Lompat ke konten

10 Jenis Pekerjaan di Masa Depan (Tahun 2030)

kerja cerdas
blank
Print Friendly, PDF & Email

Beberapa negara telah mendeklarasikan berakhirnya Covid-19 dan aktivitas kembali normal termasuk dengan dibukanya banyak lowongan pekerjaan baru. Muncul pertanyaan, pekerjaan apa yang cocok setelah 2 tahun bekerja dari rumah?

Cognizant Center for the Future of Work menjawab pertanyaan tersebut, melaporkan 10 pekerjaan di masa depan tepatnya di tahun 2030. Apa sajakah itu?

1. Fasilitator Bekerja dari Rumah
Sebelum pandemi, terdapat <5% perusahaan yang memiliki kebijakan bekerja secara remote (jarak jauh). Pasca pandemi, kebijakan work from office sudah menjadi norma dan perusahaan akan mengoptimalkan proses bekerja dari rumah. Pekerjaan yang awalnya dianggap futuristik ini dan akan terjadi di atas 2030, telah dimulai saat ini dan beberapa tahun ke depan.

2. Konselor Kebugaran (fitness)

Kita merasa cemas dan sedih dengan naiknya berat badan akibat berbulan-bulan beraktivitas dari rumah yang disebabkan oleh pandemi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pendekatan prediktif dan preventif untuk konseling olahraga, dipasangkan dengan gadget yang dapat dikenakan digital seperti Apple Watches dan dasbor FitBit. Dua platform tersebut menggabungkan flektibilitas dalam menjaga kebugaran. Dan menurut  nilai Cognizant Jobs of the Future (CJoF), profesi ini  tumbuh 28,7% di kuarter tahun pertama (Q1) 2021.

3. Manajer Desain Smart Home – Hikmah terbesar dari pandemi adalah bahwa “rumah adalah tempat yang sangat penting.” Kehadiran manajer desain smart home akan sangat penting saat rumah dibangun – atau direnovasi – dengan ruang kantor khusus, penuh dengan router WiFi di tempat yang tepat, kedap suara, pintu masuk yang digerakkan oleh suara , dan bahkan layar kaca jendela cerdas. Desainer smart home akan menjadi salah satu pekerjaan baru di masa depan utamanya di tahun 2030.

4. XR Immersion Counsellor – Karena “Remotopia” intensif Zoom yang tak terhindarkan memberi jalan ke ranah 3D ruang virtual, konselor XR immersion akan bekerja dengan seniman teknis dan rekayasa perangkat lunak, pelatihan, dan kolaborasi tenaga kerja mengarah untuk secara besar-besaran menskalakan peluncuran AR dan VR terbaik di kelasnya untuk pelatihan dan kolaborasi tenaga kerja yang belajar sambil melakukan (menggunakan platform seperti Strivr) atau magang (seperti Mursion, misalnya) untuk membuat karyawan produktif – cepat.

blank

Pekerjaan Dari Gambar Indeks Masa Depan: Sadar

5. Arsitek Lingkungan Tempat Kerja – Segala sesuatu mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga “perjalanan lift” dalam arsitektur kantor pasca-pandemi akan melalui pemikiran ulang besar-besaran. Pentingnya kesejahteraan karyawan, dan bagaimana desain kepemilikan real estat perusahaan yang berpusat pada manusia dapat memengaruhinya, sekarang sangat penting bagi masa depan pekerjaan.

6. Auditor Bias Algoritma – Gaya hidup “Semua online, sepanjang waktu” untuk bekerja dan bersantai mempercepat keunggulan kompetitif yang berasal dari algoritma oleh perusahaan digital di mana-mana. Tetapi dari Brussels hingga Washington, mengingat meningkatnya pengawasan hukum terhadap data, hampir pasti bahwa dalam hal bagaimana mereka dibangun, verifikasi melalui audit akan membantu memastikan tenaga kerja masa depan juga merupakan tenaga kerja yang adil.

7. Detektif Data – Lowongan untuk ilmuwan data tetap menjadi pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat dalam keluarga “Algoritma, Otomatisasi, dan AI” yang sarat teknologi dari Indeks CJoF sejak awal, dan terus melihat pertumbuhan 42% di Q1 ’21. Melihat pekerjaan di masa depan 2030, Ilmu data masih akan membentuk keterampilan yang dibutuhkan. Mengingat permintaan yang tinggi ini, mereka juga langka; di situlah detektif data membantu menjembatani kesenjangan untuk membuat perusahaan menyelidiki misteri dalam data besar.

8. Cyber Calamity Forecaster– Selain COVID-19, dapat dikatakan bahwa bencana besar lainnya tahun 2020 adalah serangan terus-menerus dari kedua serangan siber besar-besaran yang disponsori negara seperti Solar Winds, hingga aktor jahat individu yang mengumumkan eksploitasi ransomware. Kemampuan untuk meramalkan peristiwa seperti ini sangat penting untuk memperingatkan peristiwa budaya sebelumnya. Indeks CJoF menanggung hal ini: pertumbuhan pembukaan untuk Peramal Bencana Cyber tumbuh 28% di Q1 ’21.

9. Tidewater Architect – Tantangan global perubahan iklim dan kenaikan permukaan laut akan tetap menjadi tantangan yang ada di mana-mana. Arsitek Tidewater akan bekerja dengan alam – bukan melawannya – dalam beberapa proyek teknik sipil terbesar dari 21St abad. Dan menurut Indeks CJoF, lowongan untuk pekerjaan ini tumbuh 37% di Q1 ’21.

10. Manajer Tim Manusia-Mesin – Pandemi atau tidak, kebangkitan robot yang tak henti-hentinya di tempat kerja terus berlanjut. Manajer Tim Manusia-Mesin akan beroperasi di persimpangan orang dan robot dan menciptakan kolaborasi yang mulus. Sudah, lowongan untuk peran cikal bakal seperti teknisi robotika tumbuh 50% dalam Indeks CJoF Q1 ’21.

Sumber: Top 10 Jobs of the Future – For (2030) And Beyond | World Economic Forum (weforum.org)

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Warung Sains Teknologi
Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *