Mengenal Nikola Tesla

  • by

Siapa Sih Nikola Tesla ?

Nikola Tesla adalah seorang keturunan etnis serbia yang dikenal sebagai penemu,fisikawan,teknisi mekanika dan teknisi listrik. lahir pada tanggal 10 juli 1856 dan dibesarkan di kota Smiljan, Kroasia, dahulu masuk dalam wilayah kekaisaran Austria.

Nikola Tesla

Nikola Tesla tahun 1896

blank

pada tahun 1875 Tesla tercatat sebagai mahasiswa fakultas Teknik Austrian Polytechnic School di Graz,(sekarang berganti nama menjadi technische universität graz  atau dalam bahasa inggris, “Graz University of Technology “). selama menjadi siswa, dia tidak pernah melewatkan pelajaran di kelas dan selalu mendapatkan nilai tertinggi, hingga pada tahun 1877 Tesla lulus dan pernah  berkonflik dengan dosennya sendiri yaitu profesor Pöschl  bahwa dia menyarankan komutator tidak diperlukan pada Dinamo Gramme. Tahun 1881 Tesla pindah ke Budapest untuk bekerja dibawah Tivadar Puskas  pada perusahaan Telegraf, Budapest Telephone Exchange. selama bekerja dia banyak melakukan perbaikan peralatan Central Station yang tidak pernah di patenkan ke publik. tahun 1882 – 1885 dia juga pernah bekerja di perusahaan Thomas Alva Edison sebagai teknisi listrik  tapi kemudian harus mengundurkan diri karena guyonan Edison. di tahun 1886 Tesla bermitra dengan Robert Lane dan Benjamin Vale pengusaha asal Amerika serikat dan membangun sebuah perusahaan Tesla Electric Light and Manufacture, disinilah dia mengembangkan beberapa peralatan generator dan menemukan daya Listrik Arus bolak-Balik atau Alternating Current (AC) yang kemudian di lisensi oleh George Westinghouse. Tesla dikenal dengan ide-ide yang tak pernah dipikirkan orang lain hingga dia dikenal oleh sebagian orang Amerika serikat sebagai “Ilmuwan Gila.” nama Tesla juga masuk dalam satuan SI ( System International ) dilambangkan dengan satuan T (Densitas Fluks Magnetik).

Apa Saja Eksperimen Nikola Tesla?

  1. Mengembangkan daya listrik arus bolak-blaik atau AC (Alternating Current).
  2. Pengembangan Listrik secara nirkabel sekarang dikenal dengan WireLess.
  3. Mengembangkan X-Rays sekarang dikenal X-Radiation atau Rontgen Radiation.
  4. Mengembangkan teknik Komunikasi Nirkabel (tanpa kabel).

Nama Nikola Tesla mungkin cukup asing ditelinga kita namun beberapa perusahaan dan beberapa organisasi memunculkan kembali nama Tesla seperti perusahaan Elon Musk yaitu tesla.inc sebuah perusahaan mobil listrik di Amerika Serikat. dan sebuah patung tesla di bendungan Niagara Falls, Canada, negara bagian Amerika Serikat.

https://www.niagarafallstourism.com/blog/who-was-nikola-tesla/

Patung tesla di niagara Falls

Referensi :

[1] https://www.niagarafallstourism.com/blog/who-was-nikola-tesla/  (diakses pada 21 september 2018)

[2] https://id.wikipedia.org/wiki/Nikola_Tesla (diakses pada 21 september 2018)

[3] http://ntesla.org/ntesla/NT-P1.html (diakses pada 21 september 2018)

Baca juga:

[4] https://www.tugraz.at/en/tu-graz/services/news-stories/talking-about/singleview/article/nikola-teslas-zeit-an-der-tu-graz/ (diakses pada 21 september 2018 )

[5] https://www.niagarafallstourism.com/blog/who-was-nikola-tesla/ (diakses pada 19 september 2018)

[6] https://teslauniverse.com/ (diakses pada 19 september 2018 )

Artikel Lainnya:

[7] https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Satuan_Internasional (diakses 19 september 2018)

erwin prayogo
Latest posts by erwin (see all)
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar