesuksesan pendaratan tersebut membuat China mengukir sejarah baru, menjadikan China sebagai negara ketiga yang berhasil mengoperasikan kendaraan di Mars di belakang Amerika Serikat dan Uni Soviet—meskipun pendaratan yang dilakukan Uni Soviet hanya dapat mengirimkan sebagian gambar dari permukaan planet itu secara singkat pada tahun 1971 sebelum misinya gagal. Amerika Serikat telah berhasil melakukan sembilan pendaratan di planet Mars sejak 1976. Beberapa sumber seperti technologyreview.com mengabaikan pencapaian Uni Soviet sehingga mendeklarasikan bahwa China adalah negara kedua yang berhasil mendaratkan rover di Mars.

blank

Pendaratan di permukaan planet Mars bisa dikatakan merupakan proyek yang rumit dan sulit. Wahana antariksa harus menggunakan perisai untuk melindungi dari panas yang membakar saat memasuki atmosfer Mars dan menggunakan roket retro serta parasut untuk memperlambat pendaratan. Parasut dan roket pun harus dikerahkan pada waktu yang tepat supaya mendarat di tempat yang ditentukan. Selanjutnya wahana akan melayang sekitar 100 meter di atas permukaan untuk mengidentifikasi rintangan sebelum mendarat dengan empat kaki penyangga.

Kesuksesesan pendaratan rover Zhurong juga menjadi puncak dari misi independen pertama China ke Planet Merah setelah moda antariksa tersebut berangkat dari Bumi musim panas lalu. Rover seberat 529 pon (240 kg) itu selamat dari perjalanan yang bergejolak melalui atmosfer Mars setelah menghabiskan berbulan-bulan di orbit, mencapai kecepatan supersonik sebelum parasut dan retrorockets memperlambat penurunannya.

Kini di Mars terdapat 3 penghuni yakni Zhurong, Curiosity, dan Perseverance. Dimana Curiosity dan Perseverance adalah rover milik NASA. Setelah mendarat, wahana antariksa bernama Zhurong tersebut rencananya akan berada beberapa hari di titik pendaratan untuk tes diagnostik sebelum menjelajahi area Mars yang dikenal sebagai Utopia Planitia. Zhurong diperkirakan akan menjalankan misinya selama 90 hari untuk mencari bukti kehidupan di Mars.

Referensi:

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Nur Abdillah Siddiq
Sosial Media
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *