Panduan Praktis untuk Belajar Web Programming Secara Otodidak

Sebelum kamu memulai belajar web programming secara mandiri, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Hal ini termasuk memilih […]

HTML, CSS, JS, PHP dan MySQL

Sebelum kamu memulai belajar web programming secara mandiri, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Hal ini termasuk memilih bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari, mempersiapkan lingkungan pengembangan (development environment) yang sesuai, serta menyediakan waktu dan kesabaran yang cukup untuk mempelajari konsep dan teknik pemrograman yang mendasar. Dengan melakukan persiapan yang tepat, maka kamu dapat lebih mudah dan efektif dalam belajar web programming secara otodidak.

.

1.Menata niat

Memiliki niat yang kuat sangatlah penting ketika belajar web programming secara mandiri. Tanpa motivasi yang baik, kemungkinan besar kita hanya akan terjebak mencari tutorial yang tidak jelas dan membuang-buang waktu. Oleh karena itu, niat yang baik dalam belajar web programming haruslah berasal dari hati nurani masing-masing, dan didorong oleh keinginan pribadi yang kuat, bukan karena desakan dari orang lain atau sekadar untuk gengsi semata. Dengan memiliki niat yang kuat, kita akan lebih mudah bertahan dan terus berkembang dalam proses belajar web programming.

Penting untuk terus memupuk semangat dan motivasi ketika belajar web programming secara mandiri. Jangan mudah tergoda oleh bujuk rayu materi atau faktor lain yang bisa mengurangi semangat dan motivasi kita. Hal ini akan membantu kita tetap fokus pada tujuan belajar dan terus berusaha mengembangkan kemampuan dalam web programming.

.

2.Kebutuhan Hardware dan pendukungnya

Modal utama dalam mempelajari web programming adalah perangkat keras, di mana yang dibutuhkan adalah sebuah laptop atau PC dengan spesifikasi standar yang dapat digunakan seadanya dirumah.

Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak memerlukan perangkat yang terlalu canggih atau mahal untuk memulai belajar web programming.

Dengan menggunakan perangkat yang sederhana, kita tetap dapat memulai proses belajar dan mengembangkan kemampuan dalam web programming.

Selain perangkat keras, kebutuhan penting lainnya dalam mempelajari web programming adalah koneksi internet. Kita bisa menggunakan kuota kartu atau berlangganan internet untuk memenuhi kebutuhan ini. Namun, saat ini hampir semua orang sudah memiliki akses internet, sehingga jarang sekali ada yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan ini. Hal ini memudahkan kita dalam mengakses berbagai sumber belajar online dan berinteraksi dengan komunitas programmer yang lebih luas.

.

3.Perangkat Lunak atau Software pendukung

Disarankan untuk mengunduh aplikasi gratis yang tersedia di bawah ini, karena jika menggunakan aplikasi berbayar kemungkinan besar akan kalian akan protes dan gak jadi ngoding dah.

 Browser (chrome, mozilla, dll) satu saja cukup. Saya suka google chrome. https://www.google.com/chrome/
 Text editor, pspad (minimalis), sublime (ringan), visual studio code / vs code (medium), atau apa saja yang cocok menurut kalian. Kalau saya prefer Sublime Text untuk memulai belajar coding. https://www.sublimetext.com/3 pilih yang biasa bukan yang portable.
 Web server (xampp, wampp, app server, dll). Saya sendiri lebih suka xampp dengan php versi 7.2 ke atas. https://www.apachefriends.org/download.html

.

4.Perangkat Lunak atau Software pendukung

Jalankan xampp-control di C:\xampp\xampp-control.exe, start apache, start MySQL. jika ada notif dari windows di klik OKE saja semuanya.

Buka browser, kemudian ketikkan localhost lalu enter. Kalau tidak error harusnya sudah muncul halaman xampp. Tenang, ini ga perlu koneksi internet ya temen-temen.

Graphical user interface, text, application, email Description automatically generated

Nah selesai, untuk kali ini cukup sampai disini untuk memulai menyiapkan tools yang diperlukan untuk melakukan proses coding mengcoding. Tunggu kelanjutan materinya di artikel selanjutnya ya.

.

Referensi

BinarAcademy, https://www.binaracademy.com/blog/cara-belajar-coding-yang-efektif-untuk-pemula Diakses pada 16 Maret, 2023.

BadoyStudio, https://badoystudio.com/belajar-coding-untuk-pemula/ Diakses pada 16 Maret, 2023.

Niagahoster, https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar-coding/ Diakses pada 16 Maret, 2023.

.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *