Buah Pisang Pengontrol Tekanan Darah

Pisang merupakan jenis buah yang sering dikonsumsi, untuk menunjang kebutuhan gizi harian. Buah pisang mudah sekali di temui di Indonesia, […]

blank

Pisang merupakan jenis buah yang sering dikonsumsi, untuk menunjang kebutuhan gizi harian. Buah pisang mudah sekali di temui di Indonesia, karena pohon dari buah pisang mudah tumbuh di daerah dengan iklim tropis, yaitu tidak terlalu gersang ataupun tidak terlalu dingin.

blank
Musa Paradisiaca Var. Sapientum

Manfaat Buah Pisang

Secara umum buah pisang memiliki rasa manis, dengan karakteristik memiliki warna hijau ketika belum matang dan akan berwarna kuning ketika sudah matang. Manfaat dari buah pisang juga sangat beragam, diantaranya adalah anti ulser, penyembuh luka, antioksidan, penangkal gigitan ular, penanganan hipoglikemia, aterogenik, dan augmentasi otot rangka (Hamid et al., 2018).

Pisang menjadi salah satu buah yang juga tersebut dalam Al-Quran yaitu pada Surah Al – Waqiah ayat 29, yang artinya ; “ dan pohon pisang yang bersusun – susun ( buahnya ) (Manfaat Buah Pisang, Buah Surga Yang Disebut Dalam Al-Qur’an, n.d.)

Tafsiran dari ayat ini adalah, pohon pisang yang dikenal juga dengan nama pohon muz yang bersusun buahnya mulai dari bagian atas hingga kebawah (Surat Al-Waqi’ah Ayat 29 | Tafsirq.Com, n.d.)

Kandungan Buah Pisang

Melihat dari manfaat buah pisang yang begitu banyak, hal tersebut tentu behubungan dengan kandungan dari buah pisang itu sendiri yaitu, dalam Ajani et al, 2010 pada buah pisang terdapat kandungan saponin, glikosida, tanin, alkaloid dan flavonoid. Sedangkan menurut Fatmawati dkk, 2017 pada buah pisang selain kaya akan metabolit sekunder, buah pisang juga kaya akan kandungan kalium yang baik untuk pencegahan dan juga pengobatan hipertensi.

Salah satu jenis pisang yang banyak terdapat di Indonesia adalah jenis pisang ambon atau disebut juga dengan Musa Paradisiaca Var. Sapientum (L.)Kunt.). Penelitian yang sudah dilakukan terhadap pisang ambon salah satunya adalah uji antihipertensi, yang menunjukkan hasil subjek dengan riwayat hipertensi yang mengonsumsi pisang ambon selama hari yang ditentukan dalam penelitian mengalami penurunan tekanan darah.

Menurut Sutrya dan Insani, 2017. Hal tersebut berhubungan dengan aktivitas Angiotensin Coverting Enzyme atau ACE-Inhibitor dalam tubuh setelah mengonsumsi pisang ambon, yang dapat menghambat pembentukan angiotensin dan menurunkan tekanan darah.

blank
deteksi dini hipertensi

Untuk mengetahui pengaruh pasti dari konsumsi pisang ambon terhadap hipertensi, perlu diketahui etiologi atau penyebab dari hipertensi itu sendiri salah satunya adalah dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, bisa dari makanan yang dikonsumsi terlalu banyak mengandung garam atau juga dikenal dengan natrium, kurangnya aktivitas fisik yang menimbulkan obesitas dan juga faktor psikologi seperti stress juga dapat menyebabkan hipertensi (Leni Tri Wahyuni., 2019). Meskipun hipertensi dikenal juga dengan penyakit yang tidak menular atau PTM, akan tetapi kewaspadaan akan terjadinya hipertensi perlu untuk di tingkatkan, karena hipertensi juga dikenal sebagai silent killer (Agustianingrum et al., 2020).

Pisang ambon merupakan salah satu buah dengan kandungan kalium yang cukup tinggi, menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh Luthbis dan Ratnasari, 2020, pada 100 gram pisang ambon terdapat 435 mg kandungan kalium. Kandungan kalium dalam pisang ambon dapat menurunkan dan menstabilkan tekanan darah karena adanya kerja sama dengan farmakologi hipertensi pada tubuh seperti kompone penting yang bersifat ACE-Inhibitor (Agustianingrum et al., 2020).

Cara mengkonsumsi pisang ambon, supaya efektif untuk membantu menstabilkan tekanan darah adalah dengan dikonsumsi sesuai dengan prosedur yang tepat. Yaitu, sebelum sarapan pagi dan sebelum makan malam selama 7 hari tanpa jeda dan harus dihabiskan (Mustofa et al., 2021).

blank
Konsumsi Buah Pisang Sesuai Anjuran

Selain mengkonsumsi pisang ambon, deteksi dini mandiri juga penting untuk dilakukan yaitu dengan cara rutin untuk mengecek tekanan darah diri sendiri dan juga keluarga, serta dengan menjaga pola hidup yang sehat, mengatur pola makan dan menu makan, menjalankan aktivitas dengan baik dan juga refreshing untuk menangani stress.

Terima kasih semoga bermanfaat. And see you in the next article.

Daftar Pustaka

Agustianingrum, P., Cholifah, S., Chasanah, S., Sari, R. P., Program, M., Keperawatan, S., Yatsi, S., & Program, D. (2020). Pengaruh Pemberian Pisang Ambon (Musa Paradisiaca Var. Sapientum Linnaeus) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan, 9(2), 63–72. https://doi.org/10.37048/KESEHATAN.V9I2.276

Hamid, H., Melisa, A. ;, & Barliana, I. (2018). KARAKTERISTIK DAN MANFAAT TUMBUHAN PISANG  DI INDONESIA : Review Artikel. Farmaka, 16(3). https://doi.org/10.24198/JF.V16I3.17605

Manfaat Buah Pisang, Buah Surga yang Disebut dalam Al-Qur’an. (n.d.). Retrieved November 29, 2022, from https://www.moeslimchoice.com/read/2018/03/20/10828/Manfaat-Buah-Pisang-Buah-Surga-yang-Disebut-dalam-Al-Quran

Mustofa, F. L., Ulfa, A. M., Putri, N., & Husna, I. (2021). PENGARUH KONSUMSI BUAH PISANG AMBON (Musa paradisiaca) TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KIBANG BUDI JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Jurnal Medika Malahayati, 5(1).

Penelitian, L., Penerbitan, D., Penelitian, H., Ranah, S., & Padang, M. (2019). PENGARUH MENGKONSUMSI PISANG AMBON (MUSA PARADISIACA. S) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA  HIPERTENSI DI KELURAHAN KUBU MARAPALAM WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG. Ensiklopedia of Journal, 2(1). https://doi.org/10.33559/EOJ.V2I1.360

Surat Al-Waqi’ah Ayat 29 | Tafsirq.com. (n.d.). Retrieved November 29, 2022, from https://tafsirq.com/56-al-waqiah/ayat-29

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *