Menggali Potensi Bakteri Bacilllus, “Pahlawan” Pembersih Kromium

Ditulis Oleh Adisya Prima Belakangan ini banyak pihak menyuarakan kondisi lingkungan kita yang tercemar sampah plastik. Organisasi di berbagai belahan […]

blank

Ditulis Oleh Adisya Prima

Belakangan ini banyak pihak menyuarakan kondisi lingkungan kita yang tercemar sampah plastik. Organisasi di berbagai belahan dunia mengambil tindakan aktif terkait pengolahan sampah. Penelitian tentang manajemen pengolahan sampah sampai efek mikroplastik terhadap manusia juga gencar dilakukan. Tapi, apakah lingkungan kita hanya tercemar sampah plastik? Jawabannya, tidak. Lingkungan kita juga tercemar limbah kegiatan industri yang kurang tertangani dengan baik. Sayangnya, isu ini masih belum mendapat perhatian lebih.

Problem pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah industri yang tidak sesuai prosedur yang telah ditetapkan bukanlah perkara baru, namun masih meninggalkan tanda tanya terkait penyelesaiannya. Sayangnya, limbah industri banyak mengandung logam berat yang membahayakan kesehatan manusia dan dapat mengancam kehidupan makhluk hidup lain yang terpapar. Eksistensi logam berat di lingkungan juga diperkirakan akan tahan lama (Laxman and Moore, 2002), mengingat sifat logam berat yang susah didegradasi (Chen, 2012).

blank

Gambar 1. Pencemaran lingkungan perairan akibat logam berat di China (sumber http://www.ecns.cn/2012/04-13/12663.shtml)

Sebenarnya, apa sih, logam berat itu? [Maaf Artikel Terpotong, baca selengkapnya di buku berikut (klik gambar)]

blank

1 komentar untuk “Menggali Potensi Bakteri Bacilllus, “Pahlawan” Pembersih Kromium”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *