Apakah Ada Planet Layak Huni Selain Bumi?

Ditulis Oleh Berthianna Nurcresia “Are we alone? Maybe Kepler today has told us indirectly, although we need confirmation, that we […]

Ditulis Oleh Berthianna Nurcresia

“Are we alone? Maybe Kepler today has told us indirectly, although we need confirmation, that we are probably not alone” (Mario Perez – Kepler Scientist)

Ilustrasi planet Venus dan Bumi (www.sciencepally.com)

Di alam semesta ini ada banyak sekali benda – benda langit yang tidak jarang bisa kita lihat menggunakan mata telanjang. Tidak hanya komet atau Matahari, namun ada juga planet – planet yang menghiasi indahnya langit malam. Jika selama ini kita menyangka bahwa hanya ada Sembilan planet saja (termasuk Pluto), ternyata masih ada banyak planet – planet yang tidak kita ketahui, sehingga sejak abad ke 16, seorang filsuf dari Italia yang bernama Giordano Bruno mengemukakan pendapatnya mengenai “dunia lain.” Setelah itu, hingga saat ini semakin banyak ilmuwan yang mencari tahu keberadaan dunia lain tersebut. Apakah dunia lain itu? Mari kita simak pada pembahasan berikut.

Dunia Lain = Planet Layak Huni

Pernah mendengar istilah “dunia lain”? Ya, tentu saja kita sering mendengar dari film – film horor atau dunia supernatural sering memakai istilah tersebut. Dunia dimana para mahluk yang tidak kasat mata berkumpul dan dipakai untuk bahan uji nyali. Tapi tunggu, dunia lain disini bukan dipakai untuk bahan uji nyali. Jadi apa itu “dunia lain” yang dimaksud?

Pada umumnya, dunia lain memang dikaitkan dengan suatu tempat yang rupanya adalah [Maaf Artikel Terpotong, baca selengkapnya di buku berikut (klik gambar)]