Kemitraan MuniCat: Terobosan Katalis untuk Keberlanjutan di Industri Kimia

Pada tanggal 26 Oktober 2023, di Munich, Clariant, sebuah perusahaan kimia khusus yang berfokus pada keberlanjutan, dan Technical University of Munich (TUM) telah memperbaharui kemitraan strategis mereka dalam penelitian dan aplikasi sistem katalis baru. Kemitraan ini disebut MuniCat (Munich Catalysis).

blank

Pada tanggal 26 Oktober 2023, di Munich, Clariant, sebuah perusahaan kimia khusus yang berfokus pada keberlanjutan, dan Technical University of Munich (TUM) telah memperbaharui kemitraan strategis mereka dalam penelitian dan aplikasi sistem katalis baru. Kemitraan ini, yang disebut MuniCat (Munich Catalysis), telah menghasilkan formulasi katalis yang lebih baik dan teknologi proses inovatif sejak 2010, dengan fokus pada memecahkan tantangan di bidang kimia yang berkelanjutan.

Aliansi MuniCat menggabungkan pengetahuan dan kemampuan Clariant dalam kimia industri dengan sumber daya penelitian dan pendidikan TUM. Mereka telah berhasil menciptakan solusi untuk memproduksi bahan kimia dengan cara yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Kemitraan ini telah membawa banyak terobosan di bidang penelitian dan pengembangan katalis serta memberikan kontribusi positif bagi masa depan industri kimia. Dalam kolaborasi ini, Clariant menyediakan wawasan industri dan pengalaman aplikasi yang panjang, sementara TUM menyumbangkan pengetahuan akademik dan akses ke teknologi penelitian terkini.

Sejauh ini, kemitraan ini telah menyelesaikan lebih dari 30 proyek, yang telah menghasilkan formulasi katalis inovatif dan teknologi produksi yang dapat diterapkan secara komersial. Lebih dari 250 artikel ilmiah telah dipublikasikan, yang membahas kemajuan teknis yang telah dicapai dalam proyek-proyek tersebut.

Kolaborasi antara industri dan akademisi merupakan kunci untuk mencapai kemajuan yang signifikan dalam menghadapi tantangan keberlanjutan di industri kimia. Dia menekankan pentingnya berbagi pengetahuan dan menggabungkan pendekatan inovatif untuk mempercepat perubahan menuju keberlanjutan.

Kolaborasi antara Clariant, TUM, dan Linde telah menghasilkan teknologi katalitik yang inovatif untuk menghasilkan etilena dengan emisi CO2 yang rendah. Katalis ini adalah terobosan dalam meningkatkan selektivitas dan produktivitas dalam proses produksi etilena, yang merupakan langkah penting menuju pengurangan emisi karbon.

Referensi :

[1] https://www.clariant.com/en/Corporate/News/2023/10/Clariant-and-Technical-University-of-Munich-celebrate-renewal-of-sustainability-and-catalysis-allian diakses pada 12 Maret 2024

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *