Batu Bata Ramah Lingkungan: Konsep Baru Penopang Bangunan Hijau

Batu bata ramah lingkungan, siapa yang sudah pernah mendengar istilah ini? Memangnya ada ya batu bata yang ramah lingkungan? Bersama […]

blank

Batu bata ramah lingkungan, siapa yang sudah pernah mendengar istilah ini? Memangnya ada ya batu bata yang ramah lingkungan? Bersama Rebricks, batu bata yang dihasilkan bersifat ramah lingkungan karena berasal dari limbah plastik.

Rebricks adalah perusahaan inovatif yang bergerak di bidang produksi “bahan bangunan ramah lingkungan”. Perusahaan ini menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan limbah plastik dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan. Bahan baku dari operasional Rebricks ini adalah plastik sachet yang tergolong dalam plastik mulitilayer, dengan sifatnya yang sangat sulit untuk melalui proses daur ulang. Bagaimana teknologi bisa mengubah limbah menjadi barang dengan nilai guna tinggi, berikut adalah tahapan pengolahan limbah di Perusahaan Rebricks.

  • Pengumpulan limbah plastik sachet, baik dari penyaluran secara individu maupun melalui Bank Sampah.
  • Proses produksi daur ulang, satu mesin daur ulang akan mengolah 88 ribu plastik sachet.
  • Produk akhir bebas limbah, meliputi bata, blok, dan roster.
blank

Mengenal Plastik Multilayer

Plastik multilayer adalah jenis plastik yang terdiri dari beberapa lapisan (biasanya 2-5) dengan material berbeda yang diproses menjadi satu. Lapisan-lapisan ini memiliki fungsi yang berbeda, seperti:

  • Melindungi produk dari kontaminasi
  • Menjaga kesegaran produk
  • Mempermudah pendistribusian produk
  • Meningkatkan daya tarik produk

Produsen banyak menggunakan plastik jenis ini untuk mengemas berbagai macam produk, seperti makanan, minuman, sabun, deterjen, dan lain sebagainya. Sayangnya, pada plastik multilayer setiap lapisan memiliki titik leleh yang berbeda, hal ini pun mempengaruhi proses daur ulangnya. Sulit untuk melelehkan plastik multilayer secara homogen, sehingga proses daur ulang menjadi rumit dan tidak efisien. Plastik multilayer yang tidak terdaur ulang akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Di sana, plastik ini akan terurai menjadi mikroplastik yang mencemari tanah dan air. Mikroplastik ini dapat termakan oleh hewan dan masuk ke dalam rantai makanan, yang pada akhirnya dapat membahayakan kesehatan manusia.

Selamatkan Ribuan Kilo Sampah

Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 17 ribu kilogram limbah plastik yang masuk. Dari angka limbah yang masuk tersebut, Rebricks sudah “menyulap” 10 ribu kilogram limbah plastik menjadi produk batu bata dan bahan bangunan lain yang ramah lingkungan. Beberapa kelebihan dari produk olahan Rebricks adalah mampu menahan tekanan hingga 250 kg/cm2, harga yang kompetitif, serta metode pembuatan yang ramah lingkungan.

Referensi

https://rebricks.id/ diakses 7 Februari 2024

https://greeneration.org/publication/green-info/plastik-multilayer/ diakses 7 Februari 2024

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *