Lompat ke konten

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Antara Baut dan Mur

perbedaan antara baut dan mur
Print Friendly, PDF & Email

Apakah Anda sering menganggap baut dan mur itu sama? Nyatanya, terdapat beberapa perbedaan antara baut dan mur. Meski berbeda, tapi keduanya mempunyai fungsi untuk saling melengkapi satu sama lain. Mungkin hal inilah yang membuat persepsi orang terhadap keduanya sama.

Baut dan mur mempunyai beberapa jenis di dalamnya. Mulai dari baut segi enam, flange bolt, lag bolt, eye bolt, baut U, baut tanam, mur segi enam, mur segi empat, sampai mur pengunci. Jenis tersebut biasanya sering ditemukan pada kendaraan. Namun, ada juga baut dan mur yang digunakan pada industri berat atau konstruksi.

Perbedaan Antara Baut dan Mur

Baut sering kali dikenal sebagai bolt dan mur sering disebut sebagai nut. Bagi Anda yang masih bingung dalam membedakan antara baut dan mur, berikut beberapa perbedaan yang bisa dilihat.

1. Dilihat dari Pengertian

Jika dilihat dari pengertiannya, baik baut dan mur ternyata berbeda, lho. Baut mempunyai bentuk yang seperti batang silinder dengan ulir di bagian silindernya. Selain itu, di bagian satu ujungnya terdapat bagian yang dikenal sebagai kepala baut yang bentuknya segi enam dan ada juga yang bentuknya segi empat.

Selain itu, baut mempunyai panjang pendek ulir yang ukurannya berbeda-beda. Ada yang baut dengan jenis uliran di seluruh bagian silinder baut dan ada juga yang hanya mempunyai ulir di sebagian batang baut saja.

Sementara mur adalah pasangan dari baut yang mempunyai tampilan desain dengan bentuk segi enam atau segi empat. Namun, bentuknya mur dilengkapi dengan lubang berulir di dalamnya. Secara umum, baut dibuat dari baja lunak, sedangkan mur dibuat dari bahan logam baja lunak.

2. Dilihat dari Letak Ulir

Perbedaan antara baut dan mur yang bisa diketahui adalah dilihat dari letak ulir. Perbedaan ini jelas mencolok sehingga mudah untuk membedakannya. Baut mempunyai ulir yang berada di bagian luar. Hal inilah yang membuatnya sering disebut dengan ulir luar. Sementara mur mempunyai ulir yang berada di dalam sehingga disebut dengan ulir dalam.

3. Dilihat dari Panjang Ulir

Ada lagi perbedaan yang bisa dilihat antara kedua material bahan tersebut, yakni dilihat dari panjang ulir. Material baut mempunyai panjang yang cukup bervariasi. Ada yang ulirnya sepanjang bagian silinder dan ada juga ulir di sepanjang silinder.

Selain itu, ada juga baut yang mempunyai ulir hanya pada sebagian panjang silinder. Sementara mur mempunyai ulir yang berada di sepanjang lubang. Hal ini bergantung dari ukuran mur itu sendiri.

4. Dilihat dari Ukuran

Baut dan mur mempunyai letak perbedaan dari segi ukuran. Secara keseluruhan, baut mempunyai ukuran yang lebih panjang jika dibandingkan dengan mur. Selain itu, terdapat dua bagian yang berbeda di kepala baut dan badan silinder.

5. Dilihat dari Harga

Perbedaan antara keduanya bisa dilihat dari harga baut dan mur. Tentunya setiap jenis baut dan mur mempunyai harga yang berbeda. Selain itu, biasanya jumlah pembelian juga mempengaruhi kedua harga material tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan baut dan mur berkualitas dengan harga terjangkau, maka bisa membelinya di Monotaro Indonesia. Monotaro mempunyai fitur berupa pembayaran tempo di mana fitur ini tersedia untuk customer PT. Cara mendapatkan informasi lengkap bisa dengan menghubungi CS di cs@monotaro.id.

Sekarang Anda sudah mengerti perbedaan antara baut dan mur, bukan? Jadi, tidak akan salah dalam memilih kedua bahan tersebut. Sudahkah memutuskan ingin membeli baut dan mur seperti apa di Monotaro?

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Cari artikel lain: Baca artikel lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.