Dasar-dasar Ekonomi Mikro untuk Siswa SMA

Materi ekonomi mikro sangat penting bagi siapa saja yang ingin memahami bagaimana individu dan perusahaan mengambil keputusan dalam situasi ekonomi […]

Microeconomics

Materi ekonomi mikro sangat penting bagi siapa saja yang ingin memahami bagaimana individu dan perusahaan mengambil keputusan dalam situasi ekonomi yang terbatas. Ekonomi mikro mempelajari perilaku ekonomi pada tingkat individu, bukan pada tingkat negara atau masyarakat secara keseluruhan.

Materi ini akan memberikan penjelasan tentang prinsip-prinsip dasar ekonomi mikro, seperti permintaan dan penawaran.

Permintaan dan penawaran mengacu pada konsep fundamental dalam ekonomi mikro yang menjelaskan tentang bagaimana harga dan jumlah barang atau jasa yang diproduksi dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran dari konsumen dan produsen.

Kamu juga akan mempelajari tentang elastisitas, yang merupakan konsep ekonomi mikro yang menjelaskan tentang sensitivitas konsumen terhadap perubahan harga dan kuantitas barang atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang keuntungan dan biaya produksi.

Konsep keuntungan dan biaya produksi ini sangat penting karena dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan terkait dengan produksi dan harga barang atau jasa yang ditawarkan. Kamu juga akan belajar tentang pasar persaingan sempurna, yang merupakan konsep yang menjelaskan tentang pasar yang memiliki banyak penjual dan pembeli, sehingga harga ditentukan oleh kekuatan pasar.

Contoh soal materi Ekonomi Mikro

1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan kurva permintaan dan kurva penawaran.
2.Jika harga suatu barang naik, apa yang terjadi dengan jumlah barang yang diminta?
3.Bagaimana perusahaan menentukan tingkat produksi yang optimal?
4.Jika biaya produksi suatu barang naik, apa yang terjadi dengan harga barang tersebut?
5.Apa yang dimaksud dengan elastisitas harga permintaan? Bagaimana cara menghitungnya?

Jawaban

1.Kurva permintaan adalah grafik yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang atau jasa dengan jumlah yang diminta oleh konsumen. Kurva penawaran adalah grafik yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang atau jasa dengan jumlah yang ditawarkan oleh produsen.
2.Jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta cenderung turun karena konsumen cenderung beralih ke barang yang lebih murah atau mengurangi penggunaan barang tersebut.
3.Perusahaan menentukan tingkat produksi yang optimal dengan membandingkan biaya produksi dan pendapatan dari penjualan barang. Tingkat produksi yang optimal adalah saat pendapatan sama dengan biaya produksi total.
4.Jika biaya produksi suatu barang naik, maka harga barang tersebut cenderung naik karena produsen akan menaikkan harga barang untuk menutupi biaya produksi yang lebih tinggi.
5.Elastisitas harga permintaan adalah ukuran sensitivitas jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga. Elastisitas harga permintaan dihitung dengan membagi persentase perubahan jumlah barang yang diminta dengan persentase perubahan harga barang tersebut. Jika elastisitas harga permintaan lebih dari 1, maka permintaan bersifat elastis (sensitif terhadap perubahan harga), sedangkan jika elastisitas harga permintaan kurang dari 1, maka permintaan bersifat inelastis (tidak sensitif terhadap perubahan harga).

.

Kesimpulan

Terakhir, pasar persaingan sempurna menjadi contoh paling sederhana dari interaksi antara permintaan dan penawaran, dimana harga dan kuantitas terbentuk secara optimal. Dalam menganalisis keputusan ekonomi, penggunaan grafik dan rumus matematika sederhana seperti persamaan permintaan dan penawaran, elastisitas, serta keuntungan dan biaya produksi sangat membantu dalam memahami konsep-konsep tersebut.

.

Referensi

Gramedia, https://www.gramedia.com/literasi/ekonomi-mikro/ Diakses pada 16 Maret, 2023.

Ubpress, https://ubpress.ub.ac.id/?p=1801&lang=en Diakses pada 16 Maret, 2023.

Wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_mikro Diakses pada 16 Maret, 2023.

Yuk Gabung di Komunitas Warung Sains Teknologi!

Ingin terus meningkatkan wawasan Anda terkait perkembangan dunia Sains dan Teknologi? Gabung dengan saluran WhatsApp Warung Sains Teknologi!

Yuk Gabung!

Di saluran tersebut, Anda akan mendapatkan update terkini Sains dan Teknologi, webinar bermanfaat terkait Sains dan Teknologi, dan berbagai informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Scroll to Top