Lompat ke konten

9 Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri saat Interview Kerja

blank
Print Friendly, PDF & Email

Sudah bukan rahasia lagi, pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja kerap muncul. Namun, nyatanya banyak yang masih bingung untuk menjawab pertanyaan paling umum saat wawancara kerja.

Tujuan dari pertanyaan ini sebenarnya adalah untuk tes apakah Anda mampu memberikan evaluasi dari pekerjaan yang sudah dilakukan. Selain itu, perekrut juga ingin melihat hal lain yang ada dari diri Anda, misalnya apakah Anda memiliki etika bisnis yang cocok dengan perusahaan atau tidak. 

Pastinya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan diri, sehingga diharapkan Anda bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk bersinar dan memperbaiki kelemahan dengan cara relevan.

Artikel ini akan memberikan sedikit tips cara menjawab kelebihan dan kekurangan diri saat wawancara kerja agar perekrut tertarik pada Anda.

1.    Buat Daftar Kelebihan dan Kekurangan Diri

Tak ada salahnya mencatat sifat-sifat yang ada di diri Anda. Tulis sebanyak mungkin dalam selembar kertas dan pilih beberapa kelebihan dan kekurangan diri terbaik dan paling cocok untuk posisi yang akan Anda lamar.

Pastikan Anda bisa menceritakan dan mengaitkan dengan pengalaman yang pernah terjadi sebelumnya agar jawaban dari pertanyaan tersebut membuat perekrut tertarik.

2.    Kaitkan dengan Posisi yang Anda Lamar

Pastikan Anda menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri dengan mengaitkan pada posisi yang dilamar. Teknik ini bisa meningkatkan daya tarik perekrut untuk menerima Anda, maka Anda harus benar-benar mengenal mengenai pekerjaan yang akan dilamar dengan baik. Anda bisa membaca job description yang ada di iklan lowongan pekerjaan tersebut.

3.    Bercerita dari Pengalaman Sebelumnya

Biasanya, kelebihan diri adalah sesuatu yang Anda dapatkan dari pengalaman, misalnya dalam hal komunikasi. Ceritakan bagaimana Anda menggunakan kelebihan tersebut dari pengalaman sebelumnya, misalnya Anda pandai dalam berjualan, Anda bisa menceritakan salah satu kasus dan bagaimana Anda melakukan penjualan tersebut mulai dari metode yang digunakan dan proses-prosesnya.

4.    Tunjukkan Pencapaian

Berbicara kelebihan tanpa ada bukti artinya hanya omong kosong belaka, maka selain bercerita dari pengalaman tersebut. Setelah bercerita mengenai pengalaman yang berkaitan dengan kelebihan Anda, maka akhiri dengan pencapaian yang Anda dapatkan, misalnya dengan metode berjualan yang Anda terapkan penjualan perusahaan mencapai target dengan baik. 

5.    Jangan Beri Jawaban yang Punya Arti Luas

Beberapa orang yang diberi pertanyaan apa kelebihan dan kekurangan diri Anda memberikan jawaban yang monoton. Misalnya, mereka menyebutkan kekurangannya adalah seorang yang perfeksionis, ini ternyata cukup membingungkan para perekrut karena memiliki arti yang luas, sebaiknya berikan sifat-sifat yang lebih spesifik sehingga perekrut dapat lebih mudah menilai Anda.

Sehingga, cukup penting untuk memberikan contoh kasus atau pengalaman yang berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan diri agar perekrut dapat menerima maksud Anda lebih baik.

6.    Langsung Berikan Evaluasi

Setelah menjelaskan kekurangan diri, selanjutnya langsung jelaskan bagaimana Anda bisa meningkatkan keterampilan penting yang tidak dimiliki tersebut. Anda bisa mengambil soft skill atau hard skill saat menjelaskan kekurangan diri, namun akan lebih baik jika menyebutkan hard skill, misalnya kurang mahir dalam menggunakan aplikasi tertentu sehingga Anda akan lebih tekun untuk mempelajarinya.

7.    Jangan Terlalu Jujur

Meskipun jujur lebih baik saat menceritakan kekurangan diri, namun ada beberapa sifat dan karakter yang tidak disukai perekrut, seperti sering terlambat kerja, tidak cekatan, tidak bisa multitasking, dan lainnya. Jadi saring terlebih dahulu apa yang harus Anda ucapkan dan tidak, lebih baik Anda sudah menuliskannya dan berlatih jauh-jauh hari.

8.    Tunjukkan Kelemahan Terlebih Dahulu

Dikutip dari laman betterteam, beberapa ahli menyebutkan jika perekrut menanyakan kelebihan dan kekurangan secara bersamaan Anda bisa menjawab kelemahan terlebih dahulu baru ditutup dengan kelebihan. Mereka percaya jika cara ini bisa memengaruhi psikologi perekrut karena ditutup dengan nada positif.  Namun, apabila perekrut menanyakan secara terpisah, tips ini tidak bisa Anda terapkan.

9.    Tanya Pendapat Orang Lain

Terkadang, orang lain lebih bisa menilai diri kita, Anda  bisa bertanya pada rekan kerja, sahabat, atau keluarga agar bisa mendapatkan jawaban mengenai kelebihan dan kekurangan diri. Selain dapat membantu untuk menjawab pertanyaan terkait kelebihan dan kekurangan diri ketika interview kerja, cara ini bisa membuat Anda untuk mengenal diri lebih baik dan evaluasi diri.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba agar bisa menjawab pertanyaan paling umum di wawancara kerja, yaitu kelebihan dan kekurangan diri. Intinya, semua pertanyaan yang diajukan oleh perekrut harus Anda jawab secara jujur, namun tetap harus terlihat profesional.

Ini bisa Anda lakukan dengan berlatih secara terus menerus. Anda bisa mencoba menjawab pertanyaan interview kerja di depan teman dan minta pendapat mereka apa yang kurang dan harus diperbaiki.

Apabila saat ini Anda sedang membutuhkan pekerjaan, Anda bisa cek website KitaLulus atau unduh aplikasinya di Google Play Store. Di KitaLulus ada banyak pekerjaan yang siap menerima Anda dari berbagai macam posisi. Selain itu, lewat KitaLulus, Anda bisa mendapatkan berbagai macam tips mengenai proses lamaran kerja, cara meningkatkan skill, dan lainnya. Jadi, tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda di KitaLulus.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Warung Sains Teknologi
Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *