Bosan dengan Nilai Jelek dalam Ujian? Coba Terapkan Beberapa Metode Belajar Efektif Berikut

Dengan berkembangnya Sains dan Teknologi, metode belajar juga berkembang. Jika sebelumnya metode belajar yang kamu lakukan adalah membaca, latihan soal, […]

blank

Dengan berkembangnya Sains dan Teknologi, metode belajar juga berkembang. Jika sebelumnya metode belajar yang kamu lakukan adalah membaca, latihan soal, dan menulis catatan, itu adalah bentuk metode belajar yang konvensional. Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa metode belajar yang efektif, diharapkan metode-metode belajar berikut bisa mendongkrak pemahamanmu akan suatu materi. Bonusnya syukur-syukur bisa mendongkrak nilaimu juga, tapi ingat, itu bonus ya. Pemahaman adalah yang paling penting, jauh di atas sebuah nilai.

1. Metode Feynman

Metode belajar Feynman Technique adalah teknik belajar yang ditemukan oleh fisikawan terkenal, Richard Feynman. Teknik ini mengharuskan seseorang untuk memahami konsep dan ide dengan lebih baik dengan cara menjelaskan konsep tersebut kepada orang lain dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami.

Langkah-langkah metode belajar Feynman Technique adalah sebagai berikut:

  1. Pilih konsep atau topik yang ingin dipelajari.
  2. Pelajari konsep tersebut secara menyeluruh.
  3. Jelaskan konsep tersebut dengan bahasa sederhana dan jelas seperti Anda sedang mengajarkan orang yang sama sekali tidak memiliki latar belakang pengetahuan tentang topik tersebut, contohnya menjelaskan ke adik kamu, nenek kamu, atau teman kamu yang masih belum paham.
  4. Jika terdapat bagian dari konsep yang tidak dapat Anda jelaskan, ulangi langkah 2 sampai Anda benar-benar memahami konsep tersebut.
  5. Ulangi langkah 3 sampai 4 sampai Anda dapat menjelaskan konsep tersebut dengan mudah dan jelas.

Dengan menggunakan metode belajar Feynman Technique, kamu akan dapat memahami konsep yang sulit dengan lebih baik dan dapat menguasai topik yang kamu pelajari dengan lebih cepat.

2. Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review)

Metode belajar SQ3R adalah teknik membaca yang membantu seseorang memahami dan mengingat materi yang dibaca secara lebih efektif. SQ3R singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, dan Review.

Berikut adalah langkah-langkah metode belajar SQ3R:

  1. Survey (Meninjau): Lakukan tinjauan cepat terhadap materi yang akan dibaca. Bacalah bagian judul, subjudul, kutipan, dan perhatikan gambar atau grafik jika ada. Ini membantu Anda memahami secara keseluruhan materi yang akan Anda baca.
  2. Question (Membuat pertanyaan): Buat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dibaca. Hal ini membantu mengarahkan fokus bacaan dan membantu Anda memahami materi secara lebih baik.
  3. Read (Membaca): Baca secara cermat dan perlahan-lahan. Jangan ragu untuk mengacu kembali pada pertanyaan yang Anda buat untuk membantu Anda tetap fokus dan memahami materi.
  4. Recite (Mengulangi): Setelah Anda selesai membaca suatu bagian, ulangi dengan mengatakan kembali apa yang sudah Anda baca dengan kata-kata Anda sendiri. Hal ini membantu memperkuat pemahaman dan memastikan bahwa Anda benar-benar memahami materi tersebut.
  5. Review (Meninjau kembali): Setelah selesai membaca keseluruhan materi, ulangi kembali pertanyaan-pertanyaan yang sudah Anda buat dan jelaskan kembali jawaban-jawaban Anda untuk memastikan bahwa Anda memahami dan mengingat materi tersebut.

Dengan menggunakan metode belajar SQ3R, kamu dapat membaca dan memahami materi secara lebih efektif dan efisien. kamu juga dapat meningkatkan kemampuan retensi dan pemahaman, yang akan sangat membantu dalam proses belajarmu.

3. Metode Catatan Cornell (Cornell Notes)

Metode belajar Cornell Notes adalah teknik pencatatan yang membantu seseorang mengorganisir dan memahami materi yang didengarkan atau dibaca dengan lebih efektif. Metode ini ditemukan oleh Walter Pauk, seorang profesor pendidikan di Cornell University. Metode Cornell Notes terdiri dari tiga bagian utama: catatan, pertanyaan, dan ringkasan.

blank
Pembagian kertas metode catatan Cornell

Berikut adalah langkah-langkah metode belajar Cornell Notes:

  1. Buat garis-garis melintang sejajar di sepanjang kertas pada sekitar 1/3 bagian atas kertas. Garis-garis ini akan membagi kertas menjadi dua kolom, yang satu lebih besar dari yang lain.
  2. Gunakan kolom yang lebih besar di sebelah kanan untuk mencatat informasi utama dan detail dari materi yang Anda baca atau dengarkan.
  3. Gunakan kolom yang lebih kecil di sebelah kiri untuk menulis pertanyaan, kata-kata kunci, dan hal-hal penting lainnya yang dapat membantu Anda mengingat materi dengan lebih baik.
  4. Setelah selesai mencatat, gunakan bagian bawah kertas untuk membuat ringkasan tentang materi yang sudah dicatat. Ringkasan ini membantu memperkuat pemahaman dan memori kamu tentang materi yang telah dipelajari.
  5. Setelah beberapa waktu, periksa kembali catatan kamu dan gunakan kolom pertanyaan untuk mengulang kembali konsep penting atau menguji pemahaman Anda tentang materi.

Dengan menggunakan metode Cornell Notes, kamu dapat mengorganisir dan memahami materi dengan lebih baik, memudahkan dalam mengingat informasi yang penting, dan membantu dalam mempersiapkan diri untuk ujian atau tugas.

4. Metode Blurting / Brain Dump

Metode belajar Blurting (atau juga disebut Brain Dump) adalah teknik untuk mengekstraksi dan merekam semua ide, pikiran, dan gagasan yang muncul terkait dengan suatu topik dalam bentuk tulisan atau catatan singkat. Metode ini biasanya digunakan untuk membantu seseorang mengumpulkan dan merangkum informasi sebelum memulai suatu proyek atau tugas.

Berikut adalah langkah-langkah metode belajar Blurting:

  1. Tentukan topik atau subjek yang akan dibahas.
  2. Buat daftar kata-kata kunci yang terkait dengan topik tersebut.
  3. Buat catatan singkat tentang ide, pikiran, atau gagasan apa pun yang terkait dengan topik tersebut. Tulis semuanya tanpa memikirkan tentang kelengkapan atau kerapihan.
  4. Setelah Anda merasa telah menulis semua yang terpikirkan, buatlah rangkuman singkat dari catatan yang telah Anda buat.
  5. Gunakan catatan dan rangkuman tersebut untuk memulai proses pembelajaran atau pengerjaan tugas.

Dengan menggunakan metode Blurting, kamu dapat memunculkan ide-ide baru dan memudahkan dalam memproses informasi terkait suatu topik. Metode ini juga dapat membantu kamu untuk mengatasi rasa stuck atau mandek atau kesulitan untuk memulai suatu tugas atau proyek.

Bagaimana Warstekholic, kira-kira mau menggunakan metode yang mana untuk membantumu meninkatkan pemahaman? Metode tersebut juga bisa dikombinasikan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, misal metode Feynman dikombinasikan dengan metode Blurting. Semoga membantu ya!

Referensi:

  1. “Make It Stick: The Science of Successful Learning” karya Peter C. Brown, Henry L. Roediger III, and Mark A. McDaniel Buku ini membahas tentang teknik-teknik belajar yang efektif dan didukung oleh penelitian ilmiah.
  2. “How to Read a Book” karya Mortimer J. Adler and Charles Van Doren Buku ini memberikan panduan untuk membaca dengan efektif dan memahami isi buku dengan baik.
  3. “The Memory Book: The Classic Guide to Improving Your Memory at Work, at School, and at Play” karya Harry Lorayne and Jerry Lucas Buku ini memberikan teknik dan strategi untuk meningkatkan kemampuan ingatan dan memori.
  4. “Teach Yourself How to Learn: Strategies You Can Use to Ace Any Course at Any Level” karya Saundra Yancy McGuire Buku ini membahas tentang teknik-teknik belajar yang efektif dan memberikan strategi untuk mengatasi masalah yang sering dialami dalam belajar.
  5. “Learning How to Learn: How to Succeed in School Without Spending All Your Time Studying” karya Barbara Oakley and Terrence Sejnowski Buku ini memberikan panduan dan teknik-teknik belajar yang efektif, didukung dengan penjelasan ilmiah yang mudah dipahami.
  6. “The Study Skills Handbook” karya Stella Cottrell Buku ini memberikan teknik-teknik belajar yang praktis dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, serta memuat strategi untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi saat belajar.
  7. “Thinking, Fast and Slow” karya Daniel Kahneman Buku ini membahas tentang cara pikiran manusia bekerja dan memberikan wawasan tentang teknik belajar yang efektif berdasarkan ilmu psikologi kognitif.

Yuk Gabung di Komunitas Warung Sains Teknologi!

Ingin terus meningkatkan wawasan Anda terkait perkembangan dunia Sains dan Teknologi? Gabung dengan saluran WhatsApp Warung Sains Teknologi!

Yuk Gabung!

Di saluran tersebut, Anda akan mendapatkan update terkini Sains dan Teknologi, webinar bermanfaat terkait Sains dan Teknologi, dan berbagai informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Scroll to Top