Satu Set Top Box Untuk 2 TV, Emang Bisa?

Banyak orang yang menginginkan untuk menggunakan 1 Set Top Box untuk menonton siaran TV di 2 TV yang berbeda. Hal ini biasanya terjadi karena pengguna memiliki 2 TV yang ditempatkan di ruangan yang berbeda seperti ruang keluarga dan kamar tidur.

Ilustrasi Set Top Box

Metode paralel Set Top Box ini dirancang agar dapat menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada dua televisi yang berbeda. Namun, agar dapat menerapkan metode ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Banyak orang yang menginginkan untuk menggunakan 1 Set Top Box untuk menonton siaran TV di 2 TV yang berbeda. Hal ini biasanya terjadi karena pengguna memiliki 2 TV yang ditempatkan di ruangan yang berbeda seperti ruang keluarga dan kamar tidur.

Jika kamu ingin mencoba melakukannya, cara yang bisa dicoba adalah memasang STB secara paralel. Metode ini lebih mudah dilakukan dan juga lebih ekonomis.

Mari kita cari tahu cara untuk menghubungkan STB secara paralel di bawah ini..

Cara Mengatur STB untuk 2 TV yang Tepat

blank

Susunan Port-port yang ada pada Set Top Box

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerapkan cara pasang STB untuk 2 TV. Berikut ini adalah persyaratan dan langkah-langkah pemasangannya:

1. Syarat Paralel STB

• Set top box DVB-T2 yang memiliki port RF In dan RF Out

• Antena TV Digital

• Kabel antena coaxial RG 6 (panjang disesuaikan dengan kebutuhan)

• Tiga buah jack antena male dan female (beli dan rangkai)

• Kabel HDMI atau kabel RCA (sudah disediakan)

2. Cara Memasang STB Paralel

Apabila sudah dipersiapkan, saatnya untuk melakukan pemasangan. Langkahnya perhatikan agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Langkahnya sebagai berikut:

• Buatlah kabel loop out dengan memasang jack antena di kedua ujung kabel yang berbeda jenis satu female dan satunya male untuk menyalurkan sinyal siaran TV digital

• Pasang kabel HDMI ke TV LED/LCD dan pasang kabel RCA ke TV tabung masuk semua ke set top box

• Pasang antena luar digital dan masukkan jack ke lubang di set top box RF in atau lubang antena

• Sambungan kabel loop out yang sudah dibuat. Kabel loop out yang mempunyai jack Female masuk ke lubang RF out STB TV digital dan ujung kabel loop out yang mempunyai jack Male masuk ke lubang antena TV tabung

• Nyalakan STB dan mulai saksikan TV di dua perangkat

Dengan langkah-langkah diatas kamu sudah berhasil menerapkan cara paralel Set Top Box. Namun, perlu diingat bahwa cara ini memiliki kelemahan yaitu kedua TV akan menampilkan siaran yang sama. Jika Anda mengganti channel di TV pertama, maka TV kedua juga akan menampilkan channel yang sama.

Baca juga: Kaca Mata 3D: Memahami Warna Biru dan Merah, Prinsip Kerja, dan Aplikasinya – Warung Sains Teknologi (warstek.com).

Referensi

.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *