Lompat ke konten

Salah satu cara yang Menyenangkan untuk Menemukan Planet: Mendeteksi Sinyal Dari Magnetosfernya

  • oleh
Print Friendly, PDF & Email
blank
Render artistik dari sistem Tau Boötes b, menunjukkan planet dan medan magnetnya. Kredit: Jack Madden/Universitas Cornell
Kita telah menemukan ribuan exoplanet dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar telah ditemukan dengan metode transit, di mana teleskop optik mengukur kecerahan bintang dari waktu ke waktu. Jika kecerahan bintang sedikit menurun, itu bisa menunjukkan bahwa sebuah planet telah lewat di depannya, menghalangi sebagian cahaya. Metode transit adalah alat yang ampuh, tetapi memiliki keterbatasan. Tidak sedikit di antaranya adalah bahwa planet ini harus lewat di antara kita dan bintangnya agar kita dapat mendeteksinya. Metode transit juga mengandalkan teleskop optik. Tetapi metode baru dapat memungkinkan para astronom untuk mendeteksi planet exoplanet menggunakan teleskop radio.
Tidak mudah untuk mengamati exoplanet pada panjang gelombang radio. Sebagian besar planet tidak memancarkan banyak cahaya radio, dan sebagian besar bintang melakukannya. Cahaya radio dari bintang juga bisa sangat bervariasi, karena hal-hal seperti suar bintang. Tapi planet gas besar seperti Jupiter bisa sangat terang. Bukan dari planet itu sendiri, tetapi dari medan magnetnya yang kuat. Partikel bermuatan dari angin bintang berinteraksi dengan medan magnet dan memancarkan cahaya radio. Jupiter sangat terang dalam cahaya radio sehingga Anda dapat mendeteksinya dengan teleskop radio buatan sendiri, dan para astronom telah mendeteksi sinyal radio dari beberapa katai cokelat.
blank
Gambar radio Jupiter ini ditangkap oleh VLA di New Mexico. Tiga warna dalam gambar sesuai dengan tiga panjang gelombang radio yang berbeda: 2 cm biru, 3 cm emas, dan 6 cm merah. Radiasi sinkrotron menghasilkan cahaya merah muda di sekitar planet ini. Gambar: Imke de Pater, Michael H. Wong (UC Berkeley), Robert J. Sault (Univ. Melbourne).
Tapi belum ada sinyal radio yang jelas dari planet mirip Jupiter yang mengorbit bintang lain. Dalam studi baru ini, tim melihat seperti apa sinyal tersebut. Mereka mendasarkan model mereka pada magnetohydrodynamics (MHD), yang menggambarkan bagaimana medan magnet dan gas terionisasi berinteraksi, dan menerapkannya pada sistem planet yang dikenal sebagai HD 189733, yang dikenal memiliki dunia seukuran Jupiter. Mereka mensimulasikan bagaimana angin bintang berinteraksi dengan medan magnet planet, dan menghitung sinyal radio planet.
blank
Contoh gambar radio sintetis yang diproduksi oleh model baru ini. Kredit: Soumitra Hazra, dkk.
Mereka menemukan beberapa hal menarik. Pertama, tim menunjukkan bahwa planet ini akan menghasilkan kurva cahaya yang jelas. Itu adalah sinyal radio yang bervariasi karena pergerakan planet. Ini bagus karena pengamatan radio terhadap gerakan sangat presisi. Bahkan lebih tepat daripada pengamatan Doppler optik. Mereka juga menemukan bahwa pengamatan radio dapat mendeteksi transit sebuah planet yang lewat di depan bintangnya. Akan ada fitur khusus dalam sinyal radio yang menunjukkan bagaimana magnetosfer planet lewat di depan bintang. Jadi para astronom bisa lebih memahami kekuatan dan ukuran magnetosfer planet ini.
Kedua sinyal ini akan sangat redup, sehingga dibutuhkan teleskop radio generasi baru untuk melihatnya. Tetapi jika kita dapat mendeteksinya, sinyal radio planet akan memberi kita ukuran orbit yang tepat dari setidaknya satu planet dalam sistem dan akan membantu kita memahami komposisi dan interior sebuah planet exoplanet. Bersama-sama ini akan menjadi lompatan besar dalam pemahaman kita tentang sistem planet exoplanet.

Sumber :

[1] https://www.universetoday.com/157162/one-exciting-way-to-find-planets-detect-the-signals-from-their-magnetospheres/; diakses pada 17 Agustus 2022

[2] Soumitra Hazra, et al. “Exoplanet Radio Transits as a Probe for Exoplanetary Magnetic Fields — Time-dependent MHD Simulations.” arXiv preprint arXiv:2208.06006 (2022).

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Cari artikel lain: Baca artikel lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.