Troli Pintar Berbasis Wireless untuk Mengurangi Antrian Kasir

Ditulis Oleh Pandega Abyan Zumarsyah Saat ini, pertumbuhan pasar modern makin meningkat. Mulai dari skala kecil seperti minimarket, sampai yang […]

blank

Ditulis Oleh Pandega Abyan Zumarsyah

Saat ini, pertumbuhan pasar modern makin meningkat. Mulai dari skala kecil seperti minimarket, sampai yang sangat besar seperti mal, plaza, dll. Seiring meningkatnya pelanggan, pasar modern pun menjadi makin ramai dan antrian kasir menjadi makin panjang. Berbagai cara digunakan untuk mempercepat proses yang ada di kasir sehingga dapat mengurangi antrian.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi barcode pada pembayaran di kasir. Barcode pada dasarnya hanyalah kode garis yang mewakili angka. Barcode scanner pun pada dasarnya hanyalah memberi cahaya dan menerima pantulannya. Garis hitam akan menyerap cahaya sementara garis putih akan memantulkannya[1]. Dengan pantulan itulah barcode dapat dibaca oleh scanner. Penggunaan teknologi barcode memiliki dua keuntungan: menghindari human error dalam input data dan mempercepat input data[1]. Meski begitu, antrian menuju kasir terkadang masih sangat panjang. Itu karena scanning tetap dilakukan oleh petugas kasir. Bagaimana jika pelanggan sendiri lah yang melakukan scanning?

Itu sangat mungkin untuk dilakukan. Barcode scanner dapat diletakkan di troli dan terhubung dengan server dengan memanfaatkan [Maaf Artikel Terpotong, baca selengkapnya di buku berikut (klik gambar)]

blank

1 komentar untuk “Troli Pintar Berbasis Wireless untuk Mengurangi Antrian Kasir”

  1. Lalu bagaimana jika ada barang yang beratnya sama, misal A seharga 5k, B seharga 10k tetapi beratnya sama. Tinggal scan A fan masukin barang B aja kan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *