Mengenal Kuda Laut: Hewan Paling Setia

Kuda Laut adalah sejenis ikan yang terdapat di laut, termasuk dalam genus Hippocampus dan famili Syngnathidae. Kuda laut ukurannya beragam mulai dari 16 mm (biasanya tergolong kedalam spesies Hippocampus denise) hingga mencapai 35 cm yang biasanya dijumpai di daerah perairan yang tropis. Fakta sangat unik tentang kuda laut adalah kuda laut jantan adalah satu-satunya hewan jantan yang dapat hamil dan melahirkan.  

Kuda laut memakan zooplankton dan binatang-binatang kecil seperti udang, ikan-ikan kecil, larva tiram, dan sebagainya yang hidup diantara rumput laut, lamun, dan karang. Ia memakan segala jenis hewan kecil yang berenang sesuai bukaan mulutnya.

Kuda laut berwarna transparan sebagian. Sirip dorsal pada kuda laut terletak pada bagian bawah sedangkan sirip pektoralnya terletak pada bagian kepala, di dekat insang. Berikut adalah fakta menarik lainnya tentang kuda laut:

  • Cara berenang berbeda dengan ikan

Meskipun termasuk dalam jenis ikan, cara berenang kuda laut berbeda dengan cara berenang ikan.

  • Kuda laut dapat melihat 2 benda pada waktu yang bersamaan

Mata kuda laut sangat unik. Ia bisa melihat dua buah benda yang berbeda pada waktu yang bersamaan.

  • Tubuh kuda laut berwarna-warni

Tubuh kuda laut itu berwarna-warni, ada yang merah, kuning, hijau, dan hitam dan bisa berubah sesuai dengan keadaan sinar matahari yang menyinari tubuhnya, dan keadaan tubuhnya sendiri.

  • Kulit luar kuda laut yang tidak bisa hancur

Kuda laut memiliki kulit pelindung seperti baju zirah, yang tersusun atas tulang, yang berguna untuk melindungi tubuh mereka dari segala jenis bahaya.

  • Kuda laut bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit

Selama berabad-abad Kuda Laut digunakan orang China untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mereka mempercayai jika Kuda Laut bisa menyembuhkan penyakit kulit, peradangan, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, sistem peredaran darah, penyakit saraf, gangguan fungsi otak, hati dan ginjal.

  • Kuda laut satu-satunya spesies yang jantannya dapat hamil

Hal yang paling unik dari kuda laut adalah si jantan yang melahirkan anak-anaknya. Kuda laut jantan ini memiliki kantung perut yang besar dan pembuka seperti celah di bagian dasar perutnya. Kuda laut betina akan meletakkan telur-telurnya langsung ke dalam kantung perut itu dan kuda laut jantan membuahi telur saat dijatuhkan.

Proses kawin di mulai dengan Kuda Laut betina yang akan lebih dulu mentransfer telur-telurnya ke sebuah kantung khusus pada perut Kuda Laut jantan yang disebut sebagai kantung pengeraman (Brood Pouch). Jadi dalam hal ini, Kuda Laut betina telah bertelur sebelum ia kawin dengan pejantan, adapun telur-telur itu dihasilkan secara otomatis saat Kuda Laut betina telah mencapai kematangan seksualnya.

Kuda laut pasangan yang setia

Keunikan lainnya, kuda laut adalah pasangan yang setia. Kebanyakan spesies dari Kuda Laut dikenal merupakan pasangan sehidup semati. Mereka memiliki sifat monogami, artinya mereka hanya satu kali “kimpoi” atau “menikah” selama hidupnya. Mereka hanya akan kawin dengan pasangannya. Hal ini merupakan sesuatu yang jarang terjadi di dalam dunia ikan yakni hanya berhubungan seksual dengan satu pasangannya saja. Mereka berhubungan hampir sepanjang tahun, hidup bersama hingga keduanya mati. Hewan yang memiliki bentuk badan unik ini akan saling berbagi tugas antara jantan dan betina setelah melakukan perkawinan antara kuda laut jantan dan kuda laut betina. Tugasnya seperti ketika kuda laut sedang bertelur maka  kuda laut betina akan menempatkan seluruh telurnya di kantung telur kuda laut jantan untuk melakukan proses pembuahan sampai seluruh telurnya menetas. Hal ini menunjukkan bahwa kuda laut adalah hewan yang paling setia didunia.

DAFTAR PUSTAKA

.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *