Teknologi Fotokatalisis Emas-Titanium: Solusi Inovatif untuk Mengatasi Pencemaran Air Limbah Pewarna

Pencemaran air akibat penggunaan pewarna dalam industri tekstil, makanan, kosmetik, dan manufaktur lainnya merupakan masalah serius bagi lingkungan. Pewarna ini sering kali mengandung bahan kimia beracun yang sulit diuraikan dan dapat membahayakan kehidupan akuatik dan kesehatan manusia.

blank

Pencemaran air akibat penggunaan pewarna dalam industri tekstil, makanan, kosmetik, dan manufaktur lainnya merupakan masalah serius bagi lingkungan. Pewarna ini sering kali mengandung bahan kimia beracun yang sulit diuraikan dan dapat membahayakan kehidupan akuatik dan kesehatan manusia. Para ilmuwan dan industri mencari solusi yang lebih ramah lingkungan untuk mengatasi masalah ini.

Sebuah penelitian baru yang dipimpin oleh Flinders University menemukan cara baru untuk mengurai bahan kimia organik beracun, termasuk pewarna azo, dari air limbah. Tim peneliti menggunakan proses fotokatalisis kimia yang didukung oleh cahaya ultraviolet untuk menghilangkan kontaminan dari air limbah. Proses ini melibatkan penggunaan partikel kecil dari emas (Au) yang diikat secara kimia pada titanium dioksida. Partikel emas ini meningkatkan efisiensi proses fotokatalisis, sehingga mengurangi waktu yang diperlukan untuk membersihkan air limbah.

blank

Metode tradisional untuk menghilangkan kontaminan dari air limbah seringkali tidak efektif, terutama untuk senyawa organik yang sulit diuraikan seperti pewarna. Proses fotokatalisis ini diharapkan menjadi solusi yang lebih efisien dan ramah lingkungan dalam membersihkan air limbah dari bahan kimia beracun. Dalam penelitian ini, tim menggunakan mesin khusus yang disebut perangkat fluida vortex untuk menguji efektivitas proses fotokatalisis mereka.

blank
Prosedur sintesis NMTiO2 yang dihiasi oleh Au9 NCs
blank

Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pencemaran air limbah dari industri pewarna dan manufaktur lainnya. Dengan menggunakan teknologi ini, diharapkan bahwa limbah yang dihasilkan oleh industri dapat dibersihkan secara efisien sebelum dibuang ke lingkungan. Ini akan membantu melindungi lingkungan dan kesehatan manusia dari dampak negatif pencemaran air limbah.

Referensi:

[1] https://news.flinders.edu.au/blog/2024/03/20/nano-solution-for-removing-toxic-dyes/ diakses pada 30 Maret 2024

[2] Anahita Motamedisade, Amir Heydari, Yanting Yin, Abdulrahman S. Alotabi, Gunther G. Andersson. Enhanced Photocatalytic Degradation of Methyl Orange Using Nitrogen‐Functionalized MesoporousTiO2 Decorated with Au9 NanoclustersSolar RRL, 2024; DOI: 10.1002/solr.202300943

[3] Anahita Motamedisade, Amir Heydari, D.J. Osborn, Abdulrahman S. Alotabi, Gunther G. Andersson. Au9 clusters deposited as co-catalysts on S-modified mesoporous TiO2 for photocatalytic degradation of methyl orangeApplied Surface Science, 2024; 655: 159475 DOI: 10.1016/j.apsusc.2024.159475

[4] Anahita Motamedisade, Martin R. Johnston, Amjad E.H. Alotaibi, Gunther A. Andersson. Au9 nanocluster adsorption and agglomeration control through sulfur modification of mesoporous TiO2Physical Chemistry Chemical Physics, 2024; 26 (12): 9500 DOI: 10.1039/D3CP05353A

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *