Cara Mudah Pemakaian Listrik AC Tetap Hemat

pemakaian listrik ac

Apakah Anda merasa bahwa pemakaian listrik AC menyebabkan tagihan melonjak? Memang masih banyak orang yang berpikir bahwa menggunakan AC hanya akan membuat boros konsumsi listrik saja, sehingga tagihannya menjadi lebih mahal. Padahal pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar karena borosnya konsumsi listrik bisa saja disebabkan oleh faktor-faktor tertentu pada AC tersebut.

Agar pemakaian AC tidak membuat tagihan listrik melonjak drastis, ada beberapa cara untuk menyiasatinya. Anda tetap bisa menikmati kesejukan dinginnya udara dari AC dan tagihan listrik tetap aman. Bagaimanakah caranya?

Tips Menghemat Pemakaian Listrik untuk AC

Memasang dan menggunakan AC sudah seperti kebutuhan bagi rumah tangga modern saat ini terlebih mereka yang tinggal di kota bersuhu panas seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dan lainnya. Namun masalahnya kadang pemakaian AC mengkonsumsi listrik yang lumayan banyak sehingga tagihannya melonjak.

Cara berikut ini bisa dilakukan agar pemakaian listrik untuk AC tetap hemat.

1. Gunakan Tipe AC Sesuai Kebutuhan

Konsumsi listrik yang boros mungkin disebabkan tipe AC yang kurang tepat. Sebaiknya pilih AC low watt dimana pemakaian listriknya juga tidak terlalu besar dan bisa menghemat antara 20% sampai 30%. AC jenis ini sangat pas dipasang pada ruangan yang sering dilewati dan disinggahi orang seperti ruang keluarga, ruang tamu, dapur dan sejenisnya.

Sedangkan untuk kamar tidur ataupun kamar mandi dan jenis ruang tertutup lebih tepat memakai AC standar.

2. Hindari Mengatur Suhu Kurang dari 24°C

Sekalipun udara yang keluar dirasa kurang dingin, usahakan untuk tidak mengatur suhu AC hingga kurang dari 24°C. Kesalahan mayoritas orang yaitu mengatur suhu remote hingga 16°C agar udaranya dingin. Padahal cuaca di Indonesia tidak mungkin serendah itu. Kisaran suhu 22°C – 23°C adalah angka yang ideal bagi iklim di Indonesia termasuk dalam pengaturan temperatur AC. Suhu yang terlalu rendah dibandingkan iklim di Indonesia membuat kompresor bekerja lebih keras dan mengkonsumsi banyak daya listrik.

3. Pasang Kipas pada Plafon

Agar udara di dalam ruangan tetap dingin, ada baiknya mengkombinasikan AC dengan kipas angin yang dipasang pada plafon. Konsumsi listrik kipas angin jauh lebih hemat dibandingkan AC sehingga bisa membantu udara tetap dingin tanpa menambah konsumsi daya. Saat kipas angin dinyalakan, naikkan suhu AC sekitar 3 atau 4 derajat Celcius.

4. Tutup Hordeng

Tutup hordeng pada ruangan saat menyalakan AC agar sinar matahari tidak membuat suhu udara menjadi naik dan membuatnya menjadi kurang dingin. Selain itu menutup hordeng membantu melindungi AC dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Dengan menutup hordeng udara sejuk yang dihasilkan oleh AC tidak akan keluar melalui jendela.

5. Jauhkan Asap Rokok

Di dalam ruangan dengan AC, pasti ada larangan untuk merokok. Apa sebabnya? Tidak jauh berbeda dengan sinar matahari, asap rokok bisa memicu kerusakan pada mesin AC dan menyebabkan kompresor kerja keras. Akibatnya AC tidak awet dan membuat konsumsi listrik menjadi boros.

6. Menutup Pintu dengan Rapat

Perhatikan di kantor-kantor yang menggunakan AC pasti pintunya selalu tertutup rapat. Hal ini dilakukan agar udara yang keluar dari AC tidak menerobos melalui pintu sehingga suhu ruangan tidak dingin. Ruangan yang kurang dingin akan membuat orang menurunkan suhu AC sehingga penggunaan daya listriknya meningkat.

7. Service AC Secara Berkala

Listrik bisa menjadi boros jika kondisi AC kotor. Debu dan kotoran lainnya yang menempel pada AC bisa menghambat kerja mesin dan membuat konsumsi listrik menjadi lebih besar. Pembersihan AC secara rutin dan berkala akan menjaga mesinnya bisa bekerja dengan normal sehingga tidak membutuhkan listrik lebih banyak.

Jadi sebenarnya jumlah pemakaian listrik AC tergantung dari cara kita merawat dan memperlakukannya. Selama cara perawatan dan penggunaannya tepat maka konsumsi listrik tidak akan melonjak tinggi hanya karena memakai AC.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Artikel Berhubungan:

1 tanggapan pada “Cara Mudah Pemakaian Listrik AC Tetap Hemat”

  1. Kasih contoh simulasinya dong scr thermodinamika dan perpindahan panaas aplikasi penjelasan di atas dgn membandingkan berbagai macam case …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *