Pentingnya Istirahat Yang Perlu Di Ketahui

Istirahat memang penting bagi tubuh. Ini merupakan salah satu khasiat yang kita rasakan dengan kembalinya kesegaran tubuh saat kita lelah beraktifitas seharian lewat tidur malam. Tidur merupakan sebuah kebutuhan harfiah bagi seseorang. Karena saat tidur itulah seseorang dapat mengistirahatkan tubuhnya daripada berbagai beban aktifitas yang telah di lakukan seharian.

Istirahat yang cukup bakal memberikan waktu pada organ tubuh. Seperti fungsi otak yang terus berfikir sampai lebih dari 15 jam, otot anggota gerak yang telah bergerak beratus kali untuk berhenti bekerja sejenak.

Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang di jalani. Dewasa muda sering mengalami kesulitan tidur hingga larut malam, terbangun di pagi buta sehingga mengalami jam tidur yang tidak beraturan. National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia dewasa muda sekitar 18-25 tahun membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Tidur malam yang berlangsung dengan rerata 7 jam terdiri dari 2 macam kondisi yaitu REM dan NREM yang bergantian selama 4-6 kali, tidur NREM yang kurang cukup, akan mengakibatkan
keesokan harinya keadaan fisik menjadikan anda kurang gesit.

Untuk di ketahui bahwa pada kondisi biologis tidur malam terdapat hormon-hormon yang tidak bisa optimal di hasilkan pada tidur siang. Kondisi di siang hari adalah waktu lingkungan sekitar beraktifitas yang tentu saja tidak setenang dan senyaman tidur malam. Hal ini di karenakan tidur siang ini sangat mungkin terganggu, salah satunya oleh suara bising di sekitar kita. Selain itu regenerasi sel terjadi saat beristirahat malam yang tidak bisa digantikan saat tidur siang.

Inilah Manfaatnya

Walau sesibuk apapun aktifitas yang sedang kita jalani, jangan lupakan istirahat yang cukup ini dengan tidur malam. Bicara soal tidur malam, memang dalam tahap fase pertumbuhan manusia, kebutuhan terhadap istirahat yang cukup ini berbeda-beda. Terlepas dari hal itu,istirahat memiliki keutamaan yang kurang lebih sama untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaatnya?

  • Menjaga Daya Tubuh Kita
    Sistem imun tubuh merupakan unsur kekebalan tubuh yang menghadang penyerangan virus pada tubuh. Pada waktu tidur alam akan dihasilkan hormon meletonin sebagai antioksidan yang mampu menangkal bibit penyakit dan radikal bebas. Melatonin akan optimal diproduksi tubuh saat gelap. Hal ini sangat di sarankan untuk mematikan lampu saat tidur agar produksi hormonnya meningkat.
  • Waktu Yang Tepat Untuk Membuang Racun
    Ada kemungkinan racun bisa terbawa masuk ke dalam makanan yang kita konsumsi. Saat tidur merupakan waktu yang sangat tepat dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membuang racun. Proses pengeluaran racun ini terjadi pada waktu tidur malam pada waktu-waktu tertentu, sehingga jangan kacaukan waktu biologis tidur anda agar proses toksin ini tidak terganggu.
  • Melancarkan Pencernaan
    Saat kita tidur organ pencernaan akan maksimal bekerja, terlebih lagi organ lambung. Lambung akan menguras isi lambung karena gerak peristaltik dan getah pencernaan yang meningkat. sebaiknya anda tidak makan menjelang tidur. Secara alami asam lambung meningkat saat tidur. Jika lambung penuh makanan maka asam lambung akan semakin banyak dan mengakibatkan sakit maag. Untuk menghindarinya, tidurlah dua jam setelah makan.
  • Dapat Mengoptimalkan Kemampuan Otak
    Daya konsentrasi dan kemampuan yang meningkat merupakan salah satu manfaat istirahat yang cukup. Ini ada pengaruhnya terhadap hormon kecerdasan otak yaitu noradrenalin dan serotonin. Ketika dua hormon ini menurun, maka konsentrasi anda juga akan menurun. Kedua hormon ini dapat di pulihkan kembali dengan tidur, Jika tidur anda terganggu malah hanya akan memperburuk kemampuan otak.

Selain Itu, Masih Ada Manfaat Lainnya Yaitu :

  • Menghilangkan kantung mata hitam
    Dengan istirahat yang cukup kita dapat menghilangkan kantung mata hitam dan mencegah timbulnya kantung mata yang mungkin dapat semakin besar. Tentunya kantung mata hitam dapat mengganggu anda kan? Maka dari itu di perlukan istirahat yang cukup untuk menghilangkan kantong mata hitam tersebut.
  • Membuat Tubuh Menjadi Fresh
    Semakin anda cerdas dalam membagai waktu istirahat anda maka anda akan merasa segar kembali. hal ini penting karena bermanfaat atas kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan nantinya. Nah dalam keadaan fresh juga otak kita akan semakin jernih, sehingga dapat berfikir dengan optimal atas apa yang akan kita kerjakan.
  • Tubuh Menjadi Semakin Sehat
    Ini cukup wajar karena ini termasuk merawatan tubuh, oleh karena itu istarahat yang cukup merupakan sarana bagi kita untuk merawat tubuh kita, jangan sampai waktu istarahat di kurangi pada sebuah hal yang tidak bermanfaat ya.
  • Tidak Mudah Lelah
    Istirahat merupakan hal yang cukup penting ketika anda bekerja di perusahaan atau sedang bersekolah. Tidur yang baik dan normalnya adalah 6 – 8 jam dalam sehari. Oleh karena itu, jika kurang dari jam tidur tersebut akan berefek buruk pada tubuh anda sekaligus berimbas pada aktifitas anda yang mudah lelah, karena orang yang kurang beristirahat tekanan darahnya akan semkain tinggi. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga waktu istirahat anda terutama di waktu malam.

Ada Lagi Manfaat Istirahat, Yaitu :

  • Peningkatan fokus
    Para peneliti telah memeriksa hubungan antara tidur dan kemampuan untuk mempertahankan perhatian terhadap detail. Hasilnya, mereka menemukan kurang tidur dapat mengganggu perhatian yang berkelanjutan. Yang terpenting, ketidakmampuan untuk mempertahankan fokus ini juga dapat mempersulit untuk merespons perubahan di lingkungan. Ini dapat berimbas pada segala hal, mulai dari kinerja yang lebih buruk di tempat kerja hingga risiko kecelakaan mobil yang lebih tinggi.
  • Memiliki Wajah Yang Cerah
    Wajah yang berseri – seri atau cerah adalah hal yang akan terlihat ketika kita dapat melakukan istirahat yang cukup, oleh karena itu, wajah seseroang yang lusu, dapat di indikatorkan sebagai kurang tidur atau kurang istirahat, selain itu jika anda sangat ingin terlihat berseri-seri ketika beraktifitas jangan lupa pada waktu istirahat anda.
  • Meningkatkan memori
    Selama tidur, itu dapat memperkuat daya ingat atau keterampilan yang dipelajari saat Anda terjaga. Hal ini merupakan proses yang disebut konsolidasi. Jadi, untuk meningkatkan daya ingat atau memori, tidurlah yang cukup.
  • Berat badan sehat
    Jika Anda sedang menjalankan diet menurunkan berat badan, mungin perlu juga merencanakan tidur lebih awal. Para peneliti di University of Chicago menemukan, diet yang baik dengan istirahat cukup menghilangkan lebih banyak lemak. Selain itu, seseorang juga akan merasa lebih lapar ketika kurang beristirahat atau tidur.
  • Tidak Mengantuk
    Banyak orang yang mengalami ngantuk saat melakukan aktifitas, terutama anak sekolah atau yang sudah bekerja. jangan sampai karena mengantuk dapat membuat anda dalam masalah. Salah satu hal yang sering terjadi yaitu di pecat atau terkena marah guru karena mereka mengantuk bahkan tidur di kelas. Untuk itu penting sekali untuk beristirahat dengan cukup supaya tidak terjadi hal yang seperti ini.

Penutup

Itu merupakan beberapa manfaat istirahat yang cukup. Sebenarnya manfaat lain dari istirahat yang cukup itu banyak. Secara medis ternyata, istirahat yang cukup memang dapat membantu dalam metabolisme tubuh serta terhindar dari penyakit jantung. Untuk itu cobalah atur waktu yang baik untuk beristirahat terutama saat belajar bagi yang masih bersekolah. Sekian terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber :

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *