Penggunaan Sociometric Badge bagi Dosen di Indonesia terkait efektivitas organisasi Perguruan Tinggi demi Indonesia Emas

Ditulis Oleh Astadi Pangarso Permasalahan penting yang dihadapi bangsa Ini dari sudut pandang pendidikan tinggi adalah menyiapkan bonus demografi Indonesia […]

blank

Ditulis Oleh Astadi Pangarso

Permasalahan penting yang dihadapi bangsa Ini dari sudut pandang pendidikan tinggi adalah menyiapkan bonus demografi Indonesia pada tahun 2030-2045 (Indonesia Emas). Banyaknya jumlah tenaga kerja produktif pada usia produktif harus disiapkan kualitasnya melalui pendidikan tinggi yang baik dimulai dari sekarang. Proses pembelajaran utama di pendidikan tinggi dapat diketahui dari peran dosen. Kualitas pembelajaran dosen sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan tinggi untuk menghasilkan kualitas lulusan menjadi tenaga kerja yang berkualitas.

Ide solutif yang saya tawarkan terkait dengan penggunaan teknologi. Teknologi yang saya usulkan adalah penggunaan sociometric badge (Pangarso, 2016). Sociometric badge adalah suatu teknologi untuk mendokumentasikan perilaku seseorang melalui video dan atau percakapan untuk selanjutnya dapat dianalisis lebih lanjut dalam rangka efektivitas organisasi. Penggunaan sociometric badge ini akan membantu universitas untuk memetakan para dosen menjalanan pekerjaannya dengan tepat sesuai dengan karakteristik unik yang dimiliki.

Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa [Maaf Artikel Terpotong, baca selengkapnya di buku berikut (klik gambar)]

blank

8 komentar untuk “Penggunaan Sociometric Badge bagi Dosen di Indonesia terkait efektivitas organisasi Perguruan Tinggi demi Indonesia Emas”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *