Mengenal Triangular Theory Of Love – Robert J. Sternberg

Apa arti mencintai menurutmu? Disini tidak akan dibahas tentang reaksi kimia yang terjadi dalam otak atau hormon apapun yang berperan. Tapi yang akan dibahas adalah hasil observasi fenomena empiris yang pernah dilakukan. Sudah lama sekali, bahkan sebelum generasi kita terlahir.

Triangle of love bukan berbicara tentang segitiga. Triangle of love adalah tiga komponen yang secara bersamaan dapat membentuk keseimbangan dalam hubungan sosial. Ketiga komponen itu digambarkan dalam bentuk segitiga sama sisi. Dan tiga komponen tersebut menggambarkan sifat suatu hubungan seperti tabel dibawah ini.

blank
Gambar 1. Komponen Triangle of Love

Tiga komponen tersebut masing-masing dapat dijabarkan menjadi :

  • Sifat intim (intimacy) yang merujuk pada feeling, ikatan dan keterhubungan seseorang dengan orang lain
  • Minat atau passion merupakan interaksi fisik dalam hubungan
  • Komitmen atau decision merujuk pada keputusan jangka pendek sampai jangka panjang

Seperti teori model atom dalam kimia, cinta juga memiliki teori dan mengalami perkembangan. Berikut ini tiga model alternatif dari cinta.

blank
Gambar 2. Tiga Model Alternatif Cinta

Spermanian model adalah model paling tua dan sederhana yang hanya ditentukan berdasarkan feeling atau perasaan yang kuat. Sebatas jika ada rasa suka maka itu sudah disebut cinta. Kemudian, ada teori cinta model thomsonian, mungkin ini terinspirasi dari teori model atom thomson. Pengertian dari teori ini menganggap cinta adalah keadaan dimana komponen afeksi, pengertian atau kesadaran dan motivasi yang menjadi pemicu keinginan untuk memiliki. Model Thurstonian adalah model teori cinta yang dapat dikatakan sebagai model paling ideal. Dimana ketiga komponen itu saling beririsan dan overlapping dari ketiganya yang membentuk cinta.

Cinta juga terbagi dalam 8 jenis berdasarkan ada tidaknya komponen yang membentuk triangularnya.

blank
Gambar 3. Tujuh Jenis Cinta

Silahkan di cek, kira-kira kita berada di posisi mana dalam suatu hubungan. Hubungan yang dimaksud tidak hanya terbatas untuk hubungan pasangan, tapi juga hubungan orang tua dan anak atau manusia dan hewan peliharaan. Jenis cinta yang bisa dikatakan sebagai cinta yang ideal dalam suatu hubungan adalah tipe consummate love karena keseimbangan dari tiga komponen pembentuknya.

Balance triangle yang dimaksud adalah seperti ilustrasi dibawah ini.

blank
Gambar 4. Balanced and Unbalanced Triangles Model

Rumit dalam membahas cinta. Cinta itu rasa yang aneh. Dia tidak terbatas pada suatu bentuk atau dimensi. Misalnya cinta kita kepada hewan peliharaan, cinta kepada orang yang sudah meninggal dan bahkan cinta kita kepada Tuhan yang merupakan bentuk cinta yang tidak dibatasi kesatuan ruang dan waktu. Bahkan cinta itu bisa datang pada orang yang tidak kita duga.

Ich Liebe dich.

Referensi :

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Ririn Pratiwi
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *