Benarkah Kartun “The Simpsons” Dapat Memprediksi Masa Depan?

blank

Prediksi The Simpsons jarang meleset
.
Jika Trump menang, perang dagang lawan China akan terus berjalan dan mungkin ketegangan dalam negeri bisa memicu perang saudara di AS
.
Jika Biden yang menang bisa jadi akan terjadi invasi ke negara² lain seperti yang dilakukan presiden² dari partai demokrat AS terdahulu
.
Bagaimana menurut kalian?

Pernyataan diatas dilontarkan sebagai caption oleh akun anonim bernama @teluuur di instagram [1], sedangkan post yang menyertai captionnya berisi video yang salah satu adegannya seperti ini:

blank

Melalui potongan gambar diatas, kartun The Simpsons diposisikan seolah-olah dapat meramalkan kejadian di masa depan. Narasi yang digaungkan juga menjelaskan bahwa kartun dengan potongan gambar tersebut rilis pada tahun 2012 padahal foto Donal Trump, Raja Salman, dan Presiden Mesir (Abdel Fatah al-Sisi) diambil di tahun 2017 [2].

Bagaimana faktanya?

blank

Faktanya potongan gambar 3 tokoh dunia tersebut ada di dalam salah satu episode The Simpsons yang berjudul “125 Days: Donald Trump Makes One Last Try To Patch Things Up With Comey | Season 28 | THE SIMPSONS” yang diupload oleh akun “Animation Domination on FOX” ke YouTube pada 26 Mei 2017 (5 hari setelah foto asli diambil pada tanggal 21 Mei 2017) .

blank

Berikut adalah link video tersebut: https://youtu.be/21lhiKfc1p4 . Namun untuk dapat melihatnya Anda harus menggunakan VPN dengan memilih negara Amerika Serikat.

Selain itu, terdapat tampilan gambar berikut pada video yang dipost oleh akun anonim @teluuur.

blank

Potongan gambar tersebut seolah-olah memprediksi bahwa Donald Trump akan menjadi presiden, dengan tambahan kata-kata di tahun 2000 kemudian dibandingkan dengan kondisi real-nya di tahun 2015.

Bagaimana faktanya?

Faktanya potongan gambar Trump di eksalator dan Trump menyampaikan pidato adalah dari kartun The Simpsons yang dirilis 7 Juli 2015, setelah Trump mengumumkan akan mewakili partai republik untuk menjadi presiden Amerika Serikat di tahun 2016 [3].

Selain itu, cukup banyak hoax bahwa The Simpsons dapat meramalkan masa depan misalnya prediksi virus Covid-19, kematian Kobe Bryant, Ledakan Beirut, dsb. Namun, hoax tersebut telah dibantah dengan sangat elegan oleh https://www.snopes.com/?s=the+simpsons. Berikut adalah tampilan laman snopes.com yang membantah berbagai hoax mengenai The Simpsons dapat memprediksi masa depan.

blank

Sekilas tentang kartun “The Simpsons”

Kartun the Simpsons mulai ditayangkan di Amerika sejak tahun 1989. Namun meski berformat kartun, The Simpsons ditujukan untuk pemirsa dewasa karena banyak adegan kelerasan di dalamnya (mencekik, memukul, dsb). Sampai artikel ini dibuat, The Simpsons telah berada di musim 32 dengan episode sebanyak 689 (terakhir rilis kemarin, 8 November 2020). Pertanyaannya, kira-kira dari episode sebanyak itu, berapa peluang suatu adegan di kartunnya akan mirip dengan adegan di dunia nyata?

Terdapat video YouTube yang menjelaskan hal tersebut,


Kesimpulan
Dari pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kartun The Simpsons tidak dapat memprediksi ataupun meramalkan masa depan. Adanya seolah-olah kemiripan antara adegan di kartun dengan dunia nyata karena informasinya dipelintir seolah kartunnya yang terbit terlebih dahulu sebelum kejadian aslinya. Anehnya karena budaya di Indonesia yang tidak terbiasa check dan recheck ketika memperoleh informasi, maka banyak masyarakat Indonesia percaya kepada informasi yang telah dipelintir tersebut.

Baca juga:
Artikel Lainnya:

Jadi mulai sekarang, budayakan untuk selalu check and recheck dari sumber yang kredibel ketika mendapatkan suatu informasi!

The first principle is that you must not fool yourself and you are the easiest person to fool” 

Richard P. Feynman (Fisikawan dan peraih nobel Fisika tahun 1965)

“Prinsip pertama adalah Anda tidak boleh membodohi diri sendiri dan Anda adalah orang yang paling mudah untuk dibodohi” [4]

Referensi:

[1] https://www.instagram.com/p/CHS3gDBBidm/ diakses pada 9 November 2020.
[2] https://kumparan.com/kumparanhits/hoaxbuster-the-simpsons-prediksi-momen-donald-trump-dan-raja-salman-1G1IeE/full diakses pada 9 November 2020
[3] https://www.snopes.com/fact-check/simpsons-predict-trump/ diakses pada 9 November 2020
[4] https://warstek.com/2020/11/08/quote-ilmuwan/ diakses pada 9 November 2020

Nur Abdillah Siddiq
Sosial Media
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar