Hasil Riset – Kucing adalah Hewan yang Paling Malas Cari Makanan

Kucing menjadi hewan peliharaan favorit saat ini, karena kucing memang sangat menggemaskan dan lucu. Bahkan satu orang pun kadang memelihara kucing lebih dari satu. Namun perlu teman-teman ketahui kucing mempunyai sebuah kebiasaan unik yang jarang perihal makanan.

Sebuah studi baru menunjukan “contrafreeloading” jarang terjadi pada kucing domestik. Ketika memberi mereka pilihan antara makan gratis dan melakukan tugas untuk makan, kucing akan lebih memilih makanan yang tidak membutuhkan banyak usaha. Meskipun hal itu mungkin tidak mengejutkan bagi sebagian pecinta kucing. Sebagian besar hewan lebih suka bekerja untuk makanan mereka – perilaku yang disebut contrafreeloading.

Contrafreeloading  adalah perilaku yang terlihat pada sebagian besar hewan bahwa ketika seekor hewan ditawari pilihan antara makanan gratis atau makanan identik yang membutuhkan usaha, hewan tersebut lebih memilih makanan yang membutuhkan usaha. Hewan cenderung lebih suka ‘bekerja’ untuk makanan mereka dan sering memilih makanan yang membutuhkan usaha tertentu. Fenomena ini disebut contrafreeloading. Meskipun contrafreeloading (yang berarti menentang pemberian makanan gratis) bukanlah konsep baru, hal ini tidak terlalu dikenal dan dipraktikkan dalam perawatan hewan penangkaran.

Studi Contrafreeloading pada Kucing

Sebuah studi dari para peneliti di University of California, Davis, School of Veterinary Medicine menunjukkan sebagian besar kucing domestik memilih untuk tidak melakukan contrafreeload. Studi ini menemukan bahwa kucing lebih suka makan dari nampan makanan yang mudah mereka dapat daripada mengerjakan teka-teki sederhana untuk mendapatkan makanan mereka.

Dalam studi tersebut, Delgado, bersama dengan rekan penulis Melissa Bain dan Brandon Han dari UC Davis School of Veterinary Medicine, memberikan 17 kucing teka-teki makanan dan nampan makanan. Teka-teki memungkinkan kucing untuk dengan mudah melihat makanan tetapi membutuhkan beberapa manipulasi untuk mengambil makanan yang teradapat pada nampan.

“Bukannya kucing tidak pernah menggunakan puzzle makanan, tetapi kucing memakan lebih banyak makanan dari nampan, menghabiskan lebih banyak waktu di nampan dan membuat lebih banyak pilihan pertama untuk mendekati dan makan dari nampan daripada puzzle” kata Delgado.

Kucing yang menjadi bagian dari penelitian ini mengenakan monitor aktivitas. Studi ini menemukan bahwa bahkan kucing yang lebih aktif masih memilih makanan yang tersedia secara bebas. Mengapa kucing lebih suka freeload juga tidak jelas. Delgado mengatakan teka-teki makanan yang digunakan dalam penelitian ini mungkin tidak merangsang perilaku berburu alami mereka, yang biasanya melibatkan penyergapan mangsanya.

Referensi

  • Cats prefer to get free meals rather than work for them: Study finds ‘contrafreeloading’ rare in domestic cats. (n.d.). ScienceDaily. Retrieved August 29, 2021, from https://www.sciencedaily.com/releases/2021/08/210813100338.htm
  • O’Neill, M. (2021, August 28). Most Animals Like To Work for Their Food, but Cats Prefer Free Meals. SciTechDaily. https://scitechdaily.com/most-animals-like-to-work-for-their-food-but-cats-prefer-free-meals/
  • T. (2021, April 23). The Contrafreeloading Concept – What Does It Mean. ZOOSnippets. https://zoosnippets.com/post/the-contrafreeloading-concept-what-does-it-mean

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *