Nugget Emas Terbesar Sepanjang Masa, Beratnya Setara dengan Seorang Pria Dewasa

Nugget emas terbesar di dunia ditemukan pada tanggal 5 Februari 1869, di Victoria, Australia. Nugget itu dijuluki "Welcome Stranger", memiliki berat 72 kilogram (158,7 lbs), dan panjangnya 61 sentimeter (24 inci).

blank

Mereka yang bermimpi menjadi kaya dengan cepat mungkin bersedia mencoba segala hal mulai dari necropants hingga Bitcoin, tetapi tidak seperti dunia investasi internet yang tidak pasti, emas terkenal karena nilainya tetap. Sayangnya, hanya karena Anda menemukan nugget emas terbesar dalam sejarah tidak berarti Anda akan sejahtera seumur hidup.

Nugget emas adalah sejenis gumpalan atau potongan kecil emas murni yang ditemukan di alam, biasanya di dalam tanah atau sungai. Mereka sering kali terbentuk secara alami melalui proses alamiah seperti erosi dan pengendapan, di mana partikel emas mengumpul bersama-sama membentuk gumpalan atau nugget. Nugget emas bisa bervariasi ukurannya, mulai dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Nugget emas seperti itu biasanya menjadi sumber kegembiraan bagi para penambang emas, karena nugget emas memiliki nilai ekonomis yang signifikan. Emas merupakan logam mulia yang sangat dihargai karena keunikan, ketahanannya terhadap korosi, dan kegunaannya dalam berbagai aplikasi, termasuk perhiasan, elektronik, dan keuangan.

Nugget emas terbesar di dunia ditemukan pada tanggal 5 Februari 1869, di Victoria, Australia. Dua penambang asal Cornwall bernama John Deason dan Richard Oats menemukan nugget tersebut saat melakukan penjelajahan. Nugget itu dijuluki “Welcome Stranger”, memiliki berat 72 kilogram (158,7 lbs), dan panjangnya 61 sentimeter (24 inci).

Kedua pria tersebut membawa nugget ke kota Dunolly untuk ditimbang di London Chartered Bank. Sayangnya, nugget tersebut begitu besar sehingga tidak muat di timbangan, sebagai gantinya, nugge terbesar tersebut dipecah sebelum bisa difoto. Replika dibuat dari gambar yang dilakukan pada saat itu. Kedua pria tersebut menerima sedikit di bawah £10.000, sementara nugget tersebut dipecah dan dilelehkan menjadi emas. BBC News memperkirakan nugget serupa jika ditemukan hari ini akan bernilai sekitar £2 juta.

blank
Replika Welcome Stranger didasarkan pada gambar-gambar dari masa itu.

Dalam berita nugget raksasa lainnya, Pepita Canaa menduduki posisi teratas sebagai nugget emas terbesar yang masih ada, survivor canggih ini memiliki berat 60 kilogram (134 pounds). Ini ditemukan oleh Julio de Deus Filho di Brasil pada tahun 1983. Nugget tersebut saat ini dipamerkan di “Ruangan Emas” Museu de Valores do Banco Central di Brasília.

Munculnya berbagai teknologi memainkan peran dalam beberapa penemuan emas besar dan tidak pernah lebih dari dengan “Hand of Faith”. Ditemukan pada tahun 1980 oleh Kevin Hillier, nugget besar ini memegang gelar sebagai potongan emas terbesar yang pernah ditemukan menggunakan detektor logam. Meskipun juga ditemukan di Australia, nugget luar biasa ini sekarang dipamerkan di sebuah kasino di Las Vegas setelah dijual dengan harga lebih dari $1 juta. Konon, nugget ini mengandung 875 troy ounce emas.

Troy ounce digunakan dalam penimbangan emas sebelum diperkenalkannya sistem metrik dan masih digunakan hingga hari ini untuk menimbang logam mulia dan permata oleh mereka yang berkecimpung dalam bisnis tersebut. Satu troy ounce sama dengan 31,1 gram. Ini berbeda dari sistem avoirdupois yang lebih umum di mana 1 ounce biasanya sama dengan 28,5 gram. Harga emas yang dijual hari ini mungkin diberikan dalam harga per ounce tetapi biasanya mengacu pada troy ounce.

Referensi :

[1] https://www.bbc.com/news/uk-england-cornwall-47041314 diakses pada 25 Februari 2024

[2] https://www.iflscience.com/largest-gold-nugget-ever-found-weighed-the-same-as-an-adult-man-72778 diakses pada 25 Februari 2024

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *