Pulau Null: Lokasi Tak Nyata yang Mendiami Peta Digital Dunia

Anda tidak akan pernah bisa pergi ke Pulau Null. Sebenarnya, kami ragu banyak orang yang benar-benar pernah ke sana.

blank

Anda tidak akan pernah bisa pergi ke Pulau Null. Namun, dalam konteks titik data geospasial digital, itu adalah tempat yang sudah didokumentasikan berulang kali.

Pulau Null merupakan nama yang diberikan kepada lokasi di nol derajat lintang dan nol derajat bujur. Dengan kata lain, perpotongan antara meridian utama Bumi dengan khatulistiwa. Ini merupakan titik di Teluk Guinea, bagian dari Samudra Atlantik tropis di lepas pantai barat Afrika.

Koordinat geografisnya adalah 0° Lintang Utara 0° Bujur Timur, sering kali dicatat sebagai titik geografis dari lokasi yang salah dimasukkan ke dalam peta digital.

Sebagaimana dijelaskan oleh Perpustakaan Kongres AS, kesalahan bisa terjadi karena beberapa alasan. Seringkali, itu hanya kesalahan ketik dari keseleo jari. Saat memasukkan lokasi suatu tempat ke dalam kumpulan data digital, kesalahan penulisan nama jalan atau nomor bangunan yang membingungkan bisa membuat alamat menjadi tidak valid dan mengakibatkan koordinatnya secara otomatis dicatat sebagai null, yang dicatat oleh komputer sebagai 0° Lintang Utara 0° Bujur Timur.

Dalam kebanyakan kesalahan atau entri yang tidak lengkap, titik data yang bermasalah akan ditetapkan ke koordinat 0° Lintang Utara 0° Bujur Timur.

Null Island telah menjadi cara sederhana untuk mengidentifikasi kode geografis yang bermasalah atau salah pada peta. Jika Anda ingin membersihkan kesalahan dalam database geografis, tempat yang baik untuk memulai adalah dengan mencari koordinat 0° Lintang Utara 0° Bujur Timur di mana Anda kemungkinan akan menemukan banyak entri yang penuh dengan bug.

Para analis data memperhatikan ciri unik ini dan mulai secara bercanda menyebutnya “Island Null,” menggunakannya sebagai cara untuk melacak kesalahan kode geografis.

Tidak jelas kapan julukan tersebut muncul, tetapi lokasi Pulau Null pertama kali muncul di Natural Earth, peta domain publik yang dikelola oleh ahli geografi sukarelawan, sebelum tahun 2011.

Null Island adalah pulau fiksi berukuran 1 meter persegi yang terletak di dekat Afrika di mana khatulistiwa dan meridian utama saling berpotongan. Karena berpusat di 0,0 (nol lintang, nol bujur) itu berguna untuk menandai kegagalan kode geografis yang diarahkan ke 0,0 oleh sebagian besar layanan pemetaan.

Tentu saja, Null Island bukanlah massa tanah yang sebenarnya. Namun, jika Anda benar-benar berlayar ke Teluk Guinea menuju perpotongan antara meridian utama dunia dan khatulistiwa, Anda akan menemukan sebuah boya besar.

Dikenal sebagai Stasiun 13010 – Soul, boya pemantau cuaca merupakan bagian dari sistem PIRATA (Prediction and Research Moored Array in the Atlantic) yang mengawasi Samudra Atlantik tropis. Bersama dengan 16 boya lainnya, stasiun cuaca apung ini mengukur hal-hal seperti kecepatan angin, suhu udara, dan kelembaban untuk membantu informasi ramalan cuaca dan model iklim.

blank
Foto oleh National Data Buoy Center, Administrasi Oseanik dan Atmosfer Nasional, menunjukkan boya ATLAS dari program PIRATA, serupa dengan yang ada di lokasi “Pulau Null”.

Di dunia nyata, Pulau Null hanyalah sebuah boya yang mengapung di Atlantik. Namun, di dunia virtual, itu adalah titik hipotetis di mana titik data yang tersesat bersembunyi.

Referensi :

[1] https://www.iflscience.com/null-island-the-unreal-location-that-inhabits-the-worlds-digital-maps-72879 diakses pada 25 Februari 2024

[2] https://blogs.loc.gov/maps/2016/04/the-geographical-oddity-of-null-island/ diakses pada 25 Februari 2024

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *