Bingung Bikin Tanda Tangan Digital? Ini Dia Cara Mudah Bikinnya di PC dan Android

Mungkin sebagai seorang mahasiswa yang aktif berorganisasi atau sebagai seorang fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, kamu akan sering mengalami […]

Ilustrasi Digital Signature.

Mungkin sebagai seorang mahasiswa yang aktif berorganisasi atau sebagai seorang fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, kamu akan sering mengalami situasi di mana tanda tanganmu dibutuhkan. Sebelumnya, banyak kegiatan seperti surat-menyurat dan pengajuan proposal hanya bisa dilakukan secara manual.

Saat ini, dengan adanya berbagai metode komunikasi, segalanya menjadi lebih mudah dan efisien, terutama melalui email. Metode ini mengurangi penggunaan dokumen hard copy dan memperkenalkan penggunaan dokumen soft copy yang lebih hemat dan mudah dibagikan. Hal ini membuat segala kegiatan yang membutuhkan tanda tangan menjadi lebih cepat dan praktis.

Namun, terdapat satu tantangan yang harus diatasi yaitu bagaimana cara menandatangani dokumen atau email di komputer. Apakah harus mencetak dokumen terlebih dahulu, menandatanganinya, dan kemudian memindai kembali? Hal ini cukup merepotkan. Namun, ada cara mudah yaitu dengan membuat tanda tangan digital.

Tanda tangan digital adalah metode alternatif untuk menandatangani dokumen elektronik dengan cara yang sama efektifnya seperti tanda tangan biasa. Fungsinya tetap sama, yaitu untuk mengonfirmasi bahwa pihak yang menandatanganinya telah membaca dan menyetujui isi dokumen tersebut.

Perbedaannya adalah, tanda tangan digital dapat dibuat dengan menggunakan perangkat komputer atau smartphone Android. Dalam beberapa kasus, seperti pada penggunaan email, tanda tangan digital bahkan dapat dibuat secara otomatis. Jika kamu ingin tahu bagaimana cara membuat tanda tangan digital, berikut adalah langkah-langkahnya!

.

Membuat Tanda Tangan Digital Lewat Komputer

Tanda tangan digital dapat dibuat menggunakan PC atau laptop. Namun, sebaiknya menggunakan laptop karena lebih mudah dalam menggunakan trackpad untuk salah satu langkah yang diperlukan.

 1.Kunjungi Situs Pembuat Tanda Tangan Digital

kunjungi-laman-online-signature

.

Untuk membuat tanda tangan digital, langkah pertama adalah mencari alat atau aplikasi yang dapat digunakan. Ada banyak aplikasi yang tersedia, namun jika ingin lebih mudah dan cepat, disarankan untuk menggunakan alat atau aplikasi yang tersedia di internet.

.

Salah satu situs dengan navigasi yang tidak belibet adalah Online Signature. Cukup ketikkan alamat “https://onlinesignature.com” pada kolom pencarian di browser untuk mengunjungi laman utamanya. Lalu, klik menu Draw Signature untuk menuju laman pembuatan tanda tangan online.

.

2.Mulai Buat Tanda Tangan

buat-tanda-tangan-kamu

Setelah membuka laman tersebut, kamu akan melihat sebuah kolom yang cukup besar untuk membuat tanda tangan digital. Kamu hanya perlu menggoreskan tanda tangan kamu pada kolom tersebut hingga tanda tangan terbentuk. Namun, mungkin kamu akan kesulitan saat menggambar tanda tangan menggunakan mouse. Lebih baik mencoba menggunakan touchpad di laptop agar lebih mudah.

.

Setelah tanda tangan digital kamu jadi, di laman tersebut terdapat tombol clear untuk menghapus atau mengulang dari awal jika dibutuhkan. Setelah tanda tangan digital disimpan, klik tombol Save dan muncul pop-up dengan dua pilihan yaitu Sign Up dan Download Signature.

.

3.Download Tanda Tangan

download-signature

.

Saat ini, tanda tangan digital yang kamu buat sebenarnya sudah selesai. Kamu cukup mengklik tombol Download Signature, memilih folder tempat penyimpanan, dan tanda tangan digitalmu akan disimpan dalam format gambar PNG.

.

Jika kamu ingin menggunakan tanda tangan yang sudah kamu buat dalam kegiatan sehari-hari seperti saat mengirim email, kamu dapat melanjutkan langkah-langkah pada tutorial berikutnya.

.

4.Pasang Tanda Tangan di Akun Gmail

pasang-tanda-tangan-gmail

.

Gmail adalah salah satu platform email yang paling banyak digunakan karena website-nya yang ringan dan cepat diakses. Jika kamu sering mengirim email bisnis kepada klien atau rekan kerja, kamu bisa mengatur agar tanda tangan digitalmu selalu muncul secara otomatis setiap kali kamu membuat email baru.

.

Untuk mengatur tanda tangan digital pada email Gmail, langkah pertama adalah membuka akun Gmail kamu melalui browser dengan mengetikkan “https://gmail.com” pada kolom pencarian. Setelah itu, pada halaman inbox, klik tombol Setting yang berbentuk roda gigi di pojok kanan atas layar. Selanjutnya, pilih menu Setting.

.

Di bagian umum atau general, geser ke bawah hingga menemukan pengaturan Signature. Kemudian, pilih menu yang terletak di bawah No Signature dan tuliskan kata sapaan penutup serta nama kamu. Setelah itu, taruh kursor di antara kedua teks tersebut dan klik tombol Image untuk menambahkan tanda tanganyang sudah kamu buat sebelumnya.

.

Setelah menyelesaikan penambahan tanda tangan, gulir ke bagian paling bawah halaman dan klik tombol “Save Changes”. Dengan begitu, pengaturan tanda tanganmu sudah tersimpan dan siap digunakan pada setiap email yang kamu kirimkan.

.

Membuat Tanda Tangan Digital Lewat Android

Untuk membuat tanda tangan digital, tidak hanya bisa dilakukan melalui PC, tetapi juga melalui perangkat Android. Terdapat berbagai aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan proses pembuatan tanda tangan digital.

1.Download Aplikasi Adobe Fill & Sign

.

download-adobe-fill-and-sign

Untuk membuatnya melalui perangkat Android, kamu bisa membuka Google Play Store dan mencari aplikasi bernama “Adobe Fill & Sign”. Setelah menemukannya, kamu bisa mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Setelah selesai diinstal, buka aplikasi tersebut dengan mengetuk tombol “Open”.

.

2.Tap Tombol Pena dan Pilih Menu Create Signature

.

tap-create-signature

.

Ketika aplikasi terbuka, cari tombol pena yang terletak di sudut kanan atas layar dan tekan. Kemudian, akan muncul dua opsi yaitu Create Signature dan Create Initials. Pilih opsi Create Signature untuk membuat tanda tangan.

.

Langkah selanjutnya sama seperti di PC, kamu harus menggambar tanda tangan kamu pada ruang yang tersedia. Namun, ketika menggunakan perangkat Android, respon layar sentuh biasanya lebih baik dibandingkan dengan trackpad sehingga kamu dapat membuat tanda tangan dengan lebih lancar.

.

3.Pilih Dokumen untuk Ditandatangani

.

atur-posisi-dan-ukuran-tanda-tangan

.

Setelah selesai membuat tanda tangan pada aplikasi Adobe Fill & Sign, langkah selanjutnya adalah memilih dokumen yang akan diberi tanda tangan. Kamu dapat memilih menu “Select a form to fill out” pada aplikasi tersebut. Kemudian, akan muncul tiga opsi yaitu “From PDF File”, “From the Photo Library”, dan “Take a Picture”.

.

Kamu perlu memilih salah satu dari tiga opsi yang tersedia, tergantung pada format dokumen yang akan diberikan tanda tangan.

.

Pada laman editor, kamu dapat melakukan berbagai modifikasi pada dokumen, seperti mengisi identitas seperti nama, alamat, dan lain sebagainya. Untuk menambahkan tanda tangan, klik pada ikon pena di pojok kanan atas layar, kemudian klik pada tanda tangan yang sudah dibuat sebelumnya.

.

Kamu bisa menyesuaikan posisi tanda tangan agar berada pada kolom tanda tangan yang telah disediakan di dokumen, seperti biasanya terletak di pojok kiri atau kanan bagian bawah. Selain itu, Kamu juga dapat dengan mudah menyesuaikan ukuran tanda tangan hanya dengan menggunakan sentuhan jari.

.

Dengan langkah-langkah di atas, kini kamu telah berhasil menambahkan tanda tangan digital pada dokumen melalui aplikasi Adobe Fill & Sign di perangkat Android. Prosesnya sangat praktis dan mudah dilakukan.

.

Dalam era digital seperti sekarang, hampir semua hal bisa dilakukan secara online, termasuk mengirim file. Selain lebih efisien dalam penggunaan waktu, penggunaan tanda tangan ini juga lebih ramah lingkungan karena mengurangi ketergantungan pada penggunaan kertas.

Demikianlah cara mudah, praktis, dan gratis untuk membuat tanda tangan digital. Apakah kamu sudah mencobanya? Jangan lupa untuk berbagi pengalamanmu di kolom komentar!

.

Referensi

GadgetSnow, https://www.gadgetsnow.com/how-to/working-from-home-heres-how-to-sign-a-pdf-document-digitally-using-smartphone-or-laptop/articleshow/75062911.cms Diakes pada 24 Maret, 2023.

Encyro, https://help.encyro.com/article/194-draw-your-signature-on-your-phone-when-signing-on-a-computer Diakes pada 24 Maret, 2023.

Techlicious, https://www.techlicious.com/how-to/add-your-signature-to-electronic-documents/ Diakes pada 24 Maret, 2023.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *