Lompat ke konten

Bintang Baru di Nebula Orion, Terlihat oleh Hubble

  • oleh
Print Friendly, PDF & Email
blank
Bintang-bintang baru terlihat oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble di Nebula Orion. ESA/Hubble & NASA, J. Bally; Pengakuan: M. H. zsaraç.
Nebula Orion adalah awan gas dan debu raksasa yang membentang lebih dari 20.000 kali ukuran tata surya kita. Ini salah satu daerah pembentuk bintang aktif terdekat dengan Bumi, dan karena itu merupakan salah satu objek yang paling banyak diamati dan difoto di langit malam. Teleskop Luar Angkasa Hubble telah berkali-kali berfokus pada Nebula Orion, mengintip ke dalam rongga raksasa dalam gas kabur, dan pada satu titik, Hubble mengambil 520 gambar untuk membuat mosaik raksasa dari nebula yang memukau ini.
Saat ini, Hubble telah menangkap pemandangan baru dari wilayah tipis berwarna-warni di Nebula Orion yang mengelilingi objek Herbig-Haro HH 505.
Objek Herbig-Haro dapat ditemukan di sekitar bintang yang baru lahir, dan merupakan daerah terang yang terbentuk setelah keruntuhan gravitasi awan gas antarbintang yang menciptakan protobintang. Ketika angin bintang atau semburan gas memuntahkan dari bintang-bintang bayi ini, ini menciptakan gelombang kejut yang bertabrakan dengan gas dan debu di dekatnya dengan kecepatan tinggi.
Para ilmuwan di ESA mengatakan bahwa untuk HH 505, bintang IX Ori bertanggung jawab untuk menciptakan arus keluar yang terlihat di sini. Bintang ini terletak di pinggiran Nebula Orion sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi. "Aliran keluar itu sendiri terlihat sebagai struktur melengkung yang anggun di bagian atas dan bawah gambar ini," tulis mereka. “Interaksi mereka dengan aliran gas dan debu skala besar dari inti nebula mendistorsi mereka menjadi kurva berliku-liku.”
Gambar utama kami diambil dengan Advanced Camera for Surveys (ACS) Hubble, oleh para astronom yang mempelajari sifat-sifat aliran keluar dan cakram protoplanet. Gambar menunjukkan gelombang kejut terang yang dibentuk oleh arus keluar serta arus material bintang yang bergerak lebih lambat. Salah satu spesialisasi Hubble adalah mengamati sinar ultraviolet, dan karena Nebula Orion dibanjiri radiasi ultraviolet yang intens dari bintang-bintang muda yang cerah, ini memungkinkan para astronom untuk secara langsung mengamati aliran energi tinggi ini dan mempelajari lebih lanjut tentang strukturnya.
blank
Nebula Orion, salah satu objek yang paling banyak dipelajari di langit. Para astronom menggunakan 520 gambar Hubble, diambil dalam lima warna, untuk membuat gambar ini. Gambar: NASA/ESA, M. Robberto (Institut Sains Teleskop Luar Angkasa/ESA) dan Tim Proyek Perbendaharaan Orion Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Sumber :

[1] https://www.universetoday.com/157151/brand-new-stars-in-the-orion-nebula-seen-by-hubble/; diakses pada 17 Agustus 2022.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Cari artikel lain: Baca artikel lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.