Permainan Tradisional Congklak: Sarana Tumbuhkan Karakter Anak

Pendidikan anak usia dini adalah bentuk pendidikan yang fokus pada penanaman dasar pertumbuhan dan perkembangan anak dalam hal sosial, emosional, […]

Pendidikan anak usia dini adalah bentuk pendidikan yang fokus pada penanaman dasar pertumbuhan dan perkembangan anak dalam hal sosial, emosional, sikap dan perilaku, serta agama. Melalui pendidikan ini, anak-anak diajarkan keterampilan sosial, pengembangan emosi, norma-norma perilaku yang baik, dan juga nilai-nilai agama. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka di masa depan.

Pentingnya Pendidikan Karakter

Dalam aspek pendidikan usia dini, pendidikan karakter memainkan peranan penting di dalamnya. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak didik. Ini melibatkan pemberian pengetahuan tentang nilai-nilai yang baik, meningkatkan kesadaran atau kemauan untuk menerapkan nilai-nilai tersebut, dan membantu anak-anak mengambil tindakan konkrit untuk menerapkan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat 18 butir nilai-nilai pendidikan karakter, seperti yang dirumuskan Departemen Pendidikan Nasional yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, pedulli lingkungan, peduli sosial dan bertanggung jawab. Pendidikan ini dapat ditanamkan dengan berbagai cara salah satunya dengan bermain.

Manfaat Permainan Tradisional: Congklak

Beragam permainan dapat dilakukan salah satunya melalui permainan tradisional congklak yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya kita. Selain memberikan hiburan, permainan ini juga memiliki potensi besar untuk menumbuhkan karakter positif pada anak-anak. Dalam penelitian Welli Malliona dan Serli Marlina (2023) mengungkapkan bahwa permainan congklak sangat efektif dalam pembelajaran bagi anak-anak khususnya untuk menanamkan berbagai karakter baik.

Pertama-tama, permainan congklak dapat membantu dalam mengasah keterampilan kognitif anak-anak. Dalam permainan ini, anak-anak perlu menggunakan strategi untuk memilih lubang yang tepat dan mengambil biji-biji congklak. Ini melibatkan pemikiran logis, perencanaan, dan pengambilan keputusan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan strategis pada anak.

Kedua, permainan congklak juga melibatkan aspek sosial yang penting. Biasanya dimainkan oleh dua orang atau lebih, permainan ini mengajarkan anak-anak tentang kerjasama, saling berbagi, dan menghormati aturan. Mereka belajar untuk berinteraksi secara positif dengan teman-teman atau anggota keluarga saat bermain congklak, yang dapat membantu dalam pengembangan keterampilan sosial mereka.

Ketiga, permainan congklak mendorong kreativitas anak-anak. Mereka dapat menciptakan strategi mereka sendiri dan menemukan cara baru untuk mencapai tujuan dalam permainan. Selain itu, anak-anak juga dapat menggunakan imajinasi mereka untuk membuat permainan congklak menjadi lebih menyenangkan, seperti memberikan nama pada setiap lubang atau menciptakan cerita di sekitar permainan.

Selanjutnya, permainan congklak melibatkan aspek ketekunan dan kesabaran. Anak-anak perlu melibatkan diri dalam permainan yang mungkin membutuhkan waktu untuk mencapai kemenangan. Mereka belajar untuk tidak mudah menyerah, tetapi terus berusaha dan berjuang untuk mencapai tujuan mereka. Ini adalah kualitas yang penting dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Melestarikan Budaya

Dalam dunia modern yang dipenuhi dengan teknologi canggih, permainan tradisional congklak memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk terhubung dengan warisan budaya mereka dan mengenali nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tersebut. Selain itu, permainan congklak juga dapat dimainkan secara fisik, yang membantu dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak-anak.

Akhirnya, permainan tradisional congklak memiliki manfaat yang signifikan dalam menumbuhkan karakter positif pada anak-anak. Dari keterampilan kognitif hingga sosial, kreativitas, ketekunan, dan etika, permainan ini memberikan peluang yang berharga bagi anak-anak untuk mengembangkan diri mereka secara holistik. Oleh karena itu, mari kita lestarikan permainan congklak dan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menikmati dan belajar dari permainan yang bernilai ini.

Referensi

Malliona, Welli dkk. 2023. Efektivitas Permainan Tradisional Congklak terhadap Karakter Jujur Anak di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-63 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Anak: 9 (2)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *