Kertas Ajaib Racikan Dr. Stone dan Kaitannya Dalam Aplikasi Dunia Nyata

Kertas yang kita kenal sehari-hari merupakan suatu lembaran yang memiliki sifat ringan, lunak, halus, mudah dibentuk, mudah terbakar, dan mudah sobek. Namun, tahukah Anda jika kertas dapat berubah menjadi sesuatu yang kuat bahkan dapat dijadikan sebuah perisai dalam sebuah pertarungan?

blank

Gambar 1: Pertarungan Taiju melawan pasukan Tsukasa dengan menggunakan kertas ajaib sebagai perisai (Sumber: duniagames.co.id)

Secara logika, rasanya memang tidak mungkin sebuah lembaran yang lunak dan mudah sobek seperti kertas dapat menjadi sesuatu kuat bak besi atau beton. Namun logika tersebut terbantahkan berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Senku Ishigami (tokoh dalam anime Dr. Stone) yang membuat perisai kertas untuk pelapis kereta uap dengan menggunakan prinsip ilmu kimia dalam proses pembuatannya.

Berawal dari usaha kerajaan sains (yang dipimpin oleh Senku) ingin menyelamatkan Chrome dari pasukan Tsukasa, maka untuk menghindari perlawanan musuh dan menghindari adanya pertumpahan darah, Senku berinisiatif untuk menambah kekuatan alutsistanya yaitu steam gorila (kereta uap) dengan dilapisi perisai yang memiliki kekuatan seperti besi.

Langkah pertama, Senku membuat kertas ajaib tersebut dari rumput dengan proses perebusan. Langkah kedua, Senku menambahkan sodium hidroksida (NaOH) untuk melunakkan rumput tersebut. Langkah ketiga, rumput yang telah direbus dengan NaOH akan menjadi lengket lalu kemudian angkat dan rumput tersebut dibersihkan dengan air bersih. Langkah keempat, Senku menghaluskan rumput dengan cara ditumbuk. Langkah kelima, Senku mengeringkan dan membentuk rumput tersebut seperti kertas dan berfungsi sebagai perisai untuk pasukannya. Langkah terakhir, Senku menambahkan resin alami yang dapat memberikan efek penguat dan pengeras yang sangat baik.

blank

Gambar 2: Senku melapisi kertas ajaibnya dengan resin alami dengan menggunakan lilin lebah cair (Sumber: benigmatica.wordpress.com)

Penggabungan fleksibilitas kertas dan kerasnya sifat plastik yang berasal dari resin akan menciptakan serat karbon. Dan pembuatan kertas ajaib ini dapat dicoba di rumah karena alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana dan juga sebagai ajang pembuktian jika Anda masih ragu dalam kekuatan kertas ajaib tersebut.

blank

Gambar 3: Kinro teman Senku sedang mengetes kekuatan kertas ajaib yang telah dibuat (benigmatica.wordpress.com)

Hasilnya tombak Kinro yang hancur, sementara kertas ajaibnya hanya penyok saja dan berhasil menjadi perisai dari serangan tombak yang sangat cepat dan keras.

blank

Gambar 4: Tombak Kinro hancur setelah menghantam kertas ajaib Senku (Sumber: benigmatica.wordpress.com)

Percobaan Senku ternyata bukan imajinasi belaka. Hakikatnya, konsep kimia (yaitu serat karbon) yang dilakukan Senku sudah diterapkan di dunia otomotif, roket, dan moda transportasi.

Menurut Dinur (2019) menyatakan penggunaan material seperti serat karbon mulai banyak digunakan dalam dunia industri karena memiliki karakteristik yang mampu memenuhi tuntutan teknologi seperti ringan, tahan terhadap temperatur tinggi, dan tahan fatik (rusak).

Selain itu, serat karbon juga memiliki ketahanan terhadap korosi, 70% lebih ringan dari baja dan 40% dari aluminium, dan memperkuat struktur benda yang dilapisi serat tersebut.

Kesimpulannya, dari anime Dr. Stone yang menampilkan percobaan mengenai pembuatan serat karbon dalam bentuk kertas ajaib (digunakan sebagai perisai ketahanan dan penambah kekuatan) memberikan wawasan kepada kita agar bisa memanfaatkan sumber daya yang ada disekitar untuk dijadikan sesuatu yang memiliki nilai guna. Selain itu, juga mengajarkan kita untuk dapat berekreasi dan produktif di manapun dan kapanpun kita berada.

Referensi :

  • Dinur, R. (2019). Proses Pembuatan Komposit Sandwich Serat Karbon Menggunakan Metode Vacuum Infusion. Tugas Akhir. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
  • Hidayah, R. (2021). Nonton Dr. Stone Season 2 Episode 5: Perisai Besi Untuk Kereta Uap. Indonesia. Diakses pada tanggal 23 September 2021 <https://duniagames.co.id/discover/article/nonton-dr-stone-season-2-episode-5>
  • Tasuns Composite Technology. (2018). Manfaat Serat Karbon. China. Diakses pada tanggal 23 September 2021 <http://m.id.t-composites.net/info/the-benefits-of-carbon-fiber-31250972.html>

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 4 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Siti Rahmawati
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *