Eksplorasi Opsi: Aktivitas Pasca Lulus Kuliah dan Pendidikan Lanjutan

Setelah menyelesaikan perjalanan kuliah, banyak orang sering dihadapkan pada berbagai opsi  untuk sejenak mengambil jeda atau memantaskan dengan beragam aktivitas pengembangan diri.

blank

Setelah menyelesaikan perjalanan kuliah, banyak orang sering dihadapkan pada berbagai opsi  untuk sejenak mengambil jeda atau memantaskan dengan beragam aktivitas pengembangan diri. Memang, tak bisa dipungkiri aktivitas pasca lulus kuliah merupakan salah satu waktu produktif untuk kembali meluruskan niat dan melakukan hal bermanfaat. Waktu tersebut yang menjadi kesempatan emas bagi generasi muda sebagai zona kontemplasi.

Mengutip dari Sun Education Group dalam salah satu artikelnya, menyusun rencana aktivitas setelah lulus kuliah menjadi hal yang sangat penting. Hal ini bermanfaat karena dapat membantu mengidentifikasi tindakan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan dalam skala pendek atau panjang. Jadi buat kalian yang segera lulus atau baru saja lulus, inilah hal-hal yang bisa dijadikan opsi untuk aktivitas pasca lulus kuliah.

Fokus untuk menguatkan iman dengan meningkatkan ibadah

Memulai kebiasaan baik biasanya memang perlu effort lebih. Namun, bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Mengutip dari IDN Times, waktu pasca lulus kuliah adalah momen yang tepat untuk sejenak merelaksasi jiwa dan pikiran. Salah satu jenis relaksasi yang dapat dilakukan secara praktis dan gratis adalah dengan memperbanyak ibadah. Tentu selain bisa menguatkan iman bisa jadi sarana menenangkan hati. Jadi, yuk kembali menyuburkan pikiran dan hati.

Olahraga rutin

Masih menyambung poin pertama, relaksasi pikiran dan jiwa dapat disempurnakan dengan kegiatan fisik yang menyehatkan. Biasakan untuk melakukan olahraga meski hanya stretching 5-10 menit, gerak tubuh ringan seperti sit up atau push up, hingga mungkin jalan keliling kompleks. Yuk, mulai memperhatikan kesehatan fisik agar semakin siap menghadapi hari.

Ikuti konferensi atau lomba-lomba yang sesuai passion!

Waktu yang tumpah ruah saat masa jeda ini cocok diinvestasikan untuk hal positif yang bisa mengembangkan skill dan koneksi. Maka, mulailah dengan mencari kegiatan yang cocok dengan kompetensi. Selain mendapat pengalaman, kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai opsi liburan terutama jika konferensi atau lomba diadakan di kota atau bahkan negara lain. Buat yang hobi travelling, opsi ini cocok untuk dilakukan. Jadi, nikmatilah waktu senggangmu selagi mampu!

Habiskan stock buku!

Nah, untuk penggemar buku, opsi ini menjadi yang paling cocok dilakukan dikala senggang. Habiskan stock buku yang menumpuk belum sempat terbaca, cari ilmu sebanyak-banyaknya. Pun jika buku yang ada di stock atau list sudah selesai terbaca, kalian bisa melakukan kegiatan positif lain dengan menyumbangkan atau meminjamkan buku pada orang lain. Selain kecipratan ilmu sekalian juga kecipratan pahala karna bermanfaat buat orang lain, kan?

Ciptakan personal branding-mu

Langkah terakhir yang harus dipersiapkan adalah memperbaiki dan memantaskan diri. Branding your image untuk moto ‘mau jadi apa’ dan ‘dikenal seperti apa’ di masa depan nanti. Ciptakan kesan bahwa diri kita layak untuk mendapatkan yang terbaik dengan terus belajar dan memantaskan diri melalui hal positif. Jadi, manfaatkan waktu ini untuk menemukan siapa sebenarnya diri ini.

Akhirnya, eksplorasi opsi ini memberikan kesempatan bagi kita untuk menentukan arah karir dan pengembangan diri. Tidak ada pilihan yang benar atau salah, tetapi penting untuk mempertimbangkan minat, tujuan, dan nilai-nilai pribadi terutama saat memilih aktivitas pasca lulus kuliah. Dengan eksplorasi yang bijak, semoga kita dapat membangun fondasi yang kuat untuk kesuksesan dan kepuasan dalam karir. Selamat bergabung di dunia nyata!

Referensi

Idn Times. 2019. 6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliah. Diakses dalam https://www.idntimes.com/life/education/antonia-kinan/aktivitas-penting-setelah-lulus-kuliah-c1c2

Sun Education Group. 2023. Setelah Lulus Kuliah Harus Apa? Ini Rencana Agar Tak Hilang Arah. Diakses dalam https://suneducationgroup.com/app/sun-media-app/news-app/rencana-setelah-lulus-kuliah/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *