MASA DEPAN TAK TERDUGA: Mulai dari Internet Hingga Tinggal di Mars

Alih-alih kehidupan manusia semakin kompleks. Semakin kompleksnya kehidupan kadang manusia suka berfikir diluar batas kemampuannya. Tapi dengan berfikir seperti itu […]

blank

Alih-alih kehidupan manusia semakin kompleks. Semakin kompleksnya kehidupan kadang manusia suka berfikir diluar batas kemampuannya. Tapi dengan berfikir seperti itu menjadikan manusia itu sendiri haus akan sesuatu. Ingin mencoba meraih sesuatu yang dia angan-angankan (diluar batasnya). Sesuatu hal baru yang sering kita temui dikehidupan tidak ada yang tidak berguna. Semua semakin ada gunanya jika kita bisa memikirnya lebih inti. Inilah yang membuat kita semua untuk terus berimajinasi, jikalau dalam kehidupan tidak berimajinasi atau tidak ada sama sekali, saya kira kurang afdhol bahkan rugi. Soal imajinasi itu bebas tidak ada yang melarang bahkan ilmuwan terdahulu bisa mencapai titik keberhasilan karena ada imajinasi yang bisa dibilang aneh. Dan sekarang aku sedang berimajinasi, memikirkan sesuatu yang sebetulnya gak perlu dipikirin tapi bagaimana kita bisa melakukannya, itu yang terpenting. Yaa, aku sedang memikirkan masa depan J. Tidak ada yang salah dong memikirkan satu hal ini. Bahkan kita diharuskan untuk mempersiapkannya dengan segenap kepercayaan diri kita.

Dengan segala kegelisahan dan kesederhanaan dalam menulis, saya harap kalian bisa mengambil beberapa hikmah dan manfaat yang positif. Despite tulisan ini tidak jauh, sekedar berbagi cerita dan pengalaman. Ditambah bumbu-bumbu penyedap (penguat). Jika terdapat perbedaan sudut pandang, itu wajar saja. Saya tidak mengharuskan kalian setuju/sependapat. Karena saya percaya bahwa setiap orang memiliki perbedaan. Tapi perbedaan itu semua yang membuat kita menjadi mawas diri.

Era dulu, sekarang dan masa depan adalah sebuah misteri yang mana orang tidak bias asal menebak. Bagi saya misteri itu menarik dan perlu untuk diceritakan dan dinikmati. Tapi itu tidak menjadikan kita hanya bercerita dan menikmati saja. Kita semua butuh hal baru dan perlu adanya menciptakan misteri di era mendatang. Adanya bahan belajar dahulu, kita dapat menginovasinya dengan mencocokkan keadaan sekarang. Dalam hal ini saya hanya mencoba beropini saja, apakah kita mampu membuat sebuah misteri?? Membuat misteri lebih layak dan dinikmati semua orang tidak hanya untuk diri sendiri. Waah menarik sekali kalau kita bisa membuatnya dan bisa berbagi kepada semua orang. Salah satu hal yang menarik bagi saya yang akan saya tulis disini adalah adanya masa depan. Masa depan yang juga menjadi misteri. Masa depan yang tidak bisa kita ketahui secara pasti. Mau seperti apa kita nantinya di masa depan?? Jadi seperti apa? Apa kita masih bertahan hidup? Jika masih bertahan hidup, kalian beruntung. Kalian bisa merasakan akan indahnya dunia (sesaat), tanpa merasa ragu lagi mengahadapi kenyataan. Keberuntungan saya sendiri bisa beropini panjang lebar ini, memutar-mutarkan kata demi kata, kalimat demi kalimat dan akhirnya menjadi sebuah cerita atau semacamnya. Tidak mudah memang menghadapi kehidupan yang serba berubah. Masa depan akan berubah jauh berbeda dengan masa sekarang apalagi masa dahulu.

Jika manusia merasa heran yang mengherankan adalah ucapan mereka sendiri. Ucapan yang bisa ditulis dan dilakukan, bisa membuat manusia heran. Kenapa begitu?? Herannya lagi yang diucapkan si manusia ini bisa terjadi. Ajaib.. Seperti halnya para pemikir dunia yang mengherankan masa depan. Di masa depan pekerjaan manusia akan digantikan robot, manusia akan semakin mudah berkomunikasi, negara-negara di dunia tidak ada lagi yang miskin. Ini semua bentuk keheranan mereka dan diprediksi bisa terjadi. Jadi apa yang membuat kalian heran akan masa depan?

Internet

Sejak beberapa tahun belakangan ini, kayaknya pengguna internet di Indonesia bahkan di seluruh dunia makin meningkat. Mungkin karena makin lama harga smartphone dan harga kuota internet makin terjangkau, aksesnya pun jadi makin mudah. Internet yang semakin luas di era digital ini menjadikan manusia paham akan sains dan teknologi. Penciptaan manusia yang semakin maju, dengan adanya internet membuat kita semakin mudah mencari sesuatu. Dari yang biasanya cuma punya TV atau buku sebagai sumber informasi, sekarang tinggal buka laptop/pc/hape, lalu cari informasi yang kita mau. Mahasiswa harus banget pinjam buku di perpus, sekarang tinggal bantuan wikipedia kita bisa dapat gelar sarjana. Hehe..

Pertanyaannya disini kenapa internet sangat berpengaruh besar bagi manusia? Gagal memahami internet, orang akan ketinggalan zaman, bahkan dianggap tidak akan maju. Sebuah hal yang mesti kita seriusi untuk masa depan, Internet.

Internet sebagai media baru yang kebanyakan orang memakainya sebagai teknologi komunikasi. Sudah kita rasakan manfaatnya sekarang banyak orang yang mengeluarkan dan mengekspresikan pendapatnya dimanapun dan kapanpun, walaupun pendapatnya bersifat pribadi sekalipun. Keterbukaan media pada awal abad ke-21  bersamaan dengan lahirnya Internet, menjadikan penciptaan teknologi tidak semakin kaku. Mudahnya akses internet juga banyak sekali permasalahan.  Ditengah perkembangan internet yang semakin meningkat ini, pemahaman yang kurang mendalam serta Gaptek (Gagap Teknologi) akan berujung pada problematika. Secara Internet tidak bisa langsung dipahami hanya dengan mendengar, melihatnya saja tapi juga ada praktik. Praktik tidak semua orang bisa, baiknya banyak berlatih.

Pada tahun 2050 jumlah penduduk dunia diperkirakan meningkat hingga 9 miliar jiwa yakni hampir 2 miliar lebih. Ini artinya umat manusia semakin mengalami perubahan yang besar dan pesat. Perubahan positif akan memiliki peran yang banyak bagi manusia itu sendiri. Kita sudah bisa merasakan perubahannya. Internet salah satunya, kini siapa sih yang tidak kenal dengan Dia (baca : internet). Jika menurut wikipedia.org Internet (portmanteau dari interconnected network) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet. Singkatnya internet menurut saya itu jejaringan yang bisa terhubung kemana saja dia digunakan, tanpa kenal waktu. Akses buat komunikasi, mencari tahu, dan segala macamnya. Melihat hal ini internet dimulai sejak tahun 1960-an dan berkembang pesat di Eropa dan Australia pada pertengahan hingga akhir tahun 1980-an dan ke Asia pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an. Internet ini dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Itulah sekilas tentang internet. Jadi kenapa disini saya membahas internet sebagai hal yang berdampak besar bagi masa depan umat manusia, karena internet merupakan perubahan awal dibentuk untuk memudahkan manusia itu sendiri dalam pekerjaannya, juga sistem global berupa jaringan yang saling terhubung. Sebagian besar media komunikasi tradisional sudah dilewatkan dengan yang namanya internet ini. Begitu berdampak besarnya internet sehingga sekarang ketika balita umur 2 tahun pun sudah dikenalkan dengan internet ini. Tentu ada sisi baik dan buruknya internet ini. Kalian pasti sudah sering mengetahuinya. Manusia itu bisa terjun kedua dampak internet, walaupun bisa dihindari sisi negatif nya tetap saja ada. Internet dari masa ke masa akan semakin update dan berkat umat manusia yang mencipatkan dan akal dari Sang Pencipta. Itulah yang menjadi hal dasar pada masa depan manusia. Cukup singkat dan mudah dipahamikan? Kenapa balita sekarang bisa sudah bermain internet. Betapa pentingnya peranan ilmu pengetahuan teknologi informasi terutama Internet ini telah membuat dunia semakin menjadi sangat sempit, seakan akan tanpa batas. Karena kemampuan internet sendiri yang tidak terbatas, terus ON selama 24 jam.

Energi Terbarukan

Tak ada habisnya manusia memperoleh pengetahuan. Pengetahuan yang up to date. Ini sama halnya dengan masa depan yang juga akan semakin update. Seiring berjalannya kehidupan, bumi kita juga akan semakin update tergantung tingkah laku manusia. Bumi yang akhir-akhir ini semakin memperlihatkan keadaannya, (tidak bisa menahan kepedihan). Manusia yang cenderung tidak bersikap sopan pada buminya. Bumi yang tidak ingin disakiti, dan berharap perawatan yang layak dari manusia juga ingin sesekali membantu manusia itu sendiri. Dalam hal ini energi yang manusia butuhkan, sebagian besar dari bumi kita.

Apakah energi yang kalian ketahui? Energi yang menjadi kebutuhan dasar hidup manusia. Energi yang menggerakkan roda perekonomian suatu bangsa. Semakin berkembang dari masa ke masa. Dan terus berguna bagi masa depan manusia.

Sumber energi baru yang ramah lingkungan serta dapat menggantikan ketergantungan pada energi fosil yang akan segera habis, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Mestinya sudah tidak harus digunakan/dikurangi sumber energi yang seperti itu. Sudah saatnya energi terbarukan secara terus menerus diaplikasikan sebagai bagian dalam menjaga ketahanan dan kemandirian energi. Seperti diketahui, sesuai PP No. 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, pemerintah menargetkan porsi penggunaan EBT di Indonesia dapat mencapai 23% di tahun 2025. Target tersebut merupakan respon atas disetujuinya Perjanjian Paris (Paris Agreement) untuk mengurangi emisi hingga 29% pada 2030 mendatang.

Inilah yang menjadi tantangan besar bagi Indonesia, dan seluruh dunia. Padahal, setiap negara memiliki potensi energi terbarukan yang bisa dibilang masih sangat tinggi. Tapi kenyataan yang baru kelihatan hanya beberapa persen saja.

Kita semua tahu, dalam beberapa waktu kemudian sumber energi tak terbarukan akan semakin menipis, menipis, dan habis. Oleh karena itu, manusia berlomba-lomba menemukan energi solusi dari itu, yakni energi terbarukan. Permintaan sumber energi sendiri tidak bisa kita ganggu gugat. Untuk memenuhi tantangan ini perlu adanya perubahan radikal dalam sistem energi global serta berbagai sumber energi baru. Upaya bersama yang besar dalam mewujudkan energi yang bersih adalah sebuah inovasi yang sering dibicarakan, dirancang, dan dikembangkan. Dukungan seluruh pihak sangat diperlukan, bahkan diri kita juga harus memulainya. Berbicara soal ini terkadang tidak ada habisnya, karena semakin dalam sumber energi akan ada hal-hal baru yang belum kita ketahui. Dan juga masih harus belajar, mencoba, dan mempraktikannya. Inilah alasan mengapa sumber energi sangat penting bagi umat manusia di masa depan.

Penjelajahan Ruang Angkasa  

Perjalanan luar angkasa adalah hal yang paling menarik untuk dibicarakan. Dari kita masih duduk di bangku kanak-kanak (PAUD) sudah diajarkan tentang luar angkasa, bukan??  Itulah mengapa perjalanan luar angkasa sangat berpengaruh juga dimasa depan. Walaupun kadang orang awam masih banyak yang tidak percaya, ya karena mereka belum mengerti betul ilmu yang digunakan. Para ahli astronot dari dulu selalu dibuat resah oleh adanya tempat baru yang dapat dihuni oleh manusia, selain bumi ini. Bagaimana kita menemukan cara untuk bisa berpindah ke planet Mars atau planet lain untuk tinggal dan menetap disana, seperti yang didesakkan oleh Stephen Hawking agar kita mencari tahu. Banyak tokoh angkasawan yang sudah berhasil melampaui batas bumi, sakti bisa dikatakan. Perjalanan angkasa akan menjadi pengaruh besar saat ini hingga kedepannya. Akan ada hal baru dan kemudahan akses untuk kesana, termasuk semua orang. Mirip dengan halaman belakang rumah kita, kita bisa mudah pergi dan kembali lagi kedalam rumah (bumi) ke halaman belakang rumah (Planet lain). Secara logika itu seperti mimpi bukan???

Pemanfaatan ruang angkasa ternyata sebagai salah satu faktor penunjang ekonomi dalam suatu negara. Peningkatan yang cukup signifikan, kegiatan ruang angkasa ini harus sesuai dengan hukum internasional dan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dengan begitu, kegiatan ruang angkasa ini bisa dibilang agak sulit (bagi orang awam) bahkan dulu sempat tidak ada yang percaya. Lahirnya dunia ruang angkasa ini tantangan yang berat bagi kaum millenial (1980-2000 M). Semakin ketat pencarian, eksplorasi dan eksploitasi ruang angkasa menandakan ada teknologi baru yang harus diciptakan. Terutama satelit telekomunikasi (berhubungan langsung dengan Internet).

Sebenarnya, kapan sih pemanfaatan ruang angkasa dimulai? Pada 4 Oktober 1957, ruang angkasa mulai meluncurkan satelit artifisial pertama, milik Uni Soviet. Peluncuran itu bisa dibilang lompatan yang dahsyat bagi umat manusia dan keberhasilan Uni Soviet di Tengah perang dingin dengan Amerika Serikat. Sejak saat itu, banyak sekali bermunculan kegiatan manusia lainnya di runag angkasa. Dan itu menguntungkan secara ekonomis.

Suatu ketidaksangkaan bahwa kegiatan ruang angkasa bisa untuk wisata orang biasa (tidak hanya astronot). Seseorang hanya perlu membeli tiket untuk melakukan perjalanan pulang-pergi ke ruang angkasa. Jadi tidak perlu susah payah menjadi astronot kalau pengen ke ruang angkasa. Berawal dari sekedar film yang memajang nuansa ruang angkasa, kini semua orang punya kesempatan untuk ikut langsung merasakan ruang angkasa yang sejak pertama kali kemunculannya dikuasai oleh perusahaan Space Adventures yang bekerja sama dengan The Russian Federal Space Agency dengan menggunakan pesawat Soyuz menuju International Space Station.

Kegiatan wisata ruang angkasa dapat dikatakan mulai populer sejak pertama kali meluncurkan seorang pebisnis Amerika Serikat bernama Dennis Tito yang membayar US $20 miliar untuk  merasakan sensasi ruang angkasa sebagai seorang wisatawan pada April 2001. Disamping itu, dengan semakin bertambahnya keinginan banyak orang untuk mendapatkan hiburan yang berbeda.  Kegiatan wisata ruang angkasa menjadi ajang yang tepat untuk mengeksplorasi jiwa petualang manusia. Apabila mendaki gunung tertinggi di dunia dan menyelam laut paling dalam telah tuntuas dijelajahi, tantangan berikutnya adalah penjelajahan ruang angkasa. Kegiatan tersebut jelas menjadi ajang pembuktian manusia sendiri demi mendapatkan sensasi yang luar biasa.

Sering sekali kala remaja saya bermimpi bisa terbang ke angkasa, sampai adanya pesawat dari kertas itu menunjukkan bahwa manusia bisa pergi sejauh itu dari bumi. Tidak ada yang tidak mungkin, kini mimpi itu menjadi kenyataan dengan adanya orang-orang hebat yang merealisasikan, missal orang-orang yang bekerja di NASA. Berbagai perjalanan ditempuh oleh ilmuwan sukses di masa sekarang. Kita sudah tidak bisa menduga lagi bagaimana masa depan dengan penjelajahan angkasa. Alih-alih kehidupan baru dengan canggihnya teknologi, menjadikan manusia semakin yakin akan hal diluar batasnya.  Sekilas dibalik itu semua tak luput dengan yang namanya belajar, berusaha, dan mencoba. Begitupun tentang masa depan manusia, seorang ahli dari masa lampau akan menjadi pengaruh besar bagi manusia masa kini, dan masa depan.

Bergerak untuk Masa Depan

Did you know? Meskipun masa depan sudah ada yang menghendaki yaitu Sang Pencipta. Kita sebagai manusia tidak boleh mengalir begitu saja. Bergerak untuk masa depan merupakan salah satu untuk mencapai sebuah perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam agama Islam sendiri ada ayat yang menyatakan bahwa tidak akan terjadi suatu perubahan apabila manusia itu sendiri tidak mengubahnya. Mengubah keadaan yang sulit menjadi lebih ringan, yang galau bisa diubah menjadi ceria. Kehidupan ini sudah banyak sekali peringatan untuk manusia agar bisa mengubah.

Percaya kekuatan diri dan orang lain untuk terus mengubah dan bergerak. Menghadapi siklus kehidupan yang rumit, tidak baik jika hanya berdiam. Karena seiring berjalannya waktu, dunia dan orang-orang didalamnya tidak ingin hidup dalam mode statis. Manusia yang diberi kepercayaan bisa bergerak mengubah masa depan tidak akan bisa tinggal diam. Mindset (pola pikir) dan behavior (cara hidup) manusia itu berbeda-beda.  Kecerdasan dan keilmuwan manusia pun berbeda-beda. Akan tetapi pergerakan menuju masa depan saya rasa tidak jauh berbeda, yaitu perubahan yang lebih baik, bisa merasakan indahnya luar angkasa. Perjalanan jauh sudah dilalui manusia. Saat ini sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0 dimana Artificial Intelligence dan Machine Learning sudah mulai diaplikasikan di seluruh dunia. Bahkan era Society 5.0 sudah mulai digerakkan. Bergerak untuk masa depan, sekali lagi. Jangan hanya diam, kebanyakan berpikir, tidak mencoba bergerak, ini akan menjadi suatu penyesalan jika dilakukan. Manusia masa lalu bisa menemukan sesuatu yang baru, apalagi manusia masa kini. Tinggal kita bisa mengembangkan temuan-temuan itu dengan terobosan dan jalan yang berbeda.  Kalau hanya diam kita akan ketinggalan. Persaingan diberbagai bidang, khususnya teknologi sudah menyasar ke level tinggi.

Kemajuan teknologi membuat orang semakin leluasa untuk bergerak. Semakin tak terbatas ruang gerak. Disisi lain orang juga ada yang banyak duduk tanpa bergerak. Ini yang menjadi masalah di masa depan. Terlalu banyak duduk (sitting disease) tanpa disadari ternyata banyak menimbulkan berbagai problem penyakit. Di Indonesia sendiri diperkirakan 26,1% penduduk menjalani pola hidup kurang gerak. Sebuah riset terbaru mengatakan, tubuh yang jarang bergerak ternyata bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas. Mengerikan bukan? So jadilah kaum penggerak untuk masa depan yang lebih unggul, sesekali bergerak. Sekedar keluar dari pintu kamar (minimal).

Beberapa hal yang telah kita ketahui bahwa suatu hal besar itu sebenarnya ada. Sekalipun hal yang aneh, yang orang anggap tidak mungkin terjadi. Ilmu pengetahuan bisa menjadi kunci kita menggapai sesuatu hal itu. Manusia yang berperan penting, diberi akal yang luar biasa oleh sang Pencipta seharusnya mampu bisa melakukan hal diluar batasnya. Karena sesuatu hal diluar batas kadang akan menjadi pedoman dimasa depan. Masa depan yang tidak mungkin hanya soal tebak-menebak. Tapi harus difikirkan matang-matang, dan belajar dari masa sebelumnya. Tentu tidak mudah bagi orang awam untuk mengubah masa depan. Dengan memiliki kemampuan, kemauan, dan ilmu pengetahuan orang biasa bisa jadi luar biasa.

Terkadang kita hanya tau beberapa masalah hanya dari satu sumber saja. Ini juga terkait masa depan manusia yang tidak bisa diatur oleh satu orang saja untuk menuju hal yang bermanfaat. Dibutuhkan kerjasama tentunya. Tidak ada hal besar datang begitu saja tanpa melibatkan orang banyak.

Adanya mimpi besar dari masa dahulu hingga sekarang merupakan langkah awal menuju hal besar itu. Ketika dihadapi hal baru itu manusia cenderung ada yang ragu, bahkan enggan melakukan. Inilah sebabnya kita belum siap menghadapi masa depan. Masa depan akan ada hal-hal yang sangat berpengaruh bagi umat manusia. Yang mana itu semua tidak bisa kita hindari. Manusia akan mencoba meraih mimpinya itu. Hal besar dijelaskan diatas ada internet, energi terbarukan, dan penjelajahan angkasa. Ketiganya merupakan sudah tidak menjadi hal baru lagi sekarang. Adanya temuan ketiganya itu, banyak perubahan yang akan terjadi dimasa depan. Perubahan demi perubahan. Gerakan demi gerakan. Tidak akan ada habisnya. Perintah untuk bergerak sudah biasa dilakukan. Bergerak untuk masa depan dari hal kecil mungkin bisa menjadi langkah awal kita. Dengan adanya kita bergerak kita semakin tau akan ada beberapa hal tantangan yang akan dihadapi. Sebuah tantangan tidak akan ada jika kita tidak berusaha untuk mencarinya.

Sumber :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *