Polyurea: Kandidat Material Pelapis Terbaik di Masa Depan

Dari dulu hingga saat ini, material menjadi suatu hal yang menarik untuk dibicarakan. Bagaimana tidak, di era super canggih saat ini banyak ditemukan jenis material baru hasil dari modifikasi dan proses sintetis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yang tersedia.

Material sendiri merupakan suatu komponen partikel yang mampu membentuk suatu bahan/benda yang memiliki sifat dan struktur yang homogen contohnya seperti polyurea.

blank
Gambar 1: Aplikasi Polyurea sebagai Pelapis Suatu Benda (Sumber: Isomat.eu)

Polyurea termasuk material jenis polimer sintetik yang dihasilkan dari reaksi antara isosianat dengan resin melalui proses polimerisasi. Ada juga yang mengatakan polyurea terbentuk dari reaksi antara diamina dan diisosianat yang membentuk ikatan urea, sehingga dinamakan polyurea.

blank
Gambar 2: Reaksi Pembentukan Polyurethena dan Polyurea (Sumber: m.id.aonuogroup.com)

Polyurea banyak digunakan dalam protective coating sebagai pelapis atau proteksi besi/beton.

Pelapis digunakan untuk menambah nilai estetika, melindungi material dari korosi, panas, aus (susut karena tergores), hingga menambah umur layak material tersebut. Pemakaian coating sudah menjadi hal yang umum. Dan salah satu bahan coating yang diklaim sebagai bahan pelapis terbaik adalah polyurea.

blank
Gambar 3: Gambar Molekul Penyusun Polyurea (Sumber: Tecnopolgroup.com)

Polyurea memiliki struktur dan sifat molekul yang tidak peka terhadap kelembaban, menjadikan polyurea sebagai waterproof terbaik. Bentuk pengaplikasian polyurea dapat dilakukan dengan metode spray atau penyemprotan.

Pemakaian polyurea tidak hanya sebagai pelapis saja melainkan dapat juga memberikan pengaruh terhadap kekuatan bahan/benda yang dilapisi. Seperti halnya jika Anda melapisi atau menyemprotkan polyurea pada suatu bahan /benda yang tidak keras atau benda yang mudah hancur ketika dibanting atau dipukul, maka dipastikan benda tersebut tidak akan hancur atau rusak. Justru akan lebih kuat terhadap bantingan. Jika tidak percaya, maka Anda dapat mencobanya sendiri!

Juga pelapisan polyurea mulai dikembangkan pada sektor infrastruktur gedung/bangunan agar dapat menambah kekuatan gedung/bangunan tersebut dan tidak mudah runtuh sehingga tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Beberapa keunggulan lain dari pemakaian polyurea ini diantaranya meningkatkan kekuatan/ketahanan suatu benda, tidak sensitif terhadap suhu dan kelembaban (dapat disemprotkan di permukaan es sekalipun), tahan terhadap guncangan termal jangka pendek, ramah lingkungan (tidak menimbulkan polusi), adhesi yang sangat baik (dapat digunakan di berbagai bahan/benda), tidak mudah menguap, anti-karat, tahan air, dapat disemprotkan pada berbagai permukaan benda (melengkung, miring, datar, dan lainnya), tahan abrasi, dan yang paling penting dapat memperindah tampilan benda yang dilapisi.

Dengan demikian, material jenis polimer (polyurea) ini berpotensi dapat menjadi bahan pilihan masa depan dalam hal pemeliharaan benda yang menjadi kebutuhan manusia seperti di bidang infrastruktur.

Referensi:

  • Putra, J.A, et al. 2016. Analisis Kemampuan Proses Pelapisan Polyurea Pada Acrylic Dengan Ketebalan Tertentu Terhadap Sifat Mekanik. POROS, 14(2), 131-138.
  • Admin, P. 2019. Protective Coating dengan Polyurea. Bekasi Timur: PT. Niaga Artha Chemcons. Diakses pada tanggal 11 September 2021. https://ptnac.com/protective-coating-dengan-polyurea/.
  • Aonuo. 2017. Apa itu Polyurea Spray?. Shandong: Shandong Aonuo Energy Technologi Co., Ltd. Diakses pada tanggal 11 September 2021. http://m.id.aonuogroup.com/news/what-is-polyurea-spray-8097033.html.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Siti Rahmawati
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *