5 SITUS TABLEAU ZEN MASTER YANG WAJIB DI FOLLOW

blank

Tableau merupakan alat visualisasi data yang tidak perlu diragukan kehebatannya. Tableau sangat membantu dalam menganalisa jutaan data. Setiap hari semakin banyak orang hingga perusahaan yang menggunakan tableau. Bahkan pertumbuhan komunitas Tableau semakin besar di berbagai belahan dunia. Kerennya lagi, selain komunitas Tableau itu besar, Tableau juga memberikan sebuah gelar penghargaan. Gelar tersebut diberi istilah Tableau Zen Master .

blank

Gelar Tableau Zen Master diberikan kepada orang yang sangat Ahli dibidang Tableau, Pengajar Tableau, dan Kolaborator yang mampu menginspirasi untuk masa depan. Setiap tahunnya Tableau akan memilih orang-orang yang memang memiliki kapasitas untuk menyandang gelar tersebut. Nah untuk mengenal para tableau zen master, pada tulisan kali ini, saya akan share kepada Anda 5 situs Tableau Zen Master yang wajib di follow. Siapa saja? Yuk kita simak

1- KEVIN & KEN FLERLAGE

LINK : www.flerlagetwins.com

blank
Kevin Flerlage
blank
Ken Flerlage

Saya masih ingat betul, ketika awal menggunakan Tableau Dekstop versi (Public) yang menjadi follower saya pertama kali adalah Kevin Flerlage. Sebuah kebanggan tentunya bagi saya, difollow oleh orang yang memiliki kapasitas luar biasa di bidang Analytics dan Visualisasi Data. Tak lama berselang, saudara kembarnya Ken Flerlage juga memfollow. Semenjak itu saya mulai banyak belajar ke mereka berdua. Oh, ya sampai saat ini pun saya juga menjaga komunikasi dengan mereka.

Kevin Flerlage memiliki 15 tahun pengalaman dibidang analisa data, sedangkan Ken Flerlage mempunyai pengalaman lebih dari 20 tahun di Analitik dan Teknologi Informasi. Memfollow situs mereka, sangat saya rekomendasikan, karena banyak sekali ilmu, tips dan trik yang hebat bisa Anda coba. Salah satu trik yang luar biasa adalah merubah gambar menjadi data. Berikut ini gambar Uzumaki Naruto hehe, yang saya rubah ke dalam visualisasi data di Tableau

Gambar Naruto dengan Tableau
var divElement = document.getElementById(‘viz1636726533345’); var vizElement = divElement.getElementsByTagName(‘object’)[0]; vizElement.style.width=’100%’;vizElement.style.height=(divElement.offsetWidth*0.75)+’px’; var scriptElement = document.createElement(‘script’); scriptElement.src = ‘https://public.tableau.com/javascripts/api/viz_v1.js’; vizElement.parentNode.insertBefore(scriptElement, vizElement);

2- RYAN SLEEPER

LINK : playfairdata.com

blank
Ryan Sleeper

Ryan Sleeper adalah Founder dari Playfair Data, perusahaan yang berfokus pada konsultansi analisa visual. Dia menyandang gelar Tableau Zen Master 3x berturut-turut sejak 2013. Selain menjadi Seorang Master dan Konsultan, Ryan juga menulis buku tentang Tableau, Practical Tableau (O’Reilly 2018), dan Innovative Tableau (O’Reilly 2020). Buku-buku yang ditulisnya mudah sekali untuk diaplikasikan. Selain itu, Desain-desain Tableau yang dibuat Ryan sangat ringan dengan warna yang khas. Jadi, bagi Anda yang belajar Tableau boleh nih berkunjung ke situsnya.

3- LINDSAY BETZENDAHL


LINK : vizzendata.com

blank

Lindsay Betzendahl

Lindsay Betzendahl merupakan Tableau Certified Associate dengan pengalaman lebih dari 15 tahun bekerja di industri perawatan kesehatan. Dia saat ini bekerja sebagai Konsultan di HealthDataViz, sebuah perusahaan visualisasi data dan fokus membangun dasbor indah untuk menyampaikan cerita yang jelas.

Lindsay sangat aktif di Komunitas Tableau dan menjalankan #ProjectHealthViz, sebuah komunitas yang berusaha untuk ‘menceritakan kisah kesehatan ‘. Dia saat ini juga menjadi Duta Tableau Public. Kalau Anda coba search di youtube nama Lindsay, maka Anda akan mendapatkan beberapa tips mendesain data dengan menggabungkan Tableau dan Figma.

Banyak sekali tips yang kita bisa didapatkan dari laman Lindsay. Jadi tunggu apalagi untuk berkunjung ke situsnya?.

4- RAJEEV PANDEY

LINK : vizartpandey.com

blank
Rajeev Pandey

Rajeev adalah seorang yang menjadi Tableau ambassador selama 4x, mendapatkan gelar Tableau Zen Master 2x dan Tableau Featured Author. Dia menjadi Data Analyst di AirAsia, Malaysia. Dia banyak menulis tentang visualisasi data tableau yang out of the box. Jika Anda membutuhkan cara mengolah data dengan tampilan yang keren, bisa nih untuk berkunjung ke situsnya.

5- ANDY KRIEBEL

LINK : www.vizwiz.com

blank
Andy Kriebel

Andy Kriebel adalah salah satu blogger Tableau paling produktif di planet bumi, hehe. Dia menggunakan keahliannya untuk membantu semua level pengguna Tableau, apakah mereka masih pemula ataupun dilevel jedi (mahir). Dia telah membantu orang-orang meningkatkan keterampilan visualisasi mereka selama bertahun-tahun, dan proyek #MakeoverMonday telah menjadi salah satu proyek data sosial terbesar.

Maka, wajar di memiliki tingkat di atas semua Tableau Zen Master, dengan penghargaan Tableau Zen Master Hall of Fame. Gelar tersebut melayani setidaknya 5 periode dan dipilih berdasarkan kontribusi keseluruhan dan pengelolaan Komunitas Tableau. Andy memiliki dedikasi yang luar biasa dalam mengajarkan Tableau ke penjuru dunia. Anda bisa ketikkan namanya di google, dan selamat melejitkan keilmuan Anda di bidang Tableau.

Nah itu tadi sharing tentang 5 situs tableau zen master yang wajib di follow . Oh ya, rekan-rekan semua sekarang tulisan dan layanan visualisasi data bisa dinikmati di situs adhibagus.com ya. Feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat.

AB

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Adhi Bagus Pribadi
Latest posts by Adhi Bagus Pribadi (see all)
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *