Bagaimana Cara Bahasa Pemrograman Java Bekerja?

Bagaimana Cara Bahasa Pemrograman Java Bekerja?
Afriza Eirina
Latest posts by Afriza Eirina (see all)

Di zaman yang serba modern ini, siapa sih yang tidak menggunakan laptop atau personal computer? Teman-teman disini juga pasti membaca tulisan ini dengan laptop, personal computer, atau dengan handphone. Tapi teman-teman tahu tidak bahwa laptop dan komputer itu memiliki bahasanya sendiri lho! Bahasa yang dimengerti oleh komputer disebut bahasa pemrograman. Bisa dikatakan, bahasa pemrograman adalah bahasa yang dikenali oleh komputer. Teman-teman semua bisa menginstruksikan komputer dengan bahasa pemrograman yang ada bermacam-macam, contohnya yang paling populer di kalangan programmer atau orang-orang yang menulis bahasa pemrograman adalah : Java, C, C++, Python, dan masih banyak lagi. Namun kali ini, kita akan membahas tentang bahasa pemrograman Java. Nah, bagaimana sih cara bahasa pemrograman Java bekerja?

SEJARAH SINGKAT JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek yang berarti bahasa pemrograman ini berdasar pada “objek” yang dapat mengandung data yang biasa dikenal dengan attributes dan kode yang biasa dikenal dengan methods. Bahasa Java awalnya dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystems (yang sekarang diambil alih oleh Oracle) dan dirilis pada tahun 1995. Dari awal dirilis, Java sampai saat ini memiliki 17 versi termasuk versi beta. Java versi beta dirilis pada tahun 1995, Versi 1.0 dirilis pada tahun 1996, dan yang baru dirilis pada tahun 2020 adalah versi 15. Diantara versi-versi yang sudah disebutkan sebelumnya, diantaranya ada Java versi 1.1 , 1.2, 1.3, 1.4, 5.0, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13 dan 14.

MENGAPA JAVA?

Dari banyaknya bahasa pemrograman yang sebelumnya kita sebutkan, kenapa sih kita harus mempelajari Java? Pertama, Java adalah pemrograman yang GRATIS. Kedua, Java dijalankan dengan struktur bahasa yang relatif mudah dipelajari. Ketiga, penggunaan Java tidak dibatasi oleh platform apapun. Teman-teman bisa menggunakan bahasa pemrograman java pada sistem operasi Windows, Linux, MacOS, dan sistem operasi lainnya. Alasan ketiga ini adalah kelebihan utama Java dibandingkan bahasa pemrograman C, C++, C#, Objective C, Swift, ataupun Visual Basic.

CARA JAVA BEKERJA

Sebelum membahas tentang bagaimana cara bahasa pemrograman Java bekerja, kita akan bahas dulu, dimana sih kita bisa menulis kode yang dibutuhkan untuk menulis bahasa pemrograman? Bahasa pemrograman biasa ditulis pada pada Text Editor. Eits, tapi bukan text editor semacam Microsoft Word atau Google Docs ya. Teman-teman yang menggunakan sistem operasi Windows bisa meggunakan Notepad sementara teman-teman yang menggunakan MacOS bisa meggunakan TextEdit.

Setelah teman-teman selesai menulis kodenya pada text editor masing-masing, teman-teman bisa menyimpan program java yang teman-teman tulis dengan format .java . Setelah disimpan, program yang teman-teman tulis tidak langsung dapat dieksekusi. Program java yang teman-teman sudah tulis harus terlebih dahulu “diterjemahkan”. Nah siapa sih yang bertugas utnuk “menerjemahkan” kode yang teman-teman sudah tulis? Yang bertugas untuk “menerjemahkan” kode yang teman-teman sudah tulis itu adalah Java Compiler. Java Compiler ini menerjemahkan dari kode yang teman-teman tulis ke sebuah file yang bernama Java-Bytecode yang berformatkan .class .

Nah, setelah program teman-teman selesai diterjemahkan oleh Java Compiler dan sudah berformatkan .class, barulah program ini dapat dibaca dan dijalankan oleh Java Virtual Machine atau JVM dan terlihat outputnya. Singkatnya, bagaimana bahasa pemrograman Java bekerja dapat dilihat dari sketsa dibawah ini :

Bagaimana Java Bekerja?

Demikian penjelasan mengenai bagaimana bahasa pemrograman Java bekerja.

Referensi : Kofler, Michael. 2015. Java Der Grundkurs. Bonn: Galileo Press.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *