Peneliti NJIT Mengungkap Metode Mendeteksi ‘Zat Kimia Abadi’ dalam Kurun Waktu Kurang dari 3 Menit

Para peneliti telah menemukan cara yang lebih cepat dan sensitif untuk mendeteksi zat berbahaya yang disebut per- dan poli-fluoroalkil (PFAS) di lingkungan. PFAS sering ditemukan dalam berbagai produk sehari-hari, seperti kemasan makanan dan pakaian tahan air, dan sudah menyebar ke sebagian besar sumber air minum di Amerika Serikat.

blank

Para peneliti telah menemukan cara yang lebih cepat dan sensitif untuk mendeteksi zat berbahaya yang disebut per- dan poli-fluoroalkil (PFAS) di lingkungan. PFAS adalah senyawa buatan manusia yang dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan, mulai dari kanker hingga cacat lahir, dan sulit terurai di alam. PFAS sering ditemukan dalam berbagai produk sehari-hari, seperti kemasan makanan dan pakaian tahan air, dan sudah menyebar ke sebagian besar sumber air minum di Amerika Serikat.

Para peneliti dari New Jersey Institute of Technology telah berhasil mengembangkan metode baru yang memungkinkan deteksi PFAS dalam waktu singkat, hanya dalam hitungan menit. Metode ini berbasis pada teknologi spektrometri massa, yang memungkinkan identifikasi zat kimia dalam sampel dengan sangat akurat. Hal ini sangat penting karena metode deteksi sebelumnya memerlukan waktu yang lebih lama dan biaya yang tinggi.

blank
Prosedur penelitian

Penelitian ini memperkenalkan teknik yang disebut paper spray mass spectrometry (PS-MS) dan desalting paper spray mass spectrometry (DPS-MS). PS-MS memungkinkan deteksi PFAS dengan sensitivitas yang lebih tinggi daripada metode standar saat ini, sementara DPS-MS membantu mengatasi masalah ionisasi PFAS dalam sampel yang lebih kompleks seperti tanah. Dengan kombinasi kedua teknik ini, para peneliti dapat mendeteksi PFAS dalam konsentrasi sangat rendah, bahkan hanya dalam beberapa menit.

Penemuan ini memiliki dampak besar pada pemantauan kualitas air minum dan lingkungan secara keseluruhan. Dengan metode ini, pemerintah dan lembaga penelitian dapat dengan cepat dan efisien menilai tingkat kontaminasi PFAS di berbagai lokasi, yang pada gilirannya dapat membantu melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan dalam pemantauan produk konsumen, sehingga memastikan keamanan produk yang kita gunakan sehari-hari. Dengan demikian, penemuan ini merupakan langkah penting dalam upaya melindungi kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Referensi :

[1] https://news.njit.edu/njit-researchers-unveil-method-detect-forever-chemicals-under-3-minutes diakses pada 18 Februari 2024

[2] Md. Tanim-Al Hassan, Xingzhi Chen, Praneeth Ivan Joel Fnu, Francis J. Osonga, Omowunmi A. Sadik, Mengyan Li, Hao Chen. Rapid detection of per- and polyfluoroalkyl substances (PFAS) using paper spray-based mass spectrometryJournal of Hazardous Materials, 2024; 465: 133366 DOI: 10.1016/j.jhazmat.2023.133366

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *