10 Jenis Memori Kamera Terbaik dan Paling Digemari Saat Ini: Siapkan Diri Anda untuk Merekam Berbagai Momen

. Kartu memori merupakan komponen penting untuk perangkat digital seperti ponsel dan kamera. Kartu memori memungkinkan penyimpanan data pada ponsel, […]

blank

.

Kartu memori merupakan komponen penting untuk perangkat digital seperti ponsel dan kamera. Kartu memori memungkinkan penyimpanan data pada ponsel, sementara pada kamera berguna untuk menyimpan foto.

Sebelum era digital, orang menyimpan hasil jepretan kamera dalam bentuk roll film atau klise yang harus dicuci dan dicetak di studio foto. Proses untuk mendapatkan hasil foto memang memakan waktu dan menyenangkan.

Dengan hadirnya kartu memori, hasil jepretan kamera dapat disimpan dengan aman dan dapat dicetak berkali-kali dengan jumlah foto yang sangat banyak tanpa memakan ruang dan uang. Berbagai tipe kartu memori dapat digunakan pada kamera. Dalam artikel ini, Warstek membahas 10 tipe memori penyimpanan pada kamera yang paling populer saat ini.

.

1.Kartu Memori SD

.

SD Card

Foto SD card, sumber: commons.wikimedia.org

Kartu memori yang dikenal sebagai SD card bukanlah singkatan dari Sekolah Dasar, melainkan Secure Digital. Saat ini, tipe kartu memori SD merupakan salah satu yang paling umum dan bisa digunakan pada mayoritas kamera digital. Selain untuk kamera, kartu memori SD juga bisa dipasang pada ponsel atau PDA.

Ukurannya berkisar 32mm x 24mm x 2.1mm dan ada juga tipe yang lebih tipis seperti MMC (1.4mm). Kapasitas kartu memori SD bervariasi dari 8 MB hingga 2 GB.

.

2.Kartu Memori SD

.

SDHC

Foto SDHC card, sumber: commons.wikimedia.org

Ini adalah varian kartu memori SD dengan kapasitas yang lebih tinggi yaitu Secure Digital High Capacity (SDHC). Meskipun bentuknya sama dengan kartu SD, SDHC memiliki kapasitas hingga 32 GB yang 16 kali lebih besar dibandingkan kartu SD yang hanya memiliki maksimal 2 GB. Hanya kamera digital yang kompatibel dengan SDHC yang dapat menggunakan jenis memori ini. Namun, kamera digital yang kompatibel dengan SDHC juga kompatibel dengan kartu SD.

.

3.Kartu Memori SDXC

.

SDXC

Foto SDXC card, sumber: commons.wikimedia.org

Apalagi nih SDXC? Ini adalah kartu SD dengan kapasitas yang lebih besar lagi serta memiliki kecepatan proses yang lebih tinggi. Kapasitas terbesar yang dimuat kartu memori Secure Digital Xtra Capacity ini adalah 2048 GB atau 2 TB (Terabytes). Sangat besar bukan?

Kamera digital yang dapat menggunakan kartu memori SDXC umumnya adalah yang dibuat dari tahun 2010. Hal itu karena SDXC sendiri baru diperkenalkan pada awal tahun 2009 lalu. SDXC ini juga memiliki ukuran standar kartu SD. Perangkat yang sudah support SDXC juga bisa menggunakan SD dan SDHC, namun tidak sebaliknya.

.

4.Kartu Memori SDUC

.

SDUC

Foto SDUC card, sumber: futuretimeline.net

Kartu memori SDUC baru dikenalkan pada tahun 2018 dengan singkatan Secure Digital Ultra Capacity yang menawarkan kapasitas sangat besar hingga 128 TB. Kecepatan prosesnya yang tinggi, sebesar 985 MB per detik melalui antarmuka SD Express, membutuhkan perangkat yang kompatibel untuk menikmati performa maksimal.

Kecepatan proses kartu SDUC dapat mencapai 985 MB per detik melalui antarmuka SD Express. Agar kecepatan maksimum kartu memori ini bisa tertunaikan, maka kamu memerlukan kamera atau perangkat yang sudah kompatibel dengannya.

.

5.Kartu Memori miniSD

.

MiniSD_memory_card

Foto miniSD card, sumber: commons.wikimedia.org

.

Kartu memori miniSD memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kartu memori SD standar, sekitar 60% lebih kecil. Ini dirancang untuk digunakan pada perangkat ultra-portabel seperti kamera, ponsel, dan mp3. Kartu miniSD dapat digunakan pada perangkat yang kompatibel dengan kartu SD, namun memerlukan adaptor.

.

6.Kartu Memori CompactFlash atau CF

.

CF

Foto CF card, sumber: commons.wikimedia.org

.

Kartu memori CF ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan kecepatan proses yang lebih tinggi. Walaupun sudah diperkenalkan sejak tahun 1994 oleh Sandisk dan sudah umum digunakan, namun saat ini kartu memori CF sudah biasa ditemukan di kamera-kamera DSLR yang paling canggih.

.

7.Kartu Memori microSD

.

MicroSD

Foto microSD card, sumber: commons.wikimedia.org

.

Walaupun memori microSD saat ini lebih umum digunakan oleh sistem GPS dan MP3 Player, namun beberapa kamera digital masih kompatibel dengan kartu memori ini (seperti Samsung model compact).

Dalam ukuran sebenarnya, microSD adalah kartu memori terkecil yang tersedia secara komersial yaitu berukuran 15 × 11 × 1mm. Walaupun demikian kartu memori ini dapat menyimpan data hingga 2 GB. Versi Micro SDHC-nya bahkan dapat menyimpan file yang jauh lebih besar, yaitu dari 4 GB hingga 32 GB.

.

.

8.Kartu Memori xD Picture

.

XD Card

Foto xD card, sumber: commons.wikimedia.org

Kemudian ada kartu memori xD, yang merupakan singkatan dari eXtreme Digital. Ini adalah format kartu memori yang diproduksi oleh Fujifilm dan digunakan oleh beberapa kamera Fuji dan Olympus. Kartu memori xD memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kartu memori SD, dan tersedia dalam kapasitas yang sedang. Karena ukurannya yang kecil, kartu memori xD seringkali sulit untuk dipegang dan mudah hilang.

.

9.Memory Stick Duo

.

Memory_Stick_Duo_Adaptor

Foto Stick Duo card, sumber: commons.wikimedia.org

.

Memory Stick Duo adalah jenis kartu memori yang dibuat oleh Sony. Ini merupakan versi miniatur dari Memory Stick yang aslinya lebih besar. Memory Stick Duo memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan sehingga sangat cocok digunakan pada perangkat mobile seperti ponsel atau kamera.

Memory Stick Duo memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda, mulai dari 32 MB hingga 2 GB. Ini memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi dan juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti MagicGate untuk melindungi hak cipta dan koneksi USB 2.0 untuk mempermudah transfer data ke komputer.

.

10. Kartu Memori MMC

.

MMC

Foto MMC card, sumber: commons.wikimedia.org

.

Kartu memori MMC (MultiMediaCard) adalah tipe kartu memori yang bisa digunakan untuk menyimpan data. MMC memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, sehingga banyak digunakan pada perangkat mobile seperti ponsel, kamera digital, dan mp3 player. Ukuran MMC biasanya sekitar 32mm x 24mm x 1.4mm dan memiliki kapasitas penyimpanan yang bervariasi, mulai dari beberapa megabyte hingga beberapa gigabyte. MMC memiliki interface yang memungkinkan untuk memindahkan data dengan cepat dan mudah antar perangkat. MMC juga memiliki sistem keamanan yang memastikan data pada kartu tetap aman dan tidak rusak.

.

Kesimpulan

Berbagai tipe kartu memori sudah bisa kalian pahami dari penjelasan diatas. Tinggal kalian sesuaikan aja kebutuhan kalian bagaimana, entah itu dari kapasistas memorinya, kompatibilitasnya, atau dari segi harganya yang lebih terjangkau.

.

Referensi

  • Lifewire:https: https://www.lifewire.com/types-of-memory-cards-4141269. Diakses pada 6 Februari 2023.
  • Digitalcameraworld: https://www.digitalcameraworld.com/buying-guides/memory-cards-buyers-guide. Diakses pada 6 Februari 2023.
  • Bhphotovideo: https://www.bhphotovideo.com/explora/photography/buying-guide/what-are-the-types-of-memory-cards. Diakses pada 6 Februari 2023.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *