Peran Tangan dalam Penularan Virus COVID-19

blank
blank

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi yang sangat penting. Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak menggunakannya untuk membantu aktivitas sehari-hari seperti memegang, membawa, menahan, dan lain sebagainya.

Keterlibatan tangan dalam berbagai aktivitas sehari-hari menyebabkan virus dan mikroba memiliki potensi untuk menempel. Sattar dkk (2002) melaporkan bahwa tangan manusia dapat menjadi kendaraan berbagai virus untuk menyebar dan menginfeksi inangnya (manusia) [1].

Beberapa jenis virus yang dilaporkan menyebar melalui tangan dan menyebabkan penyakit diantaranya Rinovirus, Adenovirus, Calicivirus, Virus Hepatitis A, Rotavirus, Astrovirus, Papilomavirus, Enterovirus, virus influenza A [1].

blank

Adapun virus Covid-19 baru dilaporkan di tanggal 3 Oktober 2020 oleh peneliti asal Jepang, bahwa virus Covid-19 dapat bertahan hingga 9 jam pada kulit manusia [2].

Hal ini menunjukan bahwa virus Covid-19 memiliki potensi besar untuk diitularkan melalui tangan. Tangan yang terdapat virus Covid-19, ketika bersentuhan di bagian muka (terutama mata, mulut dan hidung) dapat memberi peluang besar pada virus tersebut untuk masuk ke dalam tubuh [3].

Sattar dkk mengatakan semakin lama virus bertahan hidup di luar tubuh manusia, maka semakin tinggi potensinya untuk ditularkan oleh tangan. Tangan mudah terkontaminasi secara langsung virus Covid-19 melalui kontak dengan cairan tubuh diri sendiri atau orang lain. Selain itu, dapat terjadi secara tidak langsung dengan cara menyentuh atau mengenai permukaan atau benda yang terkontaminasi virus tersebut [1].

Untuk mencegah penularan Covid-19, kita dapat memulai dengan mencuci tangan. Selain itu, mencuci tangan juga dapat mencegah penularan dan penginfeksian bakteri, protozoa, atau jamur penyebab penyakit.

Daftar Pustaka

  1. Sattar, S. A., dkk. 2002. Hygienic hand antiseptics: Should they not have activity and label claims against viruses?. Am J Infect Control. 30 (6):355–372.
  2. Zhu, N., dkk. 2020. A Novel Coronavirus from Patients with Pneumonia in China, 2019. The New England Journal Medical.
  3. Hirose, R., dkk. 2020. Survival of SARS-Cov-2 and Influenza Virus on The Human Skin: Importance of Hand Hygiene in Covid-19. Clinically Infectious Desease.

Salmin Ruslan
Latest posts by Salmin Ruslan (see all)
Baca juga:
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar