Astronaut Ini Akhirnya Kembali ke Bumi Setelah 5 Bulan Merantau di Antariksa

Pada Sabtu malam (11/3) waktu setempat, keempat astronot yang melakukan perjalanan pulang dari antariksa dan kembali ke Bumi dengan selamat. […]

Ilustrasi kepulangan empat astronaut Crew-5 ke Bumi. Foto: NASA

Pada Sabtu malam (11/3) waktu setempat, keempat astronot yang melakukan perjalanan pulang dari antariksa dan kembali ke Bumi dengan selamat. Mereka menggunakan kapsul Dragon yang dimiliki oleh SpaceX untuk melakukan perjalanan pulang tersebut. Lalu, siapa saja sih astronaut-astronaut tersebu? Yuk, simak pembahasannya di artikel ini.

.

Crew-5 Kembali ke Bumi Setelah Lima Bulan di ISS dengan Kapsul SpaceX Dragon

Coverage Set as NASA's SpaceX Crew-5 Prepares to Splashdown | NASA

Crew-5. Sumber: SpaceX

Kapsul SpaceX Dragon yang membawa empat Crew-5, yaitu astronot NASA Josh Cassada dan Nicole Mann, kosmonot Rusia Anna Kikina, serta Koichi Wakata dari Jepang, melepaskan diri dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Sabtu pukul 2:20 pagi waktu Amerika Serikat bagian timur (EST) atau pukul 07:20 GMT.

Mengutip laporan dari Space, pada hari Minggu (12/3/2023), Mann mengucapkan terima kasih pada SpaceX dan mengungkapkan kegembiraannya atas perjalanan tersebut melalui radio kepada tim pengendali misi SpaceX setelah mendarat kembali di Bumi.

Mann mengungkapkan keinginannya untuk merasakan suasana Bumi, seperti angin yang menyentuh wajahnya, aroma segar rumput, dan menikmati makanan Bumi yang menurutnya lezat setelah kembali dari perjalanan antariksa. Hal ini ia sampaikan melalui radio kepada tim pengendali misi SpaceX setelah mendarat kembali di Bumi, seperti yang dilansir oleh Space pada hari Minggu (12/3/2023).

.

Astronot Crew-5 Rindukan Hal Sederhana dan Senang Kembali ke Bumi Setelah Misi di ISS

NASA's SpaceX Crew-5 Mission

Misi Crew-5 NASA bersama SpaceX.. Sumber: SpaceX

Mann menambahkan bahwa mereka sangat senang bisa kembali ke rumah setelah menjalankan misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Sementara itu, Wakata merindukan makan sushi yang biasa ia nikmati sebelum bertugas, dan merasa “berpuasa” sushi selama menjalankan misi di ISS. Hal ini ia sampaikan melalui laporan yang dilansir oleh Space.

Kikina merindukan hal sederhana seperti menikmati secangkir teh panas langsung dari cangkir asli, bukan dari kantong plastik. Hal ini ia ungkapkan setelah kembali ke Bumi melalui laporan yang dilansir oleh Space.

Empat penjelajah antariksa, yang terdiri dari tim Crew-5 yang telah menjalankan tugas selama lima bulan di ISS, menghabiskan bulan terakhir mereka di sana untuk melakukan eksperimen penelitian dan pemeliharaan laboratorium. Hal ini dilaporkan melalui beberapa sumber termasuk laporan dari Space.

.

Kesimpulan

Meskipun keberhasilan misi antariksa merupakan pencapaian besar dalam bidang teknologi dan eksplorasi ruang angkasa, kehidupan di Bumi masih memiliki nilai yang tak ternilai harganya, dan kadang-kadang hal-hal sederhana yang dianggap remeh, seperti menikmati secangkir teh panas, dapat menjadi hal yang sangat berharga setelah berada di luar angkasa selama beberapa bulan.

.

Referensi

KuatBaca, https://kuatbaca.com/umum/astronaut-mudik-ke-bumi-usai-bulan-merantau-di-antariksa-16786326442016-633458 Diakses pada 14 Maret, 2023.

Bukamata, https://bukamatanews.id/tag/astronaut?url=bukamatanews.id/read/2023/03/12/empat-astronaut-mendarat-ke-bumi-setelah-lima-bulan-merantau-ke-antariksa Diakses pada 14 Maret, 2023.

Space, https://www.space.com/spacex-crew-5-depart-international-space-station Diakses pada 14 Maret, 2023.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *