Keunggulan dan Kelemahan Aplikasi Absen Android yang Harus HR Ketahui

..Seiring berkembangnya teknologi membuat berbagai sektor di dunia ini mulai bertransisi ke arah digital. Hal ini bisa terlihat dari semakin […]

aplikasi absensi online

..Seiring berkembangnya teknologi membuat berbagai sektor di dunia ini mulai bertransisi ke arah digital. Hal ini bisa terlihat dari semakin banyaknya perusahaan yang sudah memanfaatkan kemudahan digitalisasi dalam melakukan kegiatan operasional bisnisnya. Teknologi ini mampu meringankan pekerjaan di dalam perusahaan khususnya HRD, salah satunya adalah aplikasi absen android.

.Aplikasi absensi karyawan saat ini jadi salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh perusahaan. Hal itu dikarenakan perusahaan harus memantau kehadiran karyawannya yang sedang bekerja di rumah akibat situasi pandemi covid-19. Tentunya aplikasi ini memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan daripada masih memakai absensi manual yang pasti sulit untuk monitoring..

Keunggulan Aplikasi Absensi Online Android.

Absensi karyawan online ini sudah jelas sangat berbeda dibandingkan absensi manual. Selain perbedaan pada sistem pengoperasiannya, dimana absen manual butuh yang namanya kertas sedangkan aplikasi absensi bisa dilakukan melalui komputer dan juga handphone..

Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan aplikasi absensi online yang harus HR ketahui..

Kehadiran Karyawan Tercatat dengan Akurat

Internet punya peran penting dalam sistem absensi aplikasi berbasis android yang memudahkan sinkronisasi antara waktu di perangkat terhubung dengan sistem absensinya. Sama seperti pada smartphone yang biasanya sudah menunjukkan waktu otomatis sesuai dengan waktu global. Dengan begitu, pencatatan laporan kehadiran karyawan bisa lebih akurat..

Efisien dan Hemat Waktu

Aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone akan menghemat waktu karyawan untuk melakukan absensi dari mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan termasuk saat meeting di luar kantor. Apalagi dengan dukungan fitur geotagging, adanya kecurangan absensi bisa dihindari sehingga jika ada karyawan yang absen dari rumah dapat diketahui..

Efisiensi Biaya

Apabila perusahaan ingin melakukan efisiensi dari segi biaya, maka sistem absensi online berbasis HRIS jadi jawabannya. Tak perlu perangkat, cukup menggunakan smartphone atau komputer saja yang sudah dimiliki setiap karyawan. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan mudah memonitor data absensi karyawan secara real time..

Rekapitulasi Kehadiran Lebih Mudah

Dengan adanya aplikasi absensi online, HR akan lebih mudah dalam mengumpulkan data karyawan. Hal itu karena aplikasinya sudah terintegrasi sehingga seluruh kehadiran karyawan sudah tercatat di dalamnya. Jadi, di setiap akhir bulan tim HRD hanya tinggal membuka data yang telah direkapitulasi secara otomatis oleh sistem. Lebih hemat tenaga dan waktu, bukan?.

Bantu Karyawan Jadi Lebih Produktif

Melalui aplikasi absensi berbasis android, karyawan dapat mengajukan cuti hingga lembur hanya dengan menggunakan ponselnya saja. Meski begitu, pengajuan cuti tetap harus persetujuan dari atasan. Pengajuan cuti yang dilakukan karyawan nantinya akan muncul sebagai notifikasi pada aplikasi atasan. Tentunya ini memudahkan untuk dapat diakses dimana pun bahkan saat sedang tidak ada di kantor..

Kelemahan Aplikasi Absensi Online Android.

Meski memiliki kelebihan, aplikasi absensi android tetap punya kelemahan. Namun, beberapa kekurangannya ini dari segi teknis yang tidak bisa dihindari. Diantaranya adalah sebagai berikut:.

Tergantung Pada Kualitas Handphone Karyawan

Proses merekam kehadiran menggunakan aplikasi absensi sangat dipengaruhi oleh kualitas dari handphone masing-masing karyawan. Alasannya karena jika handphone yang digunakan karyawan tidak berfungsi secara optimal, maka dipastikan akan terjadi kendala..

Setidaknya, kamera dan layanan lokasi yang ada pada ponsel dapat bekerja dengan baik karena untuk merekam kehadiran melalui aplikasi karyawan harus melakukan selfie..

Sinyal Internet yang Buruk

Penggunaan aplikasi selalu membutuhkan yang namanya internet untuk bisa memproses rekaman absensi. Jika daerah tempat karyawan bekerja tidak memiliki jaringan internet yang baik, maka karyawan akan kesulitan untuk merekam kehadirannya..

Itulah keunggulan dan kelemahan aplikasi absensi online berbasis android yang harus diketahui. Jika Anda setelah membaca ini ingin mencari aplikasi kehadiran android, pilihan tepat sudah pasti LinovHR. Aplikasi ini tidak akan memakan memori handphone Anda kerena ukuran filenya yang kecil dan sudah terintegrasi, bahkan Anda bisa melakukan pengajuan cuti melalui aplikasinya lho. Fitur lengkapnya memudahkan karyawan dalam merekam kehadirannya sendiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *