Planet Terkecil Hingga Terbesar di Galaksi Bimasakti

Infographic vector created by brgfx/Freepik

Saat ini kita tinggal di Galaksi Bimasakti atau Milky Way dengan Matahari sebagai pusat tata surya dengan delapan planet yang berotasi memutari Matahari.

Planet tersebut berotasi serta berevolusi sesuai jalurnya masing-masing agar tidak terjadi tabrakan antar planet. Kali ini penulis akan membahas planet terkecil hingga terbesar pada Galaksi Bimasakti. Daftar berikut juga dapat disingkat sebagai berikut “Ada baju Merk Marsvenus, Budi Nepotisme Uranus dengan Satu motor Jupiter“. Berikut merupakan daftarnya :

1. Merkurius
Merkurius merupakan planet terkecil dalam tatanan semesta kita. Merkurius sendiri posisinya berletak paling dekat dengan Bumi. Merkurius berdiameter 4.879 kilometer atau 38% ukuran bumi. Kalian bisa membayangkan sendiri seberapa ukuran merkurius dengan melihat perbandingannya dengan Bumi.

2. Mars
Mars merupakan planet yang berukuran lebih besar daripada Merkurius, Planet yang berada pada urutan keempat dalam tata surya ini memilikki diameter ukuran 6.779 kilometer atau 53% ukuran Bumi. Peneliti dari Lembaga Antariksa Amerika Serikat menyebutkan di Mars ditemukan air yang memungkinkan adanya kehidupan.

3. Venus
Venus acapkali disebut sebagai kembaran Bumi, namun Venus tidak dapat ditinggali oleh makhluk hidup. Hal ini disebabkan Venus memilikki atmosfer yang 96% nya merupakan karbon dioksida.

Venus mempunyai diameter 12.104 kilometer atau 95% ukuran Bumi. Venus berletak cukup dekat dengan matahari serta menjadi planet terpanas dengan suhunya yang mencapai 400 derajat Celsius. Tekanan atmosfer planet ini 92 kali daripada tekanan Bumi.

4. Bumi
Bumi berdiameter kurang lebih 12.742 kilometer. Bumi menjadi satu-satunya planet yang dapat ditinggali makhluk hidup. Berjarak cukup jauh dengan matahari membuat rotasi bumi lebih lama dibandingkan Venus. Serta menempati urutan keempat yang memilikki lapisan atmosfer dengan kandungan oksigen.

5. Neptunus
Neptunus berdiameter 49.244 km atau 38% lebih dari ukuran Bumi. Letaknya paling jauh dari matahari membuat Neptunus memilikki 17 kali masa Bumi. Suhu di Neptunus menyentuh angka -218 derajat Celsius menjadikan Neptunus sangat dingin. Tidak ada kehidupan di planet ini.

6. Uranus
Ini bukan hero yang ada di salah satu game online, namun planet yang berada dalam tatanan tata surya. Urutan ketujuh dalam sistem tata surya dan berdiameter 50.724 kilometer atau 400% lenih dari ukuran Bumi. Uranus mempunyai massa 14 kali lebih dari massa Bumi. Suhu di planet ini mencapai -224 derajat Celsius dan menjadikannya sangat dingin.

7. Saturnus
Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter dengan diameter 116.464 kilometer atau 945% lebih dari ukuran Bumi. Sebagian besar isi Saturnus berupa cairan dan gas yang memiliki kerapatan rendah. Dikenal sebagai planet terindah karena memiliki cincin yang mengitari planet ini.

8. Jupiter
Jupiter merupakan planet terbesar dengan diameter 139.822 kilometer atau 1.120% ukuran Bumi. Memiliki 67 satelit dengan satelit terbesar adalah Ganymede, bahkan ukuran Ganymede lebih besar dari ukuran planet Merkurius.

Urutan planet dari terkecil hingga terbesar dalam tata surya ini semoga bisa membantu apabila membutuhkan infonya. Atau untuk dijelaskan kepada orang yang belum mengetahuinya. Semoga bermanfaat bagi semuanya dan teruslah membaca.

Referensi:

https://www.astroreality.com/story/newsroom/2019/10/01/size-of-the-planet-in-order/ diakses pada 6 Oktober 2021.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Fila Rachmad
Latest posts by Fila Rachmad (see all)
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *